Kawaii Beauty Japan

Makeup

5 Alasan Kenapa Makeup Wajah Kamu Tidak Tampak Sebagus yang Kamu Inginkan

Sering kesal karena hasil makeup-mu tak bisa sebagus makeup cewek-cewek lain yang kamu lihat di Youtube atau Instagram? Mungkin kamu sudah melakukan 5 kesalahan ini tanpa menyadarinya.

Santi Berlinawati

Bagi wanita, tidak lengkap rasanya jika kamu tidak menggunakan makeup sebelum keluar rumah. Berbagai macam makeup sering kamu gunakan untuk membuat wajahmu menjadi lebih cantik. Namun, terlalu banyak makeup bisa membuat makeup menjadi lebih cakey, sehingga penampilanmu menjadi tidak maksimal.

Kamu pasti merasa sia-sia telah meluangkan waktu untuk memakai makeup di pagi hari namun ternyata hasil makeup-nya tidak sebagus yang kamu inginkan. Sebenarnya hasil makeup yang buruk tidak mesti dipengaruhi oleh makeup yang murah karena makeup yang murah pun bisa menjadi bagus jika kamu mengaplikasikannya dengan tepat. Lalu apa saja alasan makeup wajah yang kamu gunakan tidak sebagus yang kamu gunakan? Yuk, simak!

5 Alasan Kenapa Makeup Wajah Kamu Tidak Tampak Sebagus yang Kamu Inginkan

Coba perhatikan cara ini agar makeup murah kamu tetap bisa terlihat mahal, ladies!

1. Kamu Tidak Memperhatikan Kulitmu dengan Seharusnya

Moisturizer

Hasil makeup yang bagus bermula dari kondisi kulit yang sehat, jadi pastikan kamu selalu merawatnya dengan baik. Bersihkan dengan rutin, dan pakailah produk-produk untuk mengatasi masalah kulitmu, seperti kulit kering, jerawat, berminyak, dan lain sebagainya. Kemudian, siapkan kulitmu dengan memakai pelembab beberapa menit sebelum mengaplikasikan makeup. Pelembab akan menahan makeup lebih kuat. Bagi yang kulitnya berminyak, pilihlah moisturizer yang lebih ringan dan oil-free. Jangan lupa juga pakai primer, termasuk primer untuk kelopak mata.

2. Kamu Menggunakan Alat yang Salah

Makeup brush

Kalau kamu masih menggunakan sponge applicator yang biasanya disediakan di dalam palet eyeshadow, kini saatnya untuk membuangnya. Alat tersebut sebenarnya bukannya mempermudah, malah semakin menyusahkan. Alat yang lebih tepat untuk mengaplikasikan eyeshadow adalah makeup brush. Oleh sebab itulah penting sekali untuk mengoleksi makeup brush. Setidaknya, kamu harus mempunyai blusher brush, medium shadow brush, crease brush, angled brush untuk eyeliner atau brow powder, serta beautyblender atau foundation brush untuk mengaplikasikan foundation.

3. Kamu Menggunakan Formula yang Salah

Cream eyeshadow

Lipstik tak harus berbentuk stick, eye shadow pun tak harus berbentuk powder. Saat ini tersedia berbagai macam formula makeup, manakah yang cocok untukmu? Sebagai gambaran umumnya, formula powder bersifat lebih kering dan matte sehingga cocok untuk kulit berminyak. Powder juga memungkinkanmu untuk mengaplikasikan warna dengan lebih presisi. Sementara itu formula cair dan cream dapat membantu melembabkan kulit kering.

Formula cream juga memberikan efek dewy dan muda, itulah kenapa eyeshadow bernuansa shimmery cream sangat disarankan untuk kulit dewasa. Cara memakainya pun lebih mudah dan biasanya lebih bagus dipakai menggunakan jari. Sedangkan formula gel dan pomade lebih susah digunakan, namun memberikan hasil yang lebih tahan lama.

4. Kamu Menggunakan Warna yang Salah

Warna kemerahan

Warna makeup yang sedang tren belum tentu cocok untuk kulit semua orang. Lipstik merah menyala mungkin terlihat seksi untuk seorang cewek, namun bisa jadi lipstik yang sama membuat wanita lain menjadi tampak lebih tua. Jadi jangan asal ikut-ikutan. Memang perlu bereksperimen untuk menemukan warna yang cocok untuk kulitmu. Tapi begitu menemukannya, hal itu akan sangat membantumu dalam ber-makeup.

5. Kamu Melupakan Detail

Primer

Untuk urusan makeup, detail kecil bisa membuat perubahan yang sangat besar. Ada 3 hal yang harus kamu perhatikan, yaitu base, blusher, dan alis. Base atau makeup dasar adalah hal pertama yang harus kamu perhatikan karena inilah yang akan menentukan hasil makeupmu selanjutnya. Gunakan primer, foundation, powder, dan concealer sesuai dengan kebutuhanmu.

Jangan lupa perhatikan detail-detail, seperti primer untuk mata. Hal kedua yang terpenting adalah blusher karena dengan sentuhan blush, wajahmu akan tampak jauh lebih muda dan cerah dan yang ketiga adalah brows atau alis karena bentuk alis yang bagus akan membingkai wajahmu dengan sempurna. Tren alis yang lebih tebal dan alami seperti sekarang ini, karakter wajahmu pun akan tampak semakin kuat.

Selain itu, perhatikan juga apakah makeup-mu sudah kadaluarsa atau belum karena hal itu juga akan mempengaruhi hasilnya.

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait