Foto 5 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Mudah Breakout

5 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Mudah Breakout

Foto Marga Apsari
Siapa sih yang suka dengan kemunculan jerawat?

Jerawat adalah salah stau masalah kulit yang paling mengganggu bagi semua orang, apapun jenis kulitnya. Jerawat ini bisa disebabkan oleh hormon tubuh atau kebiasaan jelek, seperti lupa membersihkan wajah sebelum tidur atau kesalahan dalam pemilihan produk kecantikan. Penanganan yang tepat sangat dibutuhkan agar jerawat bisa cepat hilang dan tidak meninggalkan bekas.

Saat wajah sedang breakout dan jerawat bermunculan, pastinya kamu merasa kesal. Apalagi jika jenis kulitmu adalah kering. Pasalnya, kebanyakan obat jerawat akan mengobati jerawat dengan cara mengeringkannya. Jika digunakan pada jenis kulit yang kering, bisa-bisa wajah malah akan semakin kering dan breakout semakin menjadi-jadi. Apakah kamu juga mengalami masalah ini, ladies?

5 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Mudah Breakout

Bukan berarti masalah ini tidak ada solusinya, lho. Jika kulit keringmu mengalami breakout, kamu bisa segera lakukan 5 trik ini agar tidak semakin menjadi-jadi:

1. Pilih produk untuk Kulit Kering atau Sensitif

Moisturizer untuk kulit kering

Sebaiknya, hindari produk-produk dengan konsentrasi yang tinggi. Carilah produk yang banyak mengandung air dan lebih lembut untuk kulit keringmu. Memang, kebanyakan produk anti-jerawat itu cukup keras. Jika kamu kesulitan mencari produk yang lembut, kamu bisa memotong waktu pengaplikasian produk. Jika kamu menggunakan masker anti jerawat yang ketentuan pemakaiannya adalah 15 menit, kamu bisa gunakan untuk 10 menit saja.

2. Uap Wajah

Menguapi wajah

Uap wajah atau face steaming dapat membuat wajahmu menjadi lembut dengan membuka pori-pori yang didiami bakteri penyebab jerawat. Kamu bisa lakukan ini di rumah, caranya adalah dengan merebus air, lalu letakkan di wadah. Dekatkan wadah tersebut pada wajah dan biarkan uap hangatnya mengenai wajahmu. Kamu bisa meletakkan handuk di kepala untuk menjaga uap agar tidak kemana-mana.

3. Jangan Terlalu Sering Eksfoliasi

Eksfoliasi wajah

Memang, eksfoliasi itu penting untuk mengangkat sisa-sisa sel kulit mati pada wajah. Namun, eksfoliasi yang terlalu sering dan keras akan membuat kulitmu malah iritasi dan semakin parah breakout-nya. Kamu cukup melakukannya seminggu sekali, dan pilihlah eksfoliator yang lembut serta ditujukan untuk kulit kering.

4. Perhatikan Asupan Gizi

Makan bergizi

Apa yang kamu makan juga akan memengaruhi kondisi breakout di wajahmu, ladies. Konsumsilah makanan-makanan dengan kandungan serat dan probiotik seperti tempe atau yogurt . Selain itu, konsumsi juga sayur-mayur berwarna hijau gelap, karena kandungan alkalinnya akan membantu mempercepat proses penyembuhan breakout. Hindari juga mengonsumsi makanan-makanan cepat saji untuk sementara waktu ya, ladies!

5. Perhatikan Kebiasaan Sehari-hari

Lari sore

Kurangnya waktu tidur sangat berpotensi untuk memicu breakout pada wajahmu. Tidurlah setidaknya 7 jam dalam semalam agar tubuh dapat secara optimal memperbaiki diri dan kamu juga akan kembali bugar di pagi harinya. Selain itu, rutinlah olahraga sekitar 30 menit sehari untuk menjaga kesehatan. Kamu bisa mulai dengan jogging  di pagi atau sore hari. Jangan lupa untuk minum air putih paling sedikit 8 gelas, agar tubuh tetap terhidrasi dan hormon juga lebih stabil.


Nah, itu dia cara merawat kulit kering agar breakout di wajahmu bisa segera teratasi, ladies! Selamat mencobanya!

Artikel Selanjutnya

Foto Marga Apsari

Marga Apsari

A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini