Foto Perlu Tahu! 5 Perawatan Tubuh Ini Rupanya Hanyalah Mitos Belaka

Perlu Tahu! 5 Perawatan Tubuh Ini Rupanya Hanyalah Mitos Belaka

Foto Hikma Adriani
Hikma Adriani
Contributor
Perawatan rambut dengan mayonaise benar-benar bisa membuat rambut berkilau atau hanya mitos ya, ladies?

Kamu sebagai wanita pasti seringkali melakukan perawatan terhadap tubuhmu. Salah satu perawatan yang paling mudah dan seringkali dilakukan oleh wanita adalah menggunakan bahan-bahan alami. Bahan alami memang menjadi juara karena bahannya yang tidak memiliki efek samping terhadap tubuh, mudah didapatkan, dan tetap bisa membuahkan hasil yang kamu inginkan. Perawatan alami yang seringkali dilakukan oleh kebanyakan wanita adalah perawatan untuk kulit dan rambut.

Sebenarnya, tahukah kamu bahwa meskipun kamu menggunakan bahan alami, bahan-bahan tersebut tetap bisa lho merusak tubuh kamu karena bahan-bahan yang dikandungnya terlalu abrasif. Kamu pasti sudah sering mendengar perawatan tubuh melalui bahan-bahan alami. Namun, tidak semua bahan yang dikandungnya bagus untuk tubuh lho. Nah, agar kamu tidak membuat tubuhmu menjadi semakin rusak, kamu perlu mengetahui bahan-bahan mana saja yang malah akan berbahaya terhadap tubuhmu. Yuk, simak!

5 Perawatan Tubuh Ini Sebaiknya Tidak Kamu Lakukan karena Hanyalah Mitos

Tidak semua yang beredar dengan viral itu bisa kamu percaya lho, ladies. Kamu perlu mengetahui kebenarannya.

1. Mayones Bisa Membuat Rambut Lebih Tebal

Mayones

Faktanya: Ketebalan rambut itu ditentukan oleh ukuran folikel. Semakin kecil folikelnya, semakin tipis rambutmu dan sebaliknya. Hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya tidak bisa membuat rambut tubuh menjadi lebih lebat.

Mayones di sisi lain, memang mengandung minyak dan protein yang bisa membantu melembapkan karena mengandung minyak, sehingga rambut jadi terlihat lebih halus dan berkilau seperti memakai conditioner. Tapi, siapa sih yang ingin memakai mayones di kepala dan membiarkan rambutnya jadi beraroma mayones Apalagi jika terkena kulit kepala. Beberapa orang yang mencoba cara ini melaporkan bahwa kulit kepala mereka jadi alergi dan iritasi.

2. Air Panas Bisa Membuka Pori

Air panas

Faktanya: Pori-pori itu sebetulnya tidak responsif terhadap temperatur. Panas mungkin bisa menyebabkan lapisan atas kulit membengkak, sehingga pori-pori jadi terlihat terbuka. Padahal sebetulnya tidak.Pori-pori tidak bisa dengan mudahnya membuka dan menutup hanya karena temperatur suhu. 

Meskipun begitu, uap panas bisa membantu melonggarkan sebum dan kotoran yang terjebak di dalam pori, sehingga jadi lebih mudah untuk dibersihkan. Setelah dibersihkan, pori-porimu kelihatannya jadi lebih kecil (padahal itu hanya karena kotorannya sudah dibersihkan, bukan porinya yang mengecil).

3. Kantung Teh Bisa Mengatasi Kantung Mata

Kantung teh

Faktanya: Teh itu dikenal memiliki kandungan bioflavonoids, tannins, antioksidan serta bahan-bahan yang fungsinya hampir menyerupai kafein. Meskipun begitu, jika dipakai secara topikal, sulit untuk mengetahui takaran yang tepat untuk memaksimalkan efeknya. Berapa banyak yang kadarnya diserap oleh kulit? Kita tidak tahu pasti. Selain itu ada resiko iritasi dan alergi karena teh juga mengandung komponen lain yang tidak diketahui pastinya.

4. Mencukur Bisa Membuat Bulu jadi Tumbuh Lebih Tebal

Alis

Faktanya: Banyak dari kita yang mencukur alis dengan harapan akan tumbuh lebih tebal. Padahal, mencukur bulu itu tidak akan mengubah kecepatan pertumbuhan atau ketebalan bulu itu sendiri. Bulunya jadi terlihat lebih tebal karena mereka tumbuh disaat yang bersamaan dan berada di fase pertumbuhan yang sama. Padahal, hasilnya akan tetap sama seperti sebelumnya.

5. Kamu Harus Mencuci Wajah Dua Kali dalam Sehari

Mencuci wajah

Faktanya: Hal tersebut salah. Menurut Jessica Wu, MD, seorang dermatologist asal Amerika Serikat, kecuali kamu habis menggunakan krim malam yang berat dan produk-produk wajah yang membuat berminyak, kamu tidak perlu mencuci wajahmu setiap pagi. Kamu hanya perlu membilas wajahmu dengan air saja di pagi hari. Namun, untuk di malam hari, sangat penting untuk mencuci wajah dengan menggunakan sabun muka agar mengangkat polusi maupun minyak dan kotoran di wajah.


Nah, itu dia mitos perawatan tubuh yang perlu kamu ketahui, ladies. Jangan lagi terlalu percaya dengan semua hal yang viral ya, karena tidak semuanya dapat kamu percaya.

Artikel Selanjutnya

Foto Hikma Adriani

Hikma Adriani

Mahasiswa jurusan Akuntansi yang merangkap sebagai barista. Sangat suka dengan budaya Jepang.

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini