Foto 8 Trik Mencegah Kulit Wajah Terlihat Berminyak Sepanjang Hari

8 Trik Mencegah Kulit Wajah Terlihat Berminyak Sepanjang Hari

Wajah yang terlihat berminyak membuat penampilan menjadi kucel ya kan, ladies?

Jika kamu memiliki kulit wajah yang berminyak, tentu kondisi ini seringkali membuat makeup menjadi tidak tahan lama. Selain itu, kulit berminyak juga seringkali membuat wajah menjadi mengkilap di siang hari. Duh, membuat tidak percaya diri sekali kan, ladies? Untuk kamu yang memiliki aktivitas padat, kondisi ini juga bisa membuat makeup menjadi cakey.

Meskipun kulit berminyak nampaknya merepotkan, sebenarnya kulit berminyak memiliki manfaat untuk selalu melembapkan wajah, sehingga wajah tidak mudah cepat tua. Namun, untuk mengontrol minyak agar wajah kamu tidak mengkilap di siang hari, kamu membutuhkan beberapa trik. Seperti apa saja? Yuk, simak!

1. Selalu Gunakan Cleanser

Menggunakan cleanser

Pastikan kamu menggunakan cleanser ketika membersihkan wajah di pagi hari, cleanser yang digunakan pun mengandung 2% salicyl acid. Salicyl acid dapat menghancurkan produksi minyak pada wajah tanpa membuat wajah menjadi kering. Selain itu, pastikan untuk mencuci tanganmu terlebih dahulu sebelum memegang-megang cleanser ke wajah ya.

2. Menggunakan Alkohol

Penggunaan cotton bud dan alkohol

Tambahkan setetes alkohol (jangan terlalu banyak) pada cotton bud dan usapkan pada T-zone (dahi, hidung dan dagu). Cara ini dapat mencegah wajah menjadi mengkilap di siang hari. Penggunaan alkohol yang terlalu banyak dapat membuat wajah menjadi kering sehingga mempercepat penuaan.

3. Mattyfying Primer

Penggunaan primer

Sumber: Crystalcandymakeup

Menggunakan primer dnegan jenis matte sebelum mengaplikasikan foundation dapat menjegah wajah menjadi mengkilap. Primer dapat menyerap kelebihan minyak dan membuat wajah menjadi lebih lembut.

4. Perhatikan Apa yang Kamu Makan

Makanan berminyak

Hindari makan goregan dan makanan yang pedas. Makanan ini dapat memperlebar pembuluh darah sehingga menyebabkan kamu berkeringat. Setidaknya kurangi makanan pedas kamu menjadi satu kali selama seminggu. Makanan dengan kadar vitamin A dapat memperlambat produksi minyak.

5. Foundation

Foundation

Ketika memilih foundation, pastikan kamu memilih dengan formula yang bebas minyak sehingga bisa menyerap kelebihan minyak seperti spons.

6. Bereksperimen dengan Masker Wajah

Masker wajah

Eksfoliasi pada wajah kemudian menggunakan masker adalah rutinitas yang bagus untuk wajah, sehingga bisa mengontrol minyak pada kulit. Pastikan kamu hanya melakukan eksfoliasi satu atau dua kali dalam seminggu. Gunakan peeling yang mengandung glycolic acid untuk memaksimalkannya.

7. Kurangi Penggunaan Krim

Menggunakan krim

Jangan terlalu banyak menggunakan krim pada malam hari. Sebaliknya, gunakan krim yang ringan, sehingga mudah diserap oleh kulit. Kamu juga bisa mencoba serum yang melembapkan, sehingga dapat melembapkan wajah tanpa membuatnya berkilau.

8. Gunakan Kertas Minyak

Blotting paper

Jangan pernah meninggalkan kertas minyak jauh dari kamu. Ketika kamu mulai merasa wajahmu sudah mengkilap, segera gunakan kertas minyak sehingga bisa meminimalisir kadar minyak di wajah.


Nah, itu dia trik yang bisa kamu lakukan untuk mencegah wajah menjadi mengkilap di siang hari, ladies. Sekarang kamu akan menjadi lebih percaya diri lagi bukan?

Artikel Selanjutnya

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini