Foto 6 Cara Merawat Kulit Wajah yang Salah

6 Cara Merawat Kulit Wajah yang Salah

Foto Wikan Saputri
Wikan Saputri
Contributor
Eits, stop melakukan 6 kesalahan saat merawat kulit berikut ini, ladies!

Kesehatan dan kecantikan kulit memang menjadi perhatian khusus bagi setiap wanita. Baik remaja maupun dewasa tentu berlomba untuk mencari perawatan terbaik untuk kulit mereka. Tapi, tahukah kamu bahwa ada beberapa kesalahan yang secara tidak sadar sering kita lakukan saat merawat kulit? Bukannya membuat kulit lebih sehat dan cantik, kesalahan yang tidak sengaja kamu lakukan ini bahkan bisa berakibat merusak wajahmu lho, ladies.

Alasan wanita melakukan perawatan kulit wajah tentunya adalah untuk membuat kulitnya menjadi lebih cantik lagi. Sayangnya kesalahan dalam merawat wajah sering kali menjadi kebiasaan karena dianggap sebagai cara merawat kulit wajah yang tepat. Nah, agar kamu tidak membuat kesalahan dalam merawat kulit wajah kamu, yuk simak!

6 Cara Merawat Kulit Wajah yang Salah

Berikut ini akan dibahas beberapa kesalahan yang sering kita lakukan saat merawat kulit yang perlu kamu perhatikan.

1. Menggunakan Produk Berbahan Dasar Alkohol untuk Kulit yang Rentan Jerawat

Cara merawat kulit wajah yang salah

Biasanya kesalahan ini sering terjadi pada pemilik kulit berminyak yang rentan jerawat dan beranggapan bahwa membasmi minyak wajah penyebab jerawat dengan menggunakan alkohol terlihat masuk akal. Sebenarnya minyak di wajah bisa dikalahkan dengan alkohol, tapi sebenarnya hal ini hanya berlaku saat kamu remaja dan hormonmu meningkat, ladies! Penggunaan produk alkohol di kulit malah akan meningkatkan resiko wajah menjadi iritasi dan kering karena tidak adanya minyak. Kondisi ini juga bisa membuat kulit wajah kamu menjadi lebih cepat tua lho.

2. Memencet Jerawat di Wajah

Memencet jerawat

Kesalahan yang sering kita lakukan ini memang sangat sulit untuk dihindari. Pasalnya, melihat jerawat yang timbul sering kali membuat kita risih dan ingin segera menghilangkannya dengan cara memencetnya hingga kempes. Tapi, tak jarang hal ini tidak membantu mengatasi peradangan kulit malah justru memperparah keadaannya. Selain itu, jika tangan yang kamu gunakan tidak bersih, maka akan berpotensi menjadi perantara bakteri menuju kulit wajahmu, ladies! Tak hanya itu, jerawat yang dipencet juga biasanya menimbulkan luka yang membekas dan sulit dihilangkan lho.

3. Sering Gonta-Ganti Produk Perawatan Kulit

Merawat kulit

Kamu pasti pernah mendengar ungkapan bahwa kamu harus rutin mengganti produk perawatan kulitmu secara rutin agar kulitmu tidak kebal terhadap produk perawatan kulit tersebut. Sebenarnya pernyataan tersebut salah lho, ladies.

Faktanya kalau kamu cocok menggunakan satu produk, jangan berganti ke produk lain. Jika kamu merasa fungsi produk kepercayaanmu pada kulit tidak sama dengan sebelumnya, tak berarti produk itu tidak cocok dengan kulitmu. Bisa jadi ada sesuatu yang berubah dari kulitmu, seperti stres yang meningkatkan timbulnya jerawat dan lain sebagainya. Jadi,  tetaplah setia dengan produk keparcayaanmu, ladies!

4. Langsung Mengaplikasikan Moisturizer Setelah Menggunakan Serum

Moisturizer

Kesalahan yang satu ini sebaiknya kamu hentikan sekarang juga, ladies! Pasalnya, serum yang kamu oleskan pada permukaan kulitmu sebenarnya membutuhkan waktu untuk meresap ke lapisan kulit yang lebih dalam untuk mendapat hasil yang maksimal. Jika kebiasaan mengaplikasikan moisturizer langsung setelah menggunakan serum kamu lakukan, maka serum tak akan merasuk dengan optimal. Biasakan untuk menunggu 3 menit untuk mengaplikasikan moisturizer, ya ladies!

5. Menggunakan Tisu Basah Setiap Hari

Tisu basah

Tisu basah untuk membersihkan wajah memang sangat disayangkan lho, ladies! Penggunaannya untuk sesekali memang akan sangat praktis untuk dibawa kemana saja. Kamu boleh menggunakannya sekali ataupun dua kali saat berada di perjalanan. Tapi kebanyakan dari kita menjadi ketergantungan bahkan menggunakannya setiap hari. Padahal, tisu basah yang banyak mengandung zat kimia dan alkohol ini berpotensi membuat kulitmu menjadi kering dan kusam, lho! Tidak hanya itu, formula alkoholnya juga bisa membuat kulit wajah menjadi lebih cepat tua.

6. Terlalu Sering Melakukan Eksfoliasi Kulit

Eksfoliasi kulit

Cara merawat kulit dengan menggunakan masker eksfoliasi kulit memang sangat penting untuk mengangkat bakteri dan kulit mati dari permukaan wajah. Tapi, hal ini bukan berarti boleh dilakukan sesering mungkin. Hal yang baik pun akan menjadi buruk jika kamu melakukannya dengan berlebihan. Terlalu banyak eksfoliasi kulit akan membuat permukaan kulitmu rentan akan iritasi dan kekurangan minyak alami. Sebaiknya lakukan eksoflasi maksimal dua kali dalam seminggu, ladies! Jangan berlebihan, ya!


Nah, itu dia cara merawat kulit yang secara tidak sadar kita lakukan saat merawat kulit sangat penting untuk diperhatikan, ladies! Yuk, mulai sekarang kita hentikan kesalahan-kesalahan di atas demi kulit yang lebih sehat dan cantik!

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Kulitmu Terlindungi, Beragam Hadiah Siap Kamu Miliki!

Kulitmu Terlindungi, Beragam Hadiah Siap Kamu Miliki!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Tiff Body Luncurkan Scrub yang Vegan dan Cruelty Free

Tiff Body Luncurkan Scrub yang Vegan dan Cruelty Free

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Segera Lindungi Kulitmu Dari Bahaya Sinar UV!

Segera Lindungi Kulitmu Dari Bahaya Sinar UV!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Sukin: Natural Skincare Asal Australia Telah Hadir Di Indonesia

Sukin: Natural Skincare Asal Australia Telah Hadir Di Indonesia

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Sebotol Nutrisi Untuk Wajahmu Dalam Satu Sheet Mask

Sebotol Nutrisi Untuk Wajahmu Dalam Satu Sheet Mask

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani