Kawaii Beauty Japan

Makeup

6 Hal Penyebab Kamu Masih Tidak Puas dengan Hasil Makeup Wajah Buatanmu

Terkadang kamu menyewa make up artist karena kamu merasa tidak percaya diri dengan hasil make up kamu, ladies?

Hikma Adriani

Makeup dan wanita memang tidak bisa dipisahkan. Jatuh cinta dengan makeup memang seringkali tidak bisa dihindari. Untuk bisa mengaplikasikannya dengan tepat, tidak jarang kamu menghabiskan waktu beberapa jam untuk menonton tutorial makeup di instagram, youtube, dan sosial media lainnya. Cara tersebut kamu gunakan demi mendapatkan hasil makeup terbaik.

Meskipun begitu, terkadang kamu masih saja merasa hasil makeup kamu tidak bagus dan kam menyalahkan tutorial makeup wajah tersebut. Hmm, sebenarnya ada beberapa alasan lho yang membuat hasil makeup kamu menjadi tidak bagus. Apa saja penyebabnya? Yuk, simak!

6 Hal Penyebab Kamu Masih Tidak Puas dengan Hasil Makeup Wajah Buatanmu

Perhatikan hal-hal ini agar hasil makeup kamu lebih bagus lagi, ladies!

1. Tidak Memperhatikan Kulit

Perawatan kulit

Ini adalah hal yang paling harus kamu perhatikan sebelum ber-makeup. Kulit itu harus sangat teramat dijaga lho ladies, karena kulit yang sehat akan membuat hasil makeup-mu sesuai dengan harapan dan kamu tidak akan kecewa lagi dengan makeup sendiri.

Kalau kamu mempunyai kulit bermasalah seperti jerawat, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Kemudian persiapkan kulitmu sebelum makeup, pastikan kulitmu dilembabkan dengan produk kecantikan yang cocok dengan kulitmu beberapa menit sebelum makeup. Kulit yang lembab akan membuat hasil makeup-mu lebih oke, karena tidak akan terlihat kering dan patch bersisik.

2. Penggunaan Alat yang Salah

Brush makeup

Kamu pasti sudah sering mendengar kalau kuas makeup adalah kunci untuk hasil makeup yang lebih baik. Memang, untuk memiliki kuas makeup yang bagus itu cukup membuat dompetmu kering seketika, tapi kalau untuk investasi tidak ada salahnya kan?

Bisa juga kalau kamu belum siap untuk membeli kuas yang bagus dan bisa membuat dompetmu kering, coba utamakan kuas yang bagus untuk blush on, eyeshadow, angled brush untuk liner atau brow powder, dan kuas yang akan membantumu memakai foundation.

3. Formula yang Salah

Bedak

Secara umum powder akan lebih terkesan kering dan bekerja lebih baik pada kulit yang berminyak, sementara cairan dan krim dapat membantu kulit kering terhidrasi. Nah ladies, kamu harus memilih mana yang cocok untukmu. Untuk hasil akhir, powder terutama untuk eyeshadow dan blush on akan membuat hasil makeup-mu lebih lembut dan memiliki warna yang lebih baik. Dan kalau krim cenderung memberikan efek lembab.

4. Menggunakan Warna yang Salah

Makeup

Pasti kamu mempunyai warna favorit untuk semua outfits-mu, termasuk kalau ada baju yang tidak disukai kamu pasti akan menolak untuk memakainya. Nah, sama halnya dengan kulitmu, ladies. Mereka juga tidak nyaman saat kamu mengaplikasikan warna makeup yang tidak sesuai dengan kulitmu. Jadi, kamu harus mengetahui dulu bagaimana jenis warna kulitmu dan warna makeup yang sesuai.

5. Melupakan Detail Makeup

Detail makeup

Sebagian dari kamu mungkin sudah mengetahui detail-detail yang harus kamu perhatikan ketika ber-makeup. Tapi, detail makeup yang paling penting itu ada di bagian dasar makeup, blush on, dan alis.

6. Tidak Memperhatikan Tanggal Kadaluarsa

Perawatan kulit

Kamu harus lebih berhati-hati ketika memilih makeup, dan selalu perhatikan tanggal kadaluarsa makeup tersebut. Hal ini sangat mempengaruhi hasil makeup kamu nanti. Terutama perhatikan tanggal kadaluarsa makeup untuk mata kamu yang sensitif. Salah satunya adalah maskara, kalau terlalu lama maskara bisa menjadi tempat untuk berkembang biaknya kuman lho. Makanya ladies, kalau maskara kamu tidak habis dalam waktu 3 bulan, lebih baik kamu membeli maskara yang baru saja.

 

Hikma Adriani
Mahasiswa jurusan Akuntansi yang merangkap sebagai barista. Sangat suka dengan budaya Jepang.
Share this article

Artikel Terkait