Kawaii Beauty Japan

Makeup

9 Tips Makeup Wajah yang Bisa Kamu Tiru dari Makeup Artist Asal Jepang

Makeup artist dari RMK Beauty, Toru Kobayashi membagi tipsnya.

Ayu Dewi Handayani

Bagi wanita, menggunakan makeup bukanlah hal yang asing lagi. Namun, penggunaan makeup memiliki trik yang berbeda-beda antara satu orang dengan orang lainnya. Jika kamu senang dengan penggunaan makeup yang natural, kamu bisa melihat makeup yang sering digunakan oleh wanita Jepang. Wanita Jepang lebih suka memperlihatkan kecantikan alami mereka, sehingga untuk urusan ber-makeup mereka tidak suka menggunakan makeup tebal.

Di Jepang, penggunaan makeup natural memang sudah menjadi tren. Natural di sini bukan berarti kamu tidak menggunakan makeup sama sekali, melainkan makeup yang kamu gunakan masih menunjukkan wajah asli kamu karena pria di Jepang tidak menyukai makeup tebal seperti cat winged eyeliner berlebihan dan lipstik merah. Nah, agar kamu bisa mengetahui cara penggunaannya dengan tepat, yuk simak tips yang diberikan oleh makeup artist dari brand RMK Beauty, Toru Kobayashi.

9 Tips Makeup Wajah yang Bisa Kamu Tiru dari Makeup Artist Asal Jepang

Penampilan natural justru bisa membuat wajah kamu menjadi semakin menarik lho, ladies.

1. Base Makeup Tidak Boleh Dilupakan

Foundation

Meskipun penggunaan makeup Jepang natural, bukan berarti mengurangi penggunaan makeup lho, ladies. Justru penggunaan base makeup seperti primer, concealer, foundation, dan highlighter sangat penting untuk digunakan. Hal ini karena makeup wajah yang bagus harus didasari oleh penggunaan base yang lengkap pula agar makeup tidak mnjadi cakey jika lama untuk digunakan, ladies.

2. Hindari Primer untuk Menutup Pori-Pori

Benefit porefessional

Menurut Toru-San memakai primer adalah rahasia utama memiliki makeup yang halus. Menggunakan primer dapat menyamarkan pori-pori. Gunakan primer pada bagian hidung dan samping pipi. Pori-pori yang tersamarkan dengan baik dapat membuat makeup kamu tahan lebih lama dan tidak mudah luntur.

3. Gunakan Concealer dengan Tipis

Concealer

Kita sering menggunakan concealer untuk menutupi lingkaran hitam pada bawah mata. Kebanyakan dari kita memakainya terlalu tebal agar lingkaran hitam di bawah mata bisa tersamarkan dengan baik. Terlalu banyak memakai concealer. Toru-san memberikan tips ketika menggunakan concealer, kamu perlu blend di bagian belakang tangan kamu, kemudian tap-tap pada bagian bawah mata. Jangan lupa gunakan bedak dan gunakan brush khusus untuk bedak.

4. Highlight Bagian Wajah untuk Memberikan Efek 3D

Highlight

Gunakan highlight pada bagian atas mata, bagian atas pipi, hidung, dan bagian samping mulut. Efek highlight dapat membuat tulang yang kamu highlight menjadi lebih menonjol. Efek makeup wajah ini bisa membuat wajah kamu tampak lebih cerah.

5. Gunakan Foundation pada Sisi Tertentu Saja

Foundation

Biasanya, kebanyakan dari kita menggunakan foundation dan mengaplikasikan pada seluruh bagian wajah. Sedangkan Toru-san ternyata mengaplikasikannya pada bagian tertentu saja. Aplikasikan pada setengah bagian pipi dekat rahang, dahi dan pada sisi hidung dan wajah. Inilah rahasia wanita Jepang untuk bisa tampil natural. Kamu sudah menggunakan concealer, primer, dan highlight, sehingga tidak perlu menggunakan foundation pada seluruh wajah karena akan membuat penampilan menjadi tidak natural.

Ayu Dewi Handayani
An editor of words.
Share this article

Artikel Terkait