Kawaii Beauty Japan

Hair

Kenali Ketombe dan Cara Mengatasinya

Aduh! Ketombe lagi, ketombe lagi.. Bikin gak percaya diri aja nih! Ternyata ketombe sendiri bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Simak deh apa saja sih faktor-faktornya.

Istiarina Putri

Ketombe merupakan mimpi buruk bagi sebagian orang. Memiliki rambut berketombe merupakan bencana besar yang membuat rasa percaya diri menurun, ditambah rasa gatal di kulit kepala. Banyak orang beranggapan, munculnya ketombe dikarenakan gaya hidup yang kurang bersih. Karenannya banyak pula yang berusaha menyembuhkannya.

Sayangnya ketombe sebenarnya tidak dapat disembuhkan, hanya bisa dikontrol dengan merawat kulit kepala dengan baik. Ketombe disebabkan oleh jamur Malassezia yang secara alami berada pada kulit kepala. Jamur inilah yang menyebabkan sel mati pada kulit kepala mengelupas dan menjadi ketombe.

Seperti yang sudah tadi dijelaskan, bahwa ketombe dapat dikontrol. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengontrol ketombe pada rambutmu.

-          Jangan menggaruk kulit kepalamu dengan berlebihan, karena kulit kepala yang terluka akan menyebabkan infeksi. Cucilah rambut dengan shampo anti ketombe setiap harinya.

-          Saat mencuci rambut, lakukan pijatan lembut pada kulit kepalamu lalu diamkan selama kurang lebih 5 menit agar shampo bisa benar – benar meresap ke kulit kepalamu sehingga formulanya bisa bekerja dengan baik.

-          Hindari udara panas yang berlebihan pada kulit kepala, seperti melakukan blow-dry secara rutin akan membuat kulit kepala menjadi mudah pecah – pecah. Biarkan rambut kering secara alami setelah keramas.

-          Hindari stres, karena stres akan memicu timbulnya ketombe dan memperburuk kondisi kulit kepala, kamu bisa melakukan relaksasi seperti yoga, mendengarkan musik, atau melakukan aromatherapy.

Selain langkah – langkah diatas, kamu juga bisa melakukan beberapa perawatan di salon ataupun di rumah untuk membantu mengurangi munculnya ketombe pada rambutmu. lakukan dengan seimbang dan jangan berlebihan.

BACA JUGA: Atasi Ketombe Dengan Akurat

Istiarina Putri
Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.
Share this article

Artikel Terkait