Kawaii Beauty Japan

Skin Care

7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Berolahraga Ketika Ramadan

Bulan Ramadan sudah hampir tiba, tapi jangan sampai kamu meninggalkan hobi kamu untuk olahraga ya.

Ayu Dewi Handayani

Semua orang pasti mengetahui manfaat olahraga, tidak hanya membuat tubuh menjadi bugar, olahraga juga bisa menurunkan berat badan dan membuat wajah menjadi tampak lebih cerah. Ada banyak olahraga yang bisa kamu lakukan mulai dari olahraga cardio yang berat hingga yoga. Nah, berhubung sebentar lagi adalah bulan Ramadan, jangan sampai rutinitas olahraga kamu menjadi terganggu karena puasa lho.

Puasa memang bisa membuat tubuh kita menjadi lemas karena tidak adanya asupan makanan dan minuman yang masuk, hingga banyak orang yang merasa lemas dan merasa aktivitas olahraga mereka perlu dihentikan sementara selama bulan Ramadan. Padahal sebenarnya kamu tetap bisa lho berolahraga. Namun, memang ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika sedang berolahraga di bulan puasa lho. Apa saja? Yuk, simak!

7 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Berolahraga Ketika Ramadan

Perhatikan hal-hal ini agar kamu tidak dehidrasi lho, ladies.

1. Minum yang Banyak

Minum air yang banyak

Minum air yang banyak ketika sahur dan berbuka puasa agar tubuh kamu tetap memiliki cairan yang cukup. Minum air putih yang dicampur dengan garam laut ataupun air kelapa untuk meningkatkan elektrolit pada tubuh kamu yang sangat penting untuk jantung, saraf, dan fungsi otot-otot.

2. Jangan Lakukan Olahraga yang Berat

Olahraga berat

Jangan melakukan olahraga yang terlalu berat di bulan puasa, seperti lari sprint ataupun angkat beban yang berat karena olahraga ini bisa membuat nyeri pada sendi dan cedera otot yang berkomplikasi dengan tekanan darah rendah dan sakit kepala. Pastikan kamu menyeimbangkan energi kamu ketika berpuasa dengan level olahraga kamu. Jadi, kamu pasti tidak mau kan berolahraga di siang hari ketika kamu sedang lemas-lemasnya. Sebaiknya kamu berolahraga di sore hari ketika hendak berbuka puasa.

3. Ketahui Waktu-Waktu Terbaik untuk Berolahraga

Olahraga

Waktu-waktu terbaik untuk berolahraga adalah:

  • Pasang timer pada jadwal workout kamu agar olahraga kamu berakhir pada saat buka puasa.
  • Kamu bisa berolahraga setelah makan buka puasa, sehingga makanan buka puasa kamu bisa terbakar dengan berolahraga.
  • Kamu bisa berolahraga setelah makan malam, kemudian bisa makan camilan jika kamu masih lapar.
  • Kamu bisa berolahraga sebelum sahur, sehingga ketika kamu selesai sahur kamu bisa langsung makan.

4. Sebaiknya Jangan Berolahraga selama 7-10 Hari di Awal Puasa

Olahraga

Di 10 hari awal puasa, tubuh kamu masih terbiasa dengan jam biologis sehari-hari kamu, jadi jika biasanya kamu makan siang pada pukul 12-1, maka di waktu tersebut otak kamu akan mengeluarkan hormon yang membuat perut kamu terasa lapar dan menyiapkan perut kamu agar siap dengan makan yang masuk. Jika kamu tetap memaksakan untuk olahraga di awal-awal puasa kamu, kamu bisa merasa pusing dan mual-mual.

5. Sebisa Mungkin, Jangan Membuat Jadwal Olahraga Kamu Berantakan

Olahraga

 Di bulan Ramadan, prioritas kita adalah beribadah dibandingkan berolahraga. Namun, kamu jangan mengacaukan jadwal olahraga kamu selama ini dengan skip olahraga kamu. Hal ini bisa membuat jadwal olahraga kamu menjadi berantakan dan tubuh kamu akan lebih cepat lelah dari biasanya.

 

Tagged in:
Ayu Dewi Handayani
An editor of words.
Share this article

Artikel Terkait