Foto Kesalahan Mencuci Muka yang Tidak Kamu Sadari

Kesalahan Mencuci Muka yang Tidak Kamu Sadari

Ternyata 6 cara membersihkan muka ini bisa membuat kulit menjadi rusak lho.

Wajah cerah dan bebas jerawat adalah dambaan semua wanita. Hal ini karena wajah menunjukkan penampilan seseorang secara keseluruhan. Namun, memang tidak mudah untuk merawat wajah agar terbebas dari masalah komedo, jerawat, bekas jerawat, vlek hitam dan lain sebagainya. Hal yang paling umum untuk dilakukan demi mendapatkan wajah yang bersih dan cerah adalah dengan rajin mencuci muka.

Mencuci muka memang tampaknya sangat mudah karena umum untuk dilakukan. Kamu hanya perlu menggunakan sabun muka lalu mengaplikasikannya ke seluruh wajah untuk dibilas. Benar begitu? Tidak juga. Sebenarnya mencuci muka tidak semudah itu lho, ladies. Berikut adalah kesalahan mencuci muka yang perlu kamu ketahui agar wajahmu bisa terbebas dari jerawat.

1. Terlalu Sering Mencuci Muka

Mencuci muka

Normalnya, kita hanya perlu mencuci muka dua kali dalam sehari. Di pagi hari dan di malam hari setelah beraktivitas. Namun, kita juga perlu menyesuaikan dengan kondisi kulit kita. Jika kulitmu adalah jenis kulit sensitif sebaiknya kamu hanya perlu mencuci wajahmu sekali saja setelah beraktivitas.

Ingatlah untuk tidak mencuci muka terlalu sering karena hal tersebut dapat menyebabkan iritasi dan kulit menjadi kehilangan kelembapannya.

2. Mencuci Muka dengan Sabun yang Terlalu Kasar

Mencuci muka

Saat ini sudah banyak sabun muka yang memiliki formula scrub sehingga jika kamu ingin melakukan scrub pada wajahmu menjadi lebih praktis. Seringkali banyak orang yang melakukan scrub wajah sangat kasar dengan harapan dapat mengangkat sel-sel kulit mati, padahal hal itu justru bisa membuat wajah menjadi iritasi dan kulit bisa menjad terkelupas karena butir-butir scrub-nya.

Sebaiknya jangan terlalu sering melakukan scrubbing. Untuk kulit berminyak dan normal lakukanlah scubbing dua kali dalam seminggu. Untuk kulit kering, lakukanlah hanya satu kali dalam seminggu. Kamu juga perlu memperhatikan butir scrub yang terkandung. Jangan gunakan scrub yang terlalu kasar untuk wajahmu.

3. Menggunakan Handuk Muka untuk Mencuci Muka

Cara mencuci muka yang salah

Terkadang, kita menginginkan wajah untuk bisa lebih cerah sehingga kita mengganggap bahwa untuk mencuci muka diperlukan handuk muka ataupun sikat wajah. Diharapkan, penggunaan alat bantu ini dapat mengangkat sel kulit mata sehingga kulit lebih cerah dan jerawat serta komedo bisa segera bersih.

Sebenarnya kamu tidak membutuhkan alat bantu apapun untuk membersihkan wajah karena wajah perlu diperlakukan dengan lembut.

4. Ikut-Ikutan dalam Memilih Sabun Muka

Pond's Acne Solution Daily Expert Gel Moisturizer

Hal ini adalah salah satu hal yang sering dilakukan oleh banyak orang. Ketika wajahmu sedang jerawatan, pasti kamu sering mencoba berbagai macam sabun muka untuk membuat wajahmu terbebas dari jerawat. Kamu mungkin sering mendapatkan rekomendasi dari temanmu mengenai sabun muka yang cocok dengannya. Namun ingat, sabun muka yang cocok dengan temanmu belum tentu juga cocok untukmu karena jenis kulit setiap orang berbeda.

Sebaiknya kamu menggunakan sabun muka yang cocok dengan semua jenis kulit seperti Pond’s Acne Solution Facial Foam. Kandungan Active Thymo-T Essence di dalamnya, merupakan inovasi terbaru yang bisa mengunci bakteri penyebab jerawat dengan Lock and Clear Technology sehingga bisa membuat #JerawatTamat di wajah kamu dalam waktu 3 hari. Untuk hasil yang optimal jangan lupa pakai Pond's Acne Solution Daily Expert Gel Moisturizer.

5. Mencuci Muka dengan Air yang Terlalu Panas

Mencuci muka

Banyak orang beranggapan bahwa mencuci muka sebaiknya menggunakan air hangat untuk membuka pori-pori agar sabun muka dapat membersihkan secara menyeluruh, kemudian bilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori tersebut. Anggapan ini adalah salah karena pori-pori tidak semudah itu untuk membuka dan menutup. Justru mencuci muka dengan air yang terlalu panas dapat menyebabkan gangguan kulit seperti rosacea dan kulit kemerahan.

Gunakanlah air hangat untuk melembutkan minyak yang membandel di pori-pori wajah lalu pijat lembut wajahmu agar sirkulasi darah di wajah menjadi lancar.

6. Memakai Toner yang Mengandung Alkohol

Cara mencuci muka yang salah

Toner memang bisa membuat pori-pori menjadi lebih kecil dengan menyeimbangkan pH di kulit wajah. Namun, pemilihan formula dalam toner juga perlu diperhatikan. Banyak orang menganggap bahwa alkohol dalam toner, baik untuk membunuh bakteri pada wajah sehingga wajah bisa menjadi tetap bersih. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah, namun penggunaan alkohol di wajah dapat membuat wajah kehilangan kelembapannya sehingga mempercepat penuaan pada wajah.


Nah, sudah tahu kan beberapa kesalahan yang bisa merusak kulit wajahmu? Yuk, hindari dan sambut kulit lebih berseri dengan langkah cuci wajah dan produk yang tepat!

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini