Foto 8 Perawatan Kulit Sensitif yang Sebaiknya Kamu Lakukan

8 Perawatan Kulit Sensitif yang Sebaiknya Kamu Lakukan

Perawatan yang salah bisa membuat kulit kamu menjadi iritasi lho, ladies.

Bagi wanita, perawatan kulit adalah hal penting yang tidak boleh dilewatkan. Perawatan kulit yang tepat dapat membuat kulit menjadi tampak lebih cerah dan sehat. Namun, jika kamu memiliki kulit yang sensitif, perawatan kulit pun perlu dilakukan dengan hati-hati karena jika tidak diperlakukan dengan hati-hati, kulit kamu akan menjadi gatal-gatal bahkan iritasi. Untuk itu, kamu perlu berhati-hati dalam memilih produk-produk kecantikan yang dijual di pasaran. Jika selama ini kamu telah memilih-milih produk kecantikan namun rasa gatal masih muncul, berarti ada yang salah dengan kebiasaan kamu selama ini. Yuk, coba simak perawatan kulit sensitif apa saja yang sebaiknya kamu lakukan!

8 Perawatan Kulit Sensitif yang Sebaiknya Kamu Lakukan

Kamu tidak mau kan kondisi kulit kamu menjadi lebih parah, ladies?

1. Tidur dengan Bahan Sutra

Sutra

Selain kamu bisa tampil seksi ketika tidur, ketika tidur, kulit kita memproduksi minyak dan keringat, sehingga bahan natural seperti sutra dan 100% katun dapat menyerap keringat dengan baik. Sebaliknya, bahan-bahan sintetis tidak menyerap keringat dengan baik. Agar kulit kamu juga menjadi lebih sehat, jangan gunakan pewangi berlebihan karena bahan tersebut dapat meninggalkan lapisan lilin yang dapat membuat kulit menjadi berat. Jangan lupa juga untuk mengganti sarung bantal dan seprei secara berkala agar kulit kamu tidak menjadi gatal-gatal karena kotoran yang menempel.

2. Coba Gunakan Perawatan Kulit untuk Detoksifikasi

Skincare

Jangan menggunakan terlalu banyak formula produk kulit pada kulit kamu, seperti penggunaan beta-hydroxy acid, alpha-hydroxy acid dan vitamin C. Kombinasi formula ini terlalu berat sehingga bisa membuat kulit menjadi iritasi. Gunakan produk-produk dasar untuk kulit seperti cleanser yang lembut, moisturizer dan SPF, kemudian tambahkan sedikit produk kulit lainnya jika memang tidak ada tanda-tanda iritasi. Coba gunakan produk baru pada lengan bagian dalam terlebih dahulu untum melihat reaksi pada kulit.

3. Lakukan Double Cleansing

Facial wash

Mencuci muka sekali saja tidak cukup untuk membersihkan kulit wajah kamu dari segala debu, polusi dan sisa-sisa makeup. Coba gunakan pencuci muka yang mengandung formula utama minyak pada kulit yang kering sehingga bisa mengangkat sisa-sisa makeup dan SPF, kemudian diikuti dengan cleanser yang lembut untuk menyingkirkan minyak dan polusi di wajah. Melalui kulit wajah yang bersih, produk kulit terutrama moisturizer akan lebih cepat menyerap ke kulit dengan efisien.

4. Gunakan Serum dalam Perawatan Kulit

Serum

Serum kaya akan formula-formula yang baik di wajah sehingga bisa membuat kulit wajah menjadi tampak lebih bersih dan tampak awet muda. Gunakan serum wajah di pagi dan malam hari sebelum menggunakan pelembap agar penyerapannya tidak terganggu oleh pelembap.

5. Hindari Penggunaan Produk yang Mengandung Pewangi

Mencuci baju

Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, hindari penggunaan pewangi pada produk apapun. Pewangi dapat menjadi pemicu alergi kamu untuk kambuh. Bahan lain yang perlu kamu hindari adalah oxybenzone dan avobenzone yang biasa ditemukan di sunscreen karena bisa memicu alergi dan dermatitis bagi sebagian orang.

6. Hati-Hati Ketika Mengobati Jerawat

Jerawat

Jika kamu memiliki kulit yang mudah sekali jerawatan, perlu diketahui bahwa penggunaan 2,5% benzoyal peroxide bekerja sama seperti 5-50% formula lainnya untuk mengempeskan jerawat. Untuk hasil yang lebih baik, coba gunakan krim hydrocortisone untuk mengurangi kemerahan dan pembengkakan dan diikuti dengan penggunaan 25,5% benzoyl peroxide untuk membunuh bakteri.

7. Gunakan Retinoid

Retinoid

Penggunaan retinoid sebesar kacang setiap malamnya dapat memperlambat penuaan pada wajah. Selain itu, kamu juga bisa mencegah kulit terbakar pada kulit dengan cara mengoleskan moisturizer terlebih dahulu sebelum menggunakan retinol. Melalui cara ini penyerapan moisturizer tidak mengganggu penyerapan retinoid juga.


Nah, itu dia perawatan kulit sensitif yang sebaiknya kamu lakukan, ladies. Jangan sampai kamu membuat kulit kamu menjadi semakin iritasi karena perawatan yang salah ya.

Artikel Selanjutnya

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini