Kawaii Beauty Japan

Makeup

5 Cara Menjaga agar Makeup Wajah Tetap Bersih dan Higienis

Ladies, bukan hanya puff, spons, dan brush makeup saja yang perlu dibersihkan. Produk makeup itu sendiri pun ternyata harus dijaga kebersihannya lho, ladies!

Santi Berlinawati

Bagi seorang wanita, penggunaan makeup tidak dapat dipisahkan dalam aktivitas sehari-hari. Rasanya pasti ada yang kurang ketika kamu ke luar rumah tanpa menggunakan make up sama sekali. Tapi, tahukah kamu bahwa make up yang kamu gunakan, meskipun kemasannya selalu ditutup, bukan berarti bedak, eyeshadow, maskara, dan foundation-mu bisa bebas dari bakteri. Makeup yang sering dipakai sudah pasti terekspos kotoran dan kuman.

Kuman dan kotoran tak hanya mempengaruhi kualitas produk tersebut, namun juga bisa menyebabkan masalah pada kulit wajah kita. Oleh sebab itulah, tidak hanya brush ataupun beauty blender kamu saja yang harus rajin untuk dibersihkan, makeup yang kamu pakai juga perlu rajin kamu bersihkan agar bisa sealu bersih dan higienis. Yuk, simak cara menjaga agar makeup kamu selalu bersih, ladies!

5 Cara Menjaga agar Makeup Wajah Tetap Bersih dan Higienis

Kamu tidak mau kan makeup kamu malah membuat wajahmu menjad berjerawat, ladies?

1. Makeup Wajah Berbentuk Pressed Powder atau Padat

Pressed powder

Beberapa jenis makeup wajah yang sering hadir dalam bentuk pressed powder adalah bedak, eyeshadow, highlighter, bronzer, dan lain sebagainya. Bahan yang paling tepat untuk membersihkan dan mengembalikan kehigienisan makeup berbentuk cream compact adalah dengan menggunakan alkohol. Caranya adalah dengan menyediakan alkohol di dalam wadah kecil, kemudian celupkan bagian makeup yang terekspos ke dalam alkohol tersebut. Namun, jika cara ini tidak memungkinkan, kamu bisa membeli produk pembersih makeup pabrikan, seperti Beauty So Clean Cosmetic Sanitizer Mist yang bisa kamu semprotkan di atas makeup-mu untuk membersihkannya. Melalui produk ini, makeup juga tidak akan rusak.

2. Lipstik

Lipstik

Lipstik juga merupakan jenis makeup yang pada dasarnya berbentuk cream. Seperti halnya makeup wajah berbentuk cream compact, lipstik pun bisa dibersihkan menggunakan alkohol. Siapkan alkohol di dalam wadah yang agak dalam, misalnya saja gelas. Buka lipstik sampai maksimal, sehingga terekspos seluruh bagiannya. Kemudian, celupkan lipstik ke dalam alkohol selama kurang lebih 30 detik dan angkat. Dengan begitu, lipstikmu akan bebas dari bakteri dalam sekejap saja.

3. Makeup dengan Formula Liquid atau Cair

Liquid foundation

Banyak sekali produk makeup yang hadir dengan formula liquid, seperti foundation, maskara, eyeliner, lip gloss, dan lain sebagainya karena makeup dengan formula seperti ini lebih sulit untuk dibersihkan, sangat dianjurkan jika kamu tidak menggunakannya bersama-sama dengan orang lain. Jika harus menggunakannya secara bersama-sama, gunakanlah alat yang bisa langsung dibuang sehingga kuman tidak akan masuk ke dalam makeup-mu. Misalnya saja disposable wand untuk maskara. Kamu juga bisa memilih kemasan yang memiliki pompa, sehingga produk yang sudah keluar dari kemasan tidak dapat masuk lagi. Hindari menggunakan tangan yang bisa mentransfer kuman. Pakailah brush atau spons.

4. Loose Powder

Loose powder

Cara terbaik untuk menjaga makeup yang berbentuk loose powder adalah dimulai dari cara pemakaiannya. Pastikan jika kamu menggunakan brush atau puff yang bersih setiap kali mengaplikasikan produk ini. Selain itu, tuang loose powder sedikit demi sedikit ke dalam tutup kemasannya. Kemudian, baru gunakan brush atau puff untuk mengaplikasikannya. Dengan begitu, kamu tidak akan mencelupkan lagi brush dan puff yang sudah kamu pakai tadi ke dalam kemasan loose powder-mu. Makeup-mu pun akan terbebas dari kontaminasi bakteri dan kotoran.

Nah, itu dia cara merawat makeup wajah kamu agar bisa berumur panjang, ladies. Jangan biarkan makeup kamu menjadi sarang kuman ya. 

Tagged in:
Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait