Kawaii Beauty Japan

Makeup

6 Kesalahan dalam Merawat Kuku yang Perlu Kamu Ketahui

Saat ini, banyak sekali nail art keren yang bisa kamu buat sendiri dengan bermodalkan beberapa warna cat kuku. Namun, ada hal yang lebih penting, yaitu menghindari kesalahan dalam merawat kuku.

Santi Berlinawati

Bagi wanita, semua bagian tubuh sangat penting untuk selalu dijaga dan dirawat agar tetap menarik. Salah satu bagian tubuh yang penting untuk dirawat adalah kuku. Kuku yang sehat dapat membuat tanganmu tampak cantik. Merawat kuku sama pentingnya dengan merawat kulit dan rambut karena kuku yang terawat dapat menunjukkan kesehatan dan kebersihan pemiliknya.

Manicure adalah perawatan yang seringkali dilakukan oleh wanita untuk mempercantik kuku, sehingga jari-jarimu menjadi lebih indah. Jika kamu sering merawat kukumu, pasti kamu mengetahui bahwa untuk merawatnya tidak mudah dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Nah, untuk itu kamu perlu mengetahui kesalahan-kesalahan apa saja yang malah membuat kukumu malah menjadi rusak. Apa saja? Yuk, simak selengkapnya, ladies!

6 Kesalahan dalam Merawat Kuku yang Perlu Kamu Ketahui

Jangan sampai kamu melakukan kesalahan-kesalahan ini ketika merawat kukumu ya, ladies.

1. Mengelupas Cat Kuku Gel

Nail art

Jangan pernah mengupas cat kuku gel-mu karena hal itu juga akan menghilangkan lapisan tipis terluar pada kuku, yang bisa membuatnya berlubang dan baru bisa pulih lagi setelah berbulan-bulan. Selain itu, karena lapisan terluarnya akan rusak, cat kuku baru yang kamu pakai pun tidak akan awet. Untuk menghilangkan cat kuku, gunakanlah acetone.

Pertama-tama, gunakan cuticle oil pada kukumu agar lembap. Kemudian rendamlah kuku di dalam aceton selama 10 menit. Setelah itu, gunakan cuticle pusher untuk mendorong dan menghilangkan cat kuku.

2. Mengikir Kuku Secara Bolak Balik

Mengikir kuku

Sumber: Beautyhealth-tips

Mengikir kuku secara bolak balik justru dapat membuat bagian tepi kukumu rusak, bukannya halus. Selain itu, akan lebih susah bagimu untuk mendapatkan bentuk yang kamu inginkan, apakah itu oval, persegi, atau bulat. Mengikir kuku secara bolak-balik dan kasar juga bisa membuat kuku trauma, sehingga lebih rapuh.

Cara yang lebih tepat untuk mengikir kuku adalah dengan mengikir dari bagian samping kuku ke tengah dengan gerakan satu arah. Kemudian angkat kikir dan kembali lagi mulai dari samping. Jika sudah selesai, pijatkan oil pada tepi kuku agar kuku lembap.

3. Mengecat Kuku yang Berminyak

Mengecat kuku

Minyak memang cukup membantu melembabkan dan menyehatkan kuku. Namun, kalau kamu ingin mengecat kuku, sebaiknya pastikan jika kukumu sudah bebas minyak. Kuku yang berminyak akan membuat cat kuku tidak dapat bertahan lama. Jadi, bersihkan kuku terlebih dahulu dari minyak, dan keringkan sebelum mengecatnya. Baru mulai gunakan base coat, cat kuku utama, dan top coat.  

4. Mengocok Cat Kuku

Mengocok cat kuku

Cat kuku yang sudah lama tidak dipakai akan memperlihatkan bahannya yang terpisah di dalam botol. Untuk mencampurkannya kembali, jangan mengocok botolnya. Pegang botol cat kuku menggunakan dua telapak tangan, dan gulungkan. Mengocok cat kuku akan menimbulkan gelembung-gelembung udara, yang akan terlihat ketika kamu menggunakannya pada kuku.

5. Menggunakan Kapas untuk Menghilangkan Cat Kuku

Menghilangkan cat kuku

Apa salahnya menggunakan kapas untuk menghilangkan cat kuku? Kapas lebih riskan meninggalkan sisa-sisa serabut pada kuku yang bisa merusak hasil manicure-mu. Sebagai gantinya, gunakanlah paper towel yang tidak akan meninggalkan sisa-sisa serabut seperti kapas.

6. Melapisi Terlalu Tebal

Terlalu tebal

Sumber: Ngamdee-cotton

Mengecat kuku berkali-kali bukan cara terbaik untuk mendapatkan hasil yang halus. Justru, cat kukumu akan terlihat tidak rata dan terkadang menggelembung. Gunakan saja dua kali lapisan agar hasil cat kukumu terlihat cantik. Pastikan juga cat kuku sudah kering sebelum memberikan lapisan berikutnya, sehingga cat kuku benar-benar terkunci pada kuku. Kamu bisa memulai dari jari kelingking kiri menuju kelingking kanan. Begitu kamu sudah sampai di kelingking kanan, artinya sudah aman bagimu untuk memulai lagi dengan lapisan kedua.

Bagaimana, ladies? Agar menghindari kesalahan-kesalahan ini, kukumu pun akan terlihat semakin indah lho. Selamat mencobanya!

Tagged in:
Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait