Kawaii Beauty Japan

Diet

8 Tips Diet Selama Bulan Puasa agar Berat Badan Tetap Terjaga

Bulan puasa asupan yang masuk berbeda dari biasanya lho, ladies.

Ayu Dewi Handayani

Bagi umat muslim, puasa di bulan Ramadan adalah hal yang wajib. Meskipun puasa mendatangkan banyak manfaat, namun, di awal puasa tubuh mengalami proses adaptasi, sehingga membuat bibir dan kulit menjadi kering. Kurangnya asupan juga bisa membuat berat badan menjadi turun. Namun, tak jarang karena di bulan puasa ini berat badan kita malah bertambah karena terlalu kalap ketika buka puasa. Nah, agar berat badan kamu tetap terjaga, yuk simak tips diet selama bulan puasa ini.

8 Tips Diet Selama Bulan Puasa agar Berat Badan Tetap Terjaga

Jangan sampai berat badan kamu menjadi bertambah setelah puasa ya.

1. Jangan Melewatkan Sahur

Sahur

Waktu sahur memang sangat enak untuk dilewatkan dan melanjutkan tidur. Namun, jika kamu berpuasa seharian tanpa sahur, nutrisi dan energi yang kamu dapatkan ketika puasa tidak ada, sehingga kamu akan merasa dehidrasi dan lelah sepanjang hari. Sahur juga bukan hanya waktu untuk menambah makanan pada perut kamu, melainkan untuk makan makanan yang bernutrisi dan penih karbohidrat untuk tubuh. Makanlah makanan yang kaya akan protein seperti telur, kacang merah dan ikan. Protein akan membuat kamu kenyang lebih lama dibandingkan karbohidrat.

2. Jangan Makan Buka Puasa Berlebihan

Buka puasa

Ketika puasa di siang hari, seringkali kita sudah merencanakan makanan apa saja yang ingin kita makan ketika buka puasa, sehingga kita menjadi lupa diri ketika berpuasa. Di saat buka puasa seharusnya kamu makan makanan yang bergizi. Hindari makan martabak ataupun rendang yang berlebihan. Lebih utamakan nutrisi daripada kalori.

3. Makan Makanan yang Mengandung Banyak Cairan

Semangka

Ketika kamu berpuasa, kamu mulai dehidrasi sepanjang hari. Jadi, ketika kamu buka puasa, kamu harus mulai makanan dan minum air putih untuk memberikan cairan pada tubuh. Memang rasanya sulit untuk minum 1,5 liter air, namun air kelapa bisa menjadi alternatif yang sangat bagus untuk kamu

4. Makan Lebih Sedikit Karbohidrat

Makan daging

Ketika puasa kamu memang akan merasa selalu lapar, sehngga ketika berbuka puasa, kamu menginginkan sesuatu yang berkarbohidrat. Namun, karbohidrat dengan minyak seperti gorengan hanya bisa memuaskanmu dalam waktu beberapa jam. Di sisi lain, jika kamu makan makanan yang tidak berkalori seperti nasi atau roti, kamu tidak akan memiliki banyak ruang untuk sayur-sayuran, buah dan daging, sehingga tubuh kamu akan selalu merasa lapar dan kamu pun akan mulai memakan junk food, seperti cokelat dan snacks lainnya. Hal inilah yang membuat berat badan kamu bertambah setelah selesai puasa.

5. Makan Makanan Asin Sedikit Saja

Keripik

Hindarilah makan makanan asin seperti keripik ketika puasa. Garam akan membuat tubuh kita selalu merasa haus dan tubuh kita akan selalu haus ketika puasa.

Ayu Dewi Handayani
An editor of words.
Share this article

Artikel Terkait