Foto 7 Cara Mencuci Wajah yang Seharusnya Kamu Lakukan

7 Cara Mencuci Wajah yang Seharusnya Kamu Lakukan

Mencuci muka yang salah bisa menjadi penyebab wajah menjadi berjerawat lho.

Wajah adalah bagian penting yang perlu dirawat, karena kecantikan seseorang dilihat dari wajahnya. Kamu tentunya tidak mau kan kesan pertama yang dilihat orang lain dari wajahmu adalah jerawat, wajah yang kusam ataupun berkomedo? Wajah yang cerah dapat menunjukkan kepribadian kamu bahwa kamu adalah wanita yang rajin merawat kulit. Selain itu wajah yang cerah bisa membuat kamu tampak sehat.

Cara membuat kulit wajah untuk bisa selalu bersih dan cerah dengan mudah adalah dengan mencuci muka. Kebanyakan dari kita sering mencuci muka terburu-buru sehingga tidak mencuci muka secara menyeluruh, sehingga menyebabkan jerawat. Lalu bagaimana cara mencuci muka dengan tepat? Yuk, simak!

7 Cara Mencuci Muka yang Seharusnya Kamu Lakukan

Lakukan cara ini agar wajah kamu bebas jerawat ya, ladies.

1. Gunakan Sabun Cuci Muka yang Tepat

Sabun cuci muka

Gunakanlah sabun cuci muka yang bebas dari alkohol dan formula yang halus untuk wajah. Cream cleanser adalah sabun cuci muka yang cocok untuk kulit wajah berminyak. Beberapa sabun cuci muka mengandung microbeads sehingga bagus untuk eksfoliasi wajah. Hal yang paling penting adalah sesuaikan sabun muka kamu dengan kondisi kulit.

2. Gunakan Tangan

Menggunakan tangan

Jangan mencuci muka dengan menggunakan waslap karena mencuci muka dengan waslap dapat memmbuat kulit menjad iritasi. Pastikan tangan kamu selalu bersih untuk mencuci muka dan lakukan gerakan memutar untuk membersihkan bagian wajah.

3. Gunakan Temperatur yang Tepat

Menggunakan temperatur hangat

Air panas dan dingin tidak semudah itu untuk membuka dan menutup pori-pori kamu. Air panas dapat merusak kulit kamu dan menghilangkan minyak pada wajah atau malah membuat sebum memproduksi minyak secara berlebihan. Sedangkan air hangat bisa membersih wajah kamu.

4. Jangan Melakukan Eksfoliasi Secara Berlebihan

Eksfoliasi wajah

Melakukan eksfoliasi ketika membersihkan wajah sebenarnya boleh-boleh saja. Namun, jangan berlebihan ketika melakukan eksfoliasi wajah karena akan membuat kulit wajah kamu menjadi irirtasi. Lakukan eksfoliasi setidaknya satu minggu sekali untuk mengangkat kulit wajah.

5. Bilas Secara Menyeluruh

Membilas wajah

Kebanyakan orang tidak membilas wajah mereka secara menyeluruh sehingga menimbulkan residu-residu yang bisa membuat kulit wajah menjadi berjerawat karena sisa-sisa sabun yang malah menutup pori-pori kamu, sehingga menimbulkan jerawat.

6. Keringkan dengan Handuk yang Lembut

Handuk

Mengeringkan wajah juga ikut berkontribusi terhadap kulit wajah lho. Gunakan handuk yang lembut untuk mengeringkan kulit wajah kamu. Kamu juga tidak boleh mengusap secara kasar handuk kamu ke wajah, melainkan tap-tap wajah kamu dengan menggunakan handuk agar bisa kering dengan sempurna.

7. Gunakan Moisturizer yang Tepat

Moisturi

Setelah kamu mencuci wajah, minyak pada wajah menjadi hilang, sehingga gunakan moisturizer untuk membuat kulit wajah kembali lembut. Penggunaan moisturizer dapat mencegah timbulnya jerawat. 


Nah, itu dia cara mencuci mencuci wajah yang seharusnya kamu lakukan. Jadi, jangan sembarangan untuk mencuci wajah kamu ya agar wajah kamu bebas dari jerawat.

Artikel Selanjutnya

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini