Kawaii Beauty Japan

Skin Care

4 DIY Perawatan Kulit Wajah Paling Mudah agar Kulit Awet Muda

Tidak hanya dengan produk kimia saja, kamu juga bisa membuatnya sendiri lho, ladies.

Ayu Dewi Handayani

Semua orang pasti menginginkan kulit yang selalu tampak awet muda. Jika tidak dirawat, kulit wajah juga bisa mengalami penuaan dini, salah satu penyebabnya adalah karena sering terpapar sinar matahari. Perawatan kulit wajah banyak dilakukan, seperti penggunaan retinoid, face lifting, dan penggunaan krim-krim lainnya. Sayangnya penggunaan bahan kimia sering kali memiliki efek samping berbahaya. 

Untuk kamu yang tidak menyukai efek samping dari bahan kimia tersebut atau memiliki kulit yang sensitif, penggunaan bahan alami bisa menjadi pilihanmu. Apa saja penggunaan bahan kimia yang ampuh tersebut? Yuk, simak!

4 DIY Perawatan Kulit Wajah Paling Mudah agar Kulit Awet Muda

Bahan-bahannya sangat mudah untuk didapatkan lho, ladies!

1. Masker Alpukat

Alpukat

Buah alpukat tidak hanya enak untuk dijus, namun juga mengandung anti peradangan, anti oksidan dan pelembap pada wajah. Jika dikombinasikan dengan mintak kelapa dan yogurt, masker ini mampu untuk melembutkan wajah karena menambah kolagen.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1/2 alpukat 

  • 1 sdm yogurt

  • 1 sdm madu

  • 1sdm minyak kelapa

Langkah-langkah:

Campur semua bahan di atas dalam suatu wadah, dan hancurkan hingga halus alpukat tersebut, kemudian aplikasikan masker tersebut pada kulitmu secara tipis. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air bersih.

2. Pembersih Wajah dari Pepaya

Perawatan kulit wajah pepaya

Pembersih wajah dengan menggunakan pepaya tidak hanya membuat wajah menjadi lebih bersih, namun juga bisa mengeksfoliasi kulit wajah dan membuat kulit wajah menjadi cerah. Enzim pada pepaya dapat mengangkat sel kulit mati untuk membuat kulit wajah menjadi lebih cerah, namun anti oksidan dapat melindungi wajah dari keriput karena radikal bebas. Jika kulit kamu rentan berjerawat dan sangat berminyak, tambahkan witch hazel pada pembersih wajahmu untuk mengurangi komedo di wajah.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1/2 pepaya yang bijinya telah diambil
  • 3 sdm witch hazel
  • 15 anggur yang masih mengandung biji
  • 2 sdm greek yogurt

Langkah-langkah:

Setelah mengambil semua biji dan kulit dari pepaya, masukkan pepaya ke dalam blender dan campurkan semua bahan-bahan tersebut hingga benar-benar lembut. Untuk membersihkan wajah, teteskan beberapa tetes cleanser tersebut pada handuk yang sudah basah. Pijat lembut selama 30 detik wajahmu, lalu bilas dengan air hangat.

3. Oatmeal dan Biji Bunga Matahari

Perawatan kulit wajah oatmeal

Dari namanya mungkin kamu akan sedikit khawatir dapat membuat wajah menjadi iritas, namun tenang, bahan-bahan ini sangat bagus untuk wajah, leher, bahkan untuk bibir. Biji bunga matahari mengandung minyak yang melembapkan wajah dan dapat mengangkat sel kulit mati. Campurkan dengan madu yang mengandung antibiotik alami sehingga dapat membasmi jerawat. Bahan ini dapat membuat wajahmu menjadi lebih kencang dan lembap.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1 sdm oats
  • 1 sdm biji bunga matahari
  • 2 sdm greek yogurt
  • 1 sdm madu

Langkah-langkah:

Campur oats dan biji bunga matahari tersebut ke dalam blender dan blender namun jangan terlalu halus dan jangan terlalu kasar. Campurkan bahan-bahan tersebut dalam suatu wadah, kemudian tambahkan bahan-bahan lainnya dan aduk hingga mengental mirip dengan scrub. Aplikasikan pada wajah dapat pijat secara perlahan dalam keadaan basah dengan gerakan memutar, lalu bilas dengan air bersih.

4. Calendula dan Pelembap dari Teh Hijau

Green tea

Bahan ini dapat mengurangi kemerahan pada wajah, mengandung anti peradangan dan melembapkan wajah serta melawan keriput.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 1/2 gelas pelembap (bisa menggunakan vaseline petroleum jelly)
  • 2 sdm teh hijau
  • 5 tetes calendula oil
  • 1 sdm minyak zaitun
  • 12 butir blueberry

Langkah-langkah:

Tuang ekstrak teh hijau ke dalam air hangat selama kurang lebih 10 menit, kemudian pindahkan ke dalam wadah dan tambahkan minyak calendula, minyak zaitun, dan pelembap pada wajah, aduk perlahan (jika kamu menggunakan blueberry lembutkan dengan blender)Tuang krim tersebut dalam wadah kecil kemudian aplikasikan pada wajah, pijat halus setelah kamu membersihkan wajah.

Nah, itu dia langkah-langkah perawatan kulit wajah yang bisa kamu gunakan menggunakan bahan alami, ladies! Selamat mencobanya!

Ayu Dewi Handayani
An editor of words.
Share this article

Artikel Terkait