Foto Apa Sih Matsuri Itu? Yok Belajar Bareng-Bareng!

Apa Sih Matsuri Itu? Yok Belajar Bareng-Bareng!

Yuk mengenal lebih dekat tentang festival musim panas di Jepang. Apa itu Matsuri serta benda-benda yang identik dengan festival di Jepang! Mari baca!

Tidak terasa, untuk negara dengan empat musim, saat ini sudah mendekati datangnya musim panas. Musim panas sendiri identik dengan keriangan dan kegembiraan. Hal ini karena banyaknya perayaan dan festival yang ada saat itu. Nah, yuk mengenal festival musim panas di Jepang bersama-sama!

Festival Musim Panas di Jepang

Apa sih Matsuri?

Untuk kalian yang menyukai budaya Jepang pasti tidak asing dengan kata Matsuri. Apakah kamu tahu apa itu matsuri? Dalam bahasa Jepang, matsuri artinya berdoa.

Dalam agama Shinto, matsuri merupakan upacara keagamaan dengan persembahan ritual untuk ‘Kami’. ‘Kami’ sendiri merupakan dewa dalam agama Shinto.

Akan tetapi, secara sekuler, banyak yang menganggap matsuri sebagai festival, pesta rakyat, atau pekan raya. Dewasa ini, banyak matsuri yang dilaksanakan sebagai upacara keagamaan tapi banyak juga matsuri uang dibuat tanpa ada unsur keagamaan atau bersifat sekuler.

Apa Saja yang Bisa Dilakukan saat Matsuri?

Satu yang hampir selalu ada dalam matsuri Jepang adalah prosesi arak-arakan. Prosesi ini melibatkan mikoshi, dashi (danjiri), dan yatai. Ketiganya adalah nama kendaraan kami.

Perayaan matsuri memiliki banyak tujuan yang berbeda-beda tergantung jenisnya, seperti mendoakan keberhasilan tangkapan ikan dan panen, kesembuhan dan kekebalan terhadap penyakit, untuk merayakan tradisi yang berkaitan dengan pergantian musim atau mendoakan arwah tokoh terkenal dan sebagainya.

Benda yang Identik dengan Matsuri

Mikoshi

Ini adalah kendaraan yang dinaiki oleh dewa dari agama Shinto. Biasanya warga di lingkungan sekitar kuil berkumpul dalam jumlah besar sambil mengangkat mikoshi selama matsuri. Mereka berparade sampai ke kuil dengan semangat tinggi sambil berseru “Wasshoi, Wasshoi“.

Uchiwa

Uchiwa adalah salah satu kipas ala kepang yang terbuat dari washi (kertas Jepang) yang direkatkan pada kerangka yang terbuatdari bambu. Krena musim panas di Jepang sangat panas, orang-orang pun sering menggunakan uchiwa untuk mengusir panas.

Yukata

Yukata merupakan pakaian tradisional Jepang yang dikenakan saat mengikuti festival kembang api dan festival lainnya. Yukata polos umumnya digunakan oleh para pria, sementara untuk wanita desainnya cukup bervariasi seperti bunga, dedaunan, dan lain-lain. Warna yang digunakan juga bervariasi dan umumnya berwarna cerah.

Bagaimana, tertarik untuk mengikuti matsuri? Tenang, kamu tidak perlu ke Jepang untuk merasakannya, datang saja keEnnichisai tanggal 24-25 Mei 2014 di Blok M Square! Disana, banyak sekali kegiatan serupa dengan matsuri di Jepang. See you!

Tags:

Foto Istiarina Putri

Istiarina Putri

Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini