Kawaii Beauty Japan

Food

7 Makanan yang Bisa Menjadi Penyelamat Kamu Ketika Sakit Perut

Makanan-makanan ini perlu siap sedia di dapur kamu, ladies.

Ayu Dewi Handayani

Sudah bukan rahasia lagi bahwa makanan bisa membawa kebahagiaan bagi banyak orang. Apalagi saat ini mulai banyak makanan yang dengan rasa yang dikombinasikan, sehingga menambah kelezatan rasanya. Bagi kamu yang hobi makan, tentu makanan bisa menjadi surga tersendiri untuk kamu. Namun, untuk kamu yang memiliki perut sensitif, makanan enak justru membuatmu tersiksa, karena kamu harus berhati-hati dalam memilih makanan.

Seberapa pun hati-hatinya kamu dalam memilih makanan, perut yang sakit masih juga tidak terhindari. Perut yang mual, sakit dan mulas bisa saja terjadi pada kamu yang salah makan. Nah, untuk kamu yang mudah mengalami hal tersebut, harus selalu siap sedia makan makanan ini. Apa saja? Yuk, simak!

7 Makanan yang Bisa Menjadi Penyelamat Kamu Ketika Sakit Perut

Selalu siapkan makanan ini ya, ladies.

1. Pisang

Banana

Menurut Farah Fahad, seorang ahli gizi dari Amerika Serikat, bahwa pisang menjadi sangat bagus untuk mengatasi perut yang sedang bergejolak karena struktur pisang mudah untuk diolah dalam perut. Ditambah lagi, pisang merupakan sumber pectin, yang membantu untuk mengatasi diare dengan mengikat pencernaan.

2. Teh Peppermint

Peppermint tea

Terlalu banyak makan bisa membuat menjadi mual. Cobalah minum teh peppermint untuk membantu agar perut bisa mencerna dengan membuat otot perut menjadi lebih rileks. Teh lainnya yang bisa membantu menghilangkan rasa nyeri di perut adalah chamomile. Teh peppermint dan chamomile dapat membantu membuat rileks otot. Namun, teh chamomile lebih menargetkan pencernaan, sehingga bisa melepaskan gas yang membuat perut menjadi terasa mual.

3. Pepaya

Pepaya

Pepaya kaya akan enzim proteolytic yang membantu memproses pencernaah. Selain itu, pepaya juga memiliki enzim papain dan chymopapain untuk memecahkan protein dan membuat perut terasa dingin dan membuat tubuh menjadi sehat.

4. Yogurt

Yoghurt

Jika kamu tidak alergi dengan bahan susu, kamu bisa makan yogurt untuk menteralisir perut dan membantu mencerna dengan mengembalikan bakteri yang bagus, sehingga bisa mengurangi rasa ketidaknyamanan pada perut atau rasa mual pada perut.

5. Jahe

Jahe

Jika perut kamu sakit dan menjadi mual, cobalah untuk minum minuman yang mengandung jahe. Jahe memiliki mekanisme anti-mual, dimana meningkatkan reseptor serotonin dan memberikan efek anti mual pada sistem pencernaan. Selain membuat perut menjadi tidak mual, jahe juga bisa membuat tubuh menjadi hangat dan tenang.

Ayu Dewi Handayani
An editor of words.
Share this article

Artikel Terkait