Kawaii Beauty Japan

Skin Care

8 Tips Menghilangkan Jerawat Secara Alami dengan Mudah

Siapa sih yang tidak kesal dengan kehadiran jerawat? Tapi, tenang ladies, kamu bisa menghilangkannya dalam waktu satu malam saja lho.

Ayu Dewi Handayani

Jerawat adalah musuh wanita nomer satu. Kehadirannya yang tiba-tiba ini bisa membuat siapa saja menjadi stres. Penyebab jerawat bermacam-macam, antara lain stres, terlalu sering tidur malam, alergi dengan produk kecantikan, maupun malas untuk membersihkan wajah. Banyaknya faktor yang menyebabkan jerawat ini, membuat kita sebagai wanita harus selalu rajin mencuci wajah dan merawat wajah agar terbebas dari jerawat.

Tips menghilangkan jerawat bermacam-macam, mulai dari ke dokter, maupun menggunakan produk yang dijual di pasaran. Namun, bahan kimianya bisa berbahaya dan bisa menyebabkan alergi. Untuk itu, tidak ada salahnya bagi kamu untuk menggunakan bahan alami. Selain tidak berbahaya bagi tubuh, bahan alami ini juga bisa menghilangkan jerawat hanya semalam saja lho. Bagaimana caranya? Yuk, simak!

8 Tips Menghilangkan Jerawat Secara Alami dengan Mudah

Jangan biarkan jerawat mengganggu penampilan kamu, ladies.

1. Kayu Manis dan Madu

Kayu manis madu

Kayu manis dan madu mengandung antimicrobial natural yang jika disatukan dapat membasmi jerawat. Coba campurkan 1 sdt kayu manis dan 2 sdm madu, sebaiknya kamu menggunakan madu manuka. Campurkan kayu manis dan aduk bersama pasta hingga menyerupai pasta. Bilas wajah kamu terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan campuran tersebut. Aplikasikan pada bagian yang berjerawat, lalu biarkan sepanjang malam.

2. Kocok Putih Telur

Putih telur

Penggunaan putih telur adalah bahan yang paling mudah, murah dan cara tercepat untuk menghilangkan jerawat. Kamu juga bisa menghilangkan luka karena jerawat di wajah. Putih telur mengandung vitamin dan amino acid untuk membantu membunuh bakteri dan membuat kembali sel kulit. Pisahkan 3 putih telur dari kuning telur, kemudian kocom dan biarkan terlebih dahulu selama tiga menit. Aplikasikan putih telur pada jerawat dengan menggunakan jari. Tunggu hingga mengering, kemudian ulang lagi cara ini hingga 4 kali. Lalu biarkan masker terakhir selama 20 menit di kulit wajah, bilas, dan aplikasikan pelembap wajah. 

3. Gunakan Kulit Jeruk dan Jus

Jeruk

Ascorbic acid dan vitamin C pada jeruk merupakan obat yang ampuh untuk jerawat. Kupas kulit jeruk lalu langsung aplikasikan pada jerawat dan celupkan bersama dengan jus jeruk. Sebelum kamu melakukan hal ini, cuci tangan kamu terlebih dahulu agar tidak mentransfer bakteri pada kulit. Kamu juga bisa mencuci wajah kamu dengan menggunakan air hangat untuk membuka pori-pori. Gunakan kulit jeruk yang berbeda-beda untuk setiap jerawat. Kamu bisa mengaplikasikan jus jeruk dengan menggunakan cotton bud. Biarkan terlebih dahulu jus jeruk tersebut di wajah setidaknya selama 1 jam sebelum kamu membilasnya.

4. Strawberry dan Madu

Tips menghilangkan jerawat dengan strawberry

Strawberry mengandung bahan penting yang bernama salicyl acid. Bahan ini sering digunakan untuk mengobati jerawat. Salicyl acid dapat menstimulasi epidermis untuk pertumbuhan sel kulit kamu lebih cepat. Jadi, pori-pori yang tersumbat dapat terbuka dan bakteri yang ada bisa di netralisir. Kandungan salicyl acid juga bisa menumbuhkan sel kulit baru untuk mencegah pori-pori yang tersumbat.

5. Pepaya

Tips menghilangkan jerawat pepaya

Pepaya dapat mengeliminasi sel mati dan lemak yang keluar pada permukaan wajah, Pepaya mentah mengandung papain, enzim yang bisa mengurangi inflamasi. Itulah alasan mengapa pepaya banyak digunakan pada produk kecantikan. Untuk menggunakan pepaya, coba potong pepaya segar, ambil bijinya, kemudian tumbuk bagian buahnya hingga halus, lalu aplikasikan ke wajah. Bilas wajah kamu dengan menggunakan air hangat dan aplikasikan pepaya selama 30 menit. Kemudian gunakan air hangat untuk membilasnya.

Ayu Dewi Handayani
An editor of words.
Share this article

Artikel Terkait