Foto 5 DIY Toner Pembersih Wajah Alami yang Aman untuk Semua Jenis Kulit

5 DIY Toner Pembersih Wajah Alami yang Aman untuk Semua Jenis Kulit

Foto Wikan Saputri
Wikan Saputri
Contributor
Sering merasa tidak cocok dengan toner kamu? Kenapa kamu tidak membuatnya sendiri?

Kamu sebagai wanita, pasti sudah sering membersihkan wajah dengan sabun muka dan cleanser pembersih wajah. Tidak hanya cukup sampai situ saja, membersihkan wajah juga membutuhkan toner sebagai salah satu produk skin care yang tidak kalah penting. Hal ini karena manfaat toner tidak hanya untuk membersihkan wajah sama, namun bisa menjaga kelembapannya serta menstabilkan pH di kulit wajah agar keasaman kulit wajah tetap bisa dikontrol.

Saat ini sudah banyak toner yang dijual di pasaran, tapi kamu sebenarnya juga bisa membuat toner alami sendiri di rumah lho, ladies! Tapi, tidak semua toner wajah bisa cocok terhadap sema jenis kulit lho, ladies. Jika selama ini kamu selalu kesulitan untuk mencari toner yang cocok denganmu, nah kamu bisa lho membuat toner sendiri dengan bahan-bahan alami. 

5 Bahan Alami yang Bisa Menjadi Bahan DIY Toner Pembersih Wajah Kamu

Daripada kamu memakai bahan kimia yang berbahaya untuk kulit wajahmu, sebaiknya kamu menggunakan bahan-bahan alami ini lho, ladies!

1. Teh Hijau

Teh hijau

Teh hijau memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk tubuh dan kecantikan kulit. Kandungan antioksidan yang tinggi pada teh hijau pun dipercaya dapat memutihkan kulit secara efektif. Cara membuat toner dengan menggunakan teh hijau pun cenderung mudah. Kamu hanya perlu menyeduh dua kantung teh hijau dalam air mendidih, kemudian diamkan hingga mendingin. Setelah itu, masukkan ke dalam botol spray dan simpan selama satu jam di lemari es. Sebenarnya toner ini bisa langsung digunakan, tapi hasilnya akan lebih maksimal setelah didinginkan di lemari es selama satu jam. Tak hanya dapat memutihkan kulit wajah, toner teh hijau ini juga bisa kamu gunakan untuk memutihkan kulit tangan yang belang karena terpapar sinar matahari, lho ladies!

2. Mentimun

Timun

Tak hanya bisa dimanfaatkan sebagai masker yang membuat wajahmu tampak lebih segar dan awet muda, ternyata buah yang satu ini juga bisa kamu gunakan sebagai toner lho, ladies! Cara membuat toner mentimun juga cukup mudah. Kamu hanya perlu memarut atau melembutkan sebuah mentimun ukuran sedang, tambahkan sedikit air, lalu simpan di dalam botol spray dan masukkan ke dalam lemari es. Gunakan toner alami ini setiap hari menjelang tidur untuk hasil yang maksimal.

3. Air Mawar

Toner

Banyak produk toner yang menggunakan air mawar sebagai bahan dasar pembuatannya. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin A dan E yang sangat baik untuk mencerahkan kulit wajah. Cara membuat toner dari bunga mawar pun cenderung mudah. Kamu cukup menyediakan segelas air dan ½ gelas kelopak mawar. Rebus air dan mawar tersebut hingga airnya tersisa ½ gelas. Masukkan ke dalam botol spray dan simpan dalam lemari es sebelum digunakan. Kamu bisa menggunakan toner mawar di pagi dan malam hari sebelum tidur untuk hasil yang maksimal.

4. Cuka

Cuka

Cuka ternyata juga bisa kita manfaatkan sebagai toner lho, ladies! Kamu cukup mencampurkan cuka dengan sedikit air, kemudian aduk dan aplikasikan di wajah dengan menggunakan kapas. Diamkan selama lima menit kemudian bilas dengan menggunakan air hangat setelahnya. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap malam sebelum tidur untuk menghasilkan kulit yang lebih cerah dan lembut.

5. Pepaya

Pepaya

Selain baik digunakan sebagai bahan eksfoliasi kulit, ternyata toner pepaya juga bisa digunakan untuk melembutkan dan mencerahkan warna kulit, ladies! Kandungan papain, vitamin A, C, dan E nya pun baik untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit wajah. Cara membuat toner dengan menggunakan papaya ini pun mudah. Kamu hanya perlu membuat jus pepaya kemudian mengoleskannya ke seluruh permukaan wajah dan membilasnya setelah kering.


Nah, itulah beberapa jenis toner alami untuk pembersih wajah yang bisa kamu buat di rumah, ladies! Selain mudah dibuat dan efektif, toner buatanmu ini juga lebih aman digunakan lho! Tertarik untuk mencoba?
 

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Sebotol Nutrisi Untuk Wajahmu Dalam Satu Sheet Mask

Sebotol Nutrisi Untuk Wajahmu Dalam Satu Sheet Mask

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Cerah Seketika dengan Let it Glow Mask dari Everwhite!

Cerah Seketika dengan Let it Glow Mask dari Everwhite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Feel The New You With Wardah

Feel The New You With Wardah

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Peluncuran Produk Dr.Jart+ Cicapair dengan Tiger Grass

Peluncuran Produk Dr.Jart+ Cicapair dengan Tiger Grass

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani