Kawaii Beauty Japan

Health

7 Cara Mencegah Kanker yang Bisa Kamu Lakukan Mulai Sekarang

Ancaman kanker semakin meningkat dan bisa menyerang siapa saja. Untuk mencegah kemungkinan tubuh kita terkena kanker, lakukanlah 7 hal berikut ini.

Santi Berlinawati

Kanker adalah penyakit mematikan yang paling ditakutkan oleh semua orang karena merupakan pembunuh nomer 2 setelah penyakit jantung. Kanker dapat terjadi karena berbagai macam faktor, seperti gaya hidup yang tidak sehat, polusi, radiasi sinar matahari, dan lain sebagainya. Tak ada yang bisa memastikan apakah dirinya bisa bebas dari ancaman kanker atau tidak.

Di zaman sekarang ini rasanya risiko penyakit kanker semakin tinggi karena banyaknya makanan instan yang sering kita konsumsi. Meskipun risiko penyakit kanker semakin tinggi, ada beberapa hal lho yang bisa kamu lakukan untuk mencegahnya. Apa saja? Yuk, simak!

7 Cara Mencegah Kanker yang Bisa Kamu Lakukan Mulai Sekarang

Lakukan ini dari sekarang agar risikonya semakin rendah, ladies!

1. Konsumsi Baby Aspirin

Obat-obatan

Baby aspirin biasanya mengandung ¼ dari dosis aspirin untuk orang dewasa atau sekitar 81 mg (dosis orang dewasa 325 mg). Untuk penggunaan setiap hari, konsumsilah 81 mg. Penelitian menunjukkan jika kebiasaan tersebut bisa mengurangi resiko terkena berbagai macam kanker, termasuk berkurangnya resiko terkena kanker usus hingga 50%. Hal itu terjadi karena dengan mengkonsumsi aspirin, inflamasi, yang merupakan salah satu faktor yang bisa memicu kanker, dapat dikurangi. Namun hal ini juga bisa meningkatkan perdarahan saluran cerna, sehingga tidak dianjurkan untuk mereka yang banyak mengkonsumsi alkohol, menderita maag, dan sedang mengkonsumsi obat pembeku darah.

2. Ikut KB Hormonal

Kb hormonal

Pil kontrasepsi dapat mengurangi resiko kanker ovarium dan endometrium hingga 50% setelah 5 tahun penggunaan. Untuk jangka yang lebih panjang, IUD Mirena bisa menjadi pilihan karena mengandung progesterone yang bisa mencegah kehamilan, sekaligus menurunkan resiko kanker endometrium.

3. Lakukan Kegiatan Yang Memicu Kreativitas

Memasak

Kamu bisa mengikuti kursus memasak, berkebun, membuat gerabah, melukis, dan lain sebagainya karena kegiatan semacam ini selain memicu kreatifitasmu, juga menyediakan tempat untuk bersosialisasi. Salah satu studi yang mempelajari kanker payudara menemukan bahwa wanita yang paling aktif memiliki kemungkinan sembuh lebih besar. Penelitian lainnya juga memperlihatkan bahwa pasien kanker yang mendapat dukungan sosial lebih besar juga memiliki kesempatan lebih banyak untuk sembuh. Jadi, sediakan waktu setiap hari untuk hal-hal kreatif yang kamu sukai.

4. Kurangi Daging

Daging

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa protein hewani bisa meningkatkan resiko kanker, terutama kanker usus. Perbanyaklah protein nabati yang bisa kamu dapatkan dari kacang-kacangan dan biji-bijian. Batasi juga konsumsi protein hewani 1 kali saja dalam sehari, terutama daging olahan yang resikonya lebih tinggi.

5. Cukup Tidur

Tidur

Beberapa studi membuktikan jika kurang tidur dapat memperbesar resiko terkena kanker tertentu, seperti kanker payudara. Salah satu teori menyatakan jika tekanan pada melatonin di malam hari akan memicu pertumbuhan sel-sel kanker. Hal itu tidak akan terjadi kalau kamu tidur setidaknya 7 jam setiap malam.

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy