Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Begini Caranya agar Pemakaian Sunscreen Tidak Merusak Makeup Wajah Kamu

Terkadang penggunaan sunscreen pada wajah bisa membuat makeup menjadi cakey.

Ayu Dewi Handayani

Sudah bukan rahasia lagi sinar matahari tidak sepenuhnya bagus untuk kulit. Sinar matahari dapat memberikan UVA dan UVB yang tidak bagus untuk kulit dan bisa menyebabkan kanker. Di wajah, paparan sinar matahari bisa membuat bintik hitam pada wajah dan mempercepat penuaan. Kamu tidak mau kan di usia menjelang 30-an tapi garis-garis halus sudah muncul? Pencegahan efek buruk sinar matahari bisa ditangkal dengan penggunaan sunscreen, terutama di wajah.

Penggunaan sunscreen ini banyak dilupakan oleh banyak orang karena saat ini sudah banyak makeup yang mengandung SPF. Padahal, penggunaan sunscreen tetap penting untuk digunakan karena kita harus membedakan yang mana skin care yang mana makeup. Banyak wanita juga mengabaikan penggunaan sunscreen karena dianggap membuat makeup menjadi cakey. Alasan ini memang bisa terjadi, namun ada beberapa cara lho untuk membuat sunscreen kamu agar tidak merusak makeup. Yuk, simak!

Primer

Makeup wajah primer

Setelah kamu menggunakan sunscreen, gunakan primer untuk membuat makeup kamu agar tetap awet di wajah. Primer juga bisa membantu membuat pori-pori pada wajah kamu menjadi tampak lebih kecil. Kamu juga jangan memakai sunscreen yang kamu gunakan pada tubuh pada wajahmu. Gunakanlah sunblock dengan formula yang lebih ringan dan mudah meresap di wajah.

BB Cream atau Foundation

Makeup wajah base makeup

Jangan tinggalkan base makeup kamu ketika menggunakan sunscreen. Selalu gunakan BB cream atau foundation tergantung selera kamu yang bisa kamu gunakan untuk wajah. BB Cream cenderung memiliki formula yang lebih ringan untuk wajah, sedangkan Foundation memiliki formula yang lebih tebal namun lebih meng-coverage wajah secara menyeluruh. Jika kamu tidak mau ribet, saat ini sudah ada bb cushion, sehingga kamu tidak perlu mengotori tangan kamu ketika memakai bb cream ini.

Bedak Tabur

Base makeup bedak tabur

Ketika memakai sunscreen, di udara yang panas sebaiknya kamu menggunakan bedak tabur dibandingkan compact powder karena akan membuat wajah kamu menjadi terasa berat dan bisa membuat makeup menjadi cakey di siang hari. Jadi, gunakan bedak tabur dan aplikasikan terutama pada bagian T-zone seperti dahi dan hidung.

Lip Balm dengan SPF

Base makeup lip balm

Kamu tidak mau kan bibirmu menjadi menghitam karena terpapar oleh sinar matahari? Nah, kamu perlu mengaplikasikan lip balm sebelum memakai lipstik. Selain melindungi bibirmu dari bahaya sinar matahari, kamu juga bisa membuat bibirmu untuk selalu lembap meskipun cuaca sedang panas. Jika kamu takut lipstik kamu mudah luntur, setelah menggunakan lip balm ambil sehelai tisu kemudian aplikasikan bedak melalui tisu tersebut untuk membuatnya tahan lama.

Itu dia langkah yang perlu kamu lakukan agar makeup wajah kamu tidak cakey, ladies! Hal yang paling penting adalah jangan pernah meninggalkan penggunaan sunscreen untuk menjaga kesehatan wajahmu.

Ayu Dewi Handayani
An editor of words.
Share this article

Artikel Terkait