Foto 9 Tips Makeup Wajah yang Bisa Kamu Tiru dari Makeup Artist Asal Jepang

9 Tips Makeup Wajah yang Bisa Kamu Tiru dari Makeup Artist Asal Jepang

Makeup artist dari RMK Beauty, Toru Kobayashi membagi tipsnya.

Bagi wanita, menggunakan makeup bukanlah hal yang asing lagi. Namun, penggunaan makeup memiliki trik yang berbeda-beda antara satu orang dengan orang lainnya. Jika kamu senang dengan penggunaan makeup yang natural, kamu bisa melihat makeup yang sering digunakan oleh wanita Jepang. Wanita Jepang lebih suka memperlihatkan kecantikan alami mereka, sehingga untuk urusan ber-makeup mereka tidak suka menggunakan makeup tebal.

Di Jepang, penggunaan makeup natural memang sudah menjadi tren. Natural di sini bukan berarti kamu tidak menggunakan makeup sama sekali, melainkan makeup yang kamu gunakan masih menunjukkan wajah asli kamu karena pria di Jepang tidak menyukai makeup tebal seperti cat winged eyeliner berlebihan dan lipstik merah. Nah, agar kamu bisa mengetahui cara penggunaannya dengan tepat, yuk simak tips yang diberikan oleh makeup artist dari brand RMK Beauty, Toru Kobayashi.

9 Tips Makeup Wajah yang Bisa Kamu Tiru dari Makeup Artist Asal Jepang

Penampilan natural justru bisa membuat wajah kamu menjadi semakin menarik lho, ladies.

1. Base Makeup Tidak Boleh Dilupakan

Foundation

Meskipun penggunaan makeup Jepang natural, bukan berarti mengurangi penggunaan makeup lho, ladies. Justru penggunaan base makeup seperti primer, concealer, foundation, dan highlighter sangat penting untuk digunakan. Hal ini karena makeup wajah yang bagus harus didasari oleh penggunaan base yang lengkap pula agar makeup tidak mnjadi cakey jika lama untuk digunakan, ladies.

2. Hindari Primer untuk Menutup Pori-Pori

Benefit porefessional

Menurut Toru-San memakai primer adalah rahasia utama memiliki makeup yang halus. Menggunakan primer dapat menyamarkan pori-pori. Gunakan primer pada bagian hidung dan samping pipi. Pori-pori yang tersamarkan dengan baik dapat membuat makeup kamu tahan lebih lama dan tidak mudah luntur.

3. Gunakan Concealer dengan Tipis

Concealer

Kita sering menggunakan concealer untuk menutupi lingkaran hitam pada bawah mata. Kebanyakan dari kita memakainya terlalu tebal agar lingkaran hitam di bawah mata bisa tersamarkan dengan baik. Terlalu banyak memakai concealer. Toru-san memberikan tips ketika menggunakan concealer, kamu perlu blend di bagian belakang tangan kamu, kemudian tap-tap pada bagian bawah mata. Jangan lupa gunakan bedak dan gunakan brush khusus untuk bedak.

4. Highlight Bagian Wajah untuk Memberikan Efek 3D

Highlight

Gunakan highlight pada bagian atas mata, bagian atas pipi, hidung, dan bagian samping mulut. Efek highlight dapat membuat tulang yang kamu highlight menjadi lebih menonjol. Efek makeup wajah ini bisa membuat wajah kamu tampak lebih cerah.

5. Gunakan Foundation pada Sisi Tertentu Saja

Foundation

Biasanya, kebanyakan dari kita menggunakan foundation dan mengaplikasikan pada seluruh bagian wajah. Sedangkan Toru-san ternyata mengaplikasikannya pada bagian tertentu saja. Aplikasikan pada setengah bagian pipi dekat rahang, dahi dan pada sisi hidung dan wajah. Inilah rahasia wanita Jepang untuk bisa tampil natural. Kamu sudah menggunakan concealer, primer, dan highlight, sehingga tidak perlu menggunakan foundation pada seluruh wajah karena akan membuat penampilan menjadi tidak natural.

6. Warna Emas atau Eyeshadow Warna Kekuningan untuk Menyamarkan Mata yang Lelah

Makeup wajah, menggunakan eyeshadow

Terkadang, ada suatu waktu dimana kamu terlalu lelah sehingga membuat mata menjadi sayu. Cara untuk menyamarkannya adalah dengan menggunakan warna emas atau eyeshadow warna kuning untuk menyamarkan kemerahan pada mata dan membuat mata menjadi tampak lebih besar.

7. Jepit Bulu Mata Kamu dengan Tepat

Makeup wajah

Menurut Toru-san, jangan menjepit bulu mata hingga pada akar bulu mata karena akan membuat bulu mata kamu tampak tidak natural. Jepit bulu mata mulai dari tengah bulu mata, sehingga bulu mata kamu bisa terlihat lentik tanpa perlu menggunakan maskara. Kamu juga jangan menjepit bulu mata dalam keadaan menghadap kaca saja, coba jepit keadaan kaca berada di sisi samping kanan maupun kiri kamu untuk melihat tingkat kelentikkan bulu mata kamu.

8. Gunakan Maskara dengan Seperlunya

Maskara untuk makeup wajah

Ketika kamu menggunakan maskara, aplikasi maskara dalam layer pertama kemudian tunggu hingga dia kering sambil memakai makeup lainnya. Setelah itu, gunakan layer lagi jika menurutmu diperlukan. Menggunakan maskara berlayer-layer secara langsung tanpa menunggunya hingga kering dapat membuat maskara menjadi menggumpal.

9. Eyeliner Tidak Cocok untuk Semua Orang

Eyeliner

Menurut Toru-san, tidak semua orang cocok menggunakan eyeliner. Beberapa orang akan menjadi terlihat lebih galak ketika menggunakan eyeliner. Selain itu, bentuk mata juga menentukan apakah bentuk eyeliner cocok untuk kamu. Jika memang kamu ingin menggunakan eyeliner, coba gunakan tipis-tipis saja pada akar bulu mata.


Nah, itu dia tips memakai makeup wajah yang bisa kamu tiru dari Toru Kobayashi, ladies. Jadi, sudah siap untuk mengubah makeup kamu menjadi lebih natural?

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Fresh and Bold Makeup Look Meskipun Menggunakan Masker

Fresh and Bold Makeup Look Meskipun Menggunakan Masker

Aminy Andawi Aminy Andawi
Lip Product Lokal Terbaru Anti Kering!

Lip Product Lokal Terbaru Anti Kering!

Aminy Andawi Aminy Andawi
Tampil Cantik dan Fresh  bersama Brand Lokal Emina Cosmetics

Tampil Cantik dan Fresh bersama Brand Lokal Emina Cosmetics

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
FEEL THE COLOR: Wardah ajak Wanita Indonesia untuk Bereksperimen

FEEL THE COLOR: Wardah ajak Wanita Indonesia untuk Bereksperimen

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Tutorial Makeup Wajah Bergaya Retro Seperti Zendaya

Tutorial Makeup Wajah Bergaya Retro Seperti Zendaya

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Makeup 101: Panduan Membeli Palette Eyeshadow Asli dan Murah

Makeup 101: Panduan Membeli Palette Eyeshadow Asli dan Murah

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Tidak Perlu ke Salon, Tutorial Cantik untuk  Wisuda

Tidak Perlu ke Salon, Tutorial Cantik untuk Wisuda

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
One Brand Tutorial untuk Cantik di Siang dan Malam Hari

One Brand Tutorial untuk Cantik di Siang dan Malam Hari

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani