Foto Gorengan Bisa Tetap Sehat dengan 3 Tips Masak Berikut Ini!

Gorengan Bisa Tetap Sehat dengan 3 Tips Masak Berikut Ini!

Gorengan yang sehat? Bisa kok! Gorengan merupakan salah satu makanan yang tidak sehat. Tapi jika mengikuti tips ini gorengan bisa lebih sehat lho ladies!

Gorengan yang sehat? Mungkin gak sih?

Kehidupan sehari-hari kamu mungkin tidak lepas dari makanan yang digoreng. Ya, gorengan seperti sudah menjadi penganan wajib bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Sebenarnya tidak hanya disini, di beberapa negara lain pun, kuliner mereka dipenuhi dengan makanan yang digoreng juga. Tapi, apakah gorengan selalu tidak sehat? Ternyata ada tips supaya gorengan menjadi sehat. Yuk simak langkah-langkah memasak gorengan yang sehat!

Tidak  dapat dipungkiri, memasak dengan cara menggoreng memiliki dampak negatif bagi kesehatan. Mengapa? Hal ini karena proses menggoreng dapat mengurangi gizi dan mengakibatkan terjadinya proses kimia yang menghasilkan zat negatif dalam makanan. Menggoreng juga menyebabkan bertambahnya kandungan lemak jahat dalam makanan.

(BACA JUGA: Makan Gorengan Menyebabkan Kanker, Bener Gak Sih?)

Gorengan yang Sehat, Apa Bisa?

Menurut seorang ahli nutrisi dan penulis lepas di Travellers Dietition; Kara Landau, berikut beberapa tips menggoreng makanan agar lebih sehat.

1. Panaskan Minyak dengan Api Kecil hingga Sedang

Usahakan untuk selalu mengawali aktivitas menggoreng dengan menyalakan api kecil hingga sedang. Api yang terlalu panas hanya akan merusak kandungan gizi minyak dan makanan yang digoreng.

2. Campur dengan Minyak Sayur Lainnya

Saat memasak, cobalah sesekali untuk bereksperimen dengan mencampur minyak goreng biasa kamu dengan minyak sayur lainnya. Sebagai contoh, kamu bisa mencoba minyak alpukat. Minyak alpukat sendiri dikenal sebagai minyak yang paling tepat karena mampu melindungi minyak dari kerusakan akibat panas.

(BACA JUGA: Suka Minum Es Teh Manis? Hati-Hati! Bisa Bahaya buat Ginjal Lho!)

3. Simpan Minyak di Tempat yang Tertutup

Minyak umumnya akan teroksidasi apabila terpapar udara dan cahaya. Oleh karena itu, sebaiknya simpan minyak di tempat tertutup dan bebas dari sinar matahari karena dapat merusak kesegaran dan gizi di dalamnya.

 

Nah bagaimana ladies? Kamu tidak perlu khawatir lagi bila memang sedang ingin makan gorengan. Gorengan yang sehat bisa dicapai asal mengetahui cara yang tepat serta memasaknya sendiri di rumah. Tapi ingat, tentu proses masak seperti merebus, mengukus, dan memanggang merupakan proses yang jauh lebih sehat dibanding menggoreng.

Stay healthy!

Artikel Selanjutnya

Foto Istiarina Putri

Istiarina Putri

Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini