Kawaii Beauty Japan

Makeup

Urutan Makeup Wajah yang Seharusnya Kamu Lakukan

Apa kamu yakin selama ini sudah menggunakan makeup dengan urutan yang tepat?

Ayu Dewi Handayani

Penggunaan makeup bagi wanita adalah hal yang biasa dilakukan. Rasanya tidak percaya diri ketika ke luar rumah tanpa menggunakan makeup. Banyaknya jenis makeup terkadang kita menggunakannya asal-asalan tanpa memperhatikan urutannya. Padahal, menggunakan makeup sesuatu urutan bisa membuat makeup wajah kamu menjadi lebih tahan lama di wajah.

Sebelum kamu menggunakan makeup wajah dengan benar, pastikan kamu telah membersihkan wajah kamu dengan benar dan tangan kamu bersih ketika menggunakan makeup. Wajah yang tidak bersih ketika menggunakan makeup malah akan menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan jerawat. Lalu, bagaimana urutan menggunakan makeup wajah yang seharusnya kamu lakukan? Yuk, simak!

Gunakan Base Makeup

Base makeup foundation

Langkah pertama untuk menggunakan makeup adalah base makeup.  Untuk aktivitas sehari-hari kamu bisa menggunakan BB Cream dengan formula yang lebih ringan dibandingkan foundation. Namun, untuk kamu yang membutuhkan high coverage sebaiknya menggunakan foundation dan menggunakan brush untuk membuat coverage yang lebih daripada BB Cream. Perhatikan juga kondisi kulit kamu sebelum memilih base makeup, jika kulit kamu berminyak gunakan oil free formula agar kulit kamu tidak menjadi semakin berminyak ketika di siang hari.

Bedak

Makeup wajah, bedak

Sama seperti kamu memilih base makeup,  perhatikan jenis kulit kamu sebelum memakai bedak. Jika jenis kulit kamu adalah kulit yang berminyak, gunakan bedak tabur dibandingkan compact powder karena kulit akan menjadi lebih mudah berminyak dan wajah kamu bisa tampak cakey di siang hari.

Bronzer

Urutan makeup wajah, bronzer

Untuk melakukan contour, coba aplikasikan formula matte yang bisa membuat wajah kamu tampak lebih bercahaya, lalu gunakan bronzer yang shimmery untuk meng-highlight bagian-bagian yang menurut kamu perlu. Jika kamu bingung dimana cara kamu untuk mengaplikasikan bronzer, coba perhatikan dimana sinar matahari kira-kira memantulkan cahayany, lalu aplikasikan dengan brush.

Blush

Blush on sebagai makeup wajah

Sebelum memakai blush, jika kulit kamu berminyak, gunakanlah blush powder atau cream. Cocokkan juga dengan foundation yang kamu gunakan. Jika kamu menggunakan foundation jenis powder, sebaiknya kamu menggunakan blush jenis powder pula. Sedangkan jika kamu menggunakan liquid foundation, kamu bisa menggunakan cream blush on.

Lipstik

Lipstik sebagai makeup wajah

Jangan lupa untuk menggunakan lip balm sebelum menggunakan lipstik agar bibir kamu tetap lembap. Agar warna lipstik bisa tahan lama, kamu bisa menggunakan lip liner sebagai base pada bibir atau kamu juga bisa menggunakan bedak dan tisu sebelum menggunakan lipstik.

BACA JUGA: Rahasia Cara Memakai Lipstik agar Tahan Lama Sepanjang Hari

Eyeshadow

Eyeshadow sebagai makeup wajah

Gunakan eye primer atau concealer warna nude sebelum kamu menggunakan eyeshadow agar warnanya bisa keluar dengan sempurna. Pilih warna yang paling terang sebagai base dan aplikasikan pada seluruh kelopak mata. Untuk layer kedua gunakan warna yang lebih gelap, lalu gunaka warna yang paling gelap dan aplikasikan pada bagian outer eye kamu.

Eyeliner

Eyeliner sebagai makeup wajah

Gunakan warna hitam atau cokelat untuk warna netral eyeliner kamu. Jika kamu belum terbiasa menggunakan liquid eyeliner, kamu bisa menggunakan eyeliner jenis pensil atau gel liner yang waterproof agar tidak berantakan.

BACA JUGA: 8 Cara Jenis untuk Memakai Eyeliner Bagi Pemula

Jepit Bulu Mata

Menjepit bulu mata

Bulu mata yang lentik dapat membuat mata kamu tampak lebih terbuka sehingga menjadi tampak lebih besar. Mulailah dari bagian tumbuhnya bulu mata kemudian jepit lagi pada bagian tengah sampai atas bulu mata, lalu hitung sampai 10 detik untuk baru lepas jepitan bulu mata kamu.

Maskara

Maskara sebagai makeup wajah

Agar bulu mata kamu tampak lentik, panjang, dan tebal, gunakan maskara untuk membuat efek tersebut. Gunakan bantuan kartu nama pada bagian belakang bulu mata agar semua bagian bulu mata bisa terkena formula maskara tersebut.

Merapikan Alis

Merapikan alis

Alis yang rapi bisa membingkai wajah kamu dengan baik. Gunakan concealer pada bagian alis yang tidak rapi, sehingga kamu tidak perlu mencukurnya ketika terburu-buru. Gunakan warna alis yang sama dengan warna rambut kamu ya.

Nah, itu dia urutan makeup wajah yang tepat, ladies. Jadi, jangan sembarangan lagi untuk melakukan makeup ya.

Ayu Dewi Handayani
An editor of words.
Share this article

Artikel Terkait