Foto 7 Penyebab Bibir Hitam yang Harus Kamu Sadari

7 Penyebab Bibir Hitam yang Harus Kamu Sadari

Foto Marga Apsari
Sebagian orang memang memiliki bibir yang cenderung menghitam. Kira-kira apa ya sebabnya?

Bibir merupakan salah satu bagian yang paling menarik pada wajah wanita. Tidak sedikit wanita yang ingin memiliki bibir merah alami, yang sudah menarik bahkan saat tidak menggunakan lipstik. Bahkan banyak wanita yang sering tidak memakai make up apapun selain lipstik sebelum keluar rumah. Namun, jika kamu sering menggunakan lipstik yang salah bisa membuat bibir menjadi menghitam lho.

Bibir yang menghitam memang sering membuat kita menjadi tidak percaya diri ketika sedang tidak memakai lipstik. Tak jarang pula kita seringkali disangka sebagai perokok karena bibir yang hitam. Sebenarnya apa sih penyebab dari bibir yang hitam selain karena merokok dan lipstik? Yuk, simak lebih lengkapnya!

7 Penyebab Bibir Hitam yang Harus Kamu Sadari

Jika kamu merasa bibirmu agak kehitaman warnanya, bisa jadi 7 hal ini adalah penyebabnya.

1. Lipstik yang Bersisa di Bibir

Lipstik

Untuk kamu yang sering memakai lipstik, jangan lupa untuk membersihkannya dengan sempurna sebelum tidur ya, ladies! Sisa-sisa lipstik yang dibiarkan dapat membuat warna bibir berubah. Kulit bibir yang sensitif akan lebih cepat jadi gelap warnanya jika terlalu lama terkena bahan kimia dari lipstik. Jangan lupa juga untuk scrub bibirmu seminggu sekali agar sel kulit mati bisa terangkat.

2. Atur Pola Makan Saat Diet

Diet

Diet yang benar tidak hanya sekedar mengurangi jumlah makanan yang kamu konsumsi saja, tapi tetap memerhatikan gizi-gizinya. Pintar-pintarlah mengatur menu diet sehatmu agar tubuh tetap terpenuhi kebuuthan gizinya. Termasuk dengan kulit bibir yang membutuhkan asupan vitamin C. Vitamin yang bisa didapat dari buah-buah citrus seperti jeruk ini dapat membantu mengembalikan warna alami bibir. Selain itu, konsumsilah buah-buah dan sayur-mayur supaya bibir selalu sehat.

3. Merokok

Merokok

Tidak hanya berdampak pada kesehatan, merokok juga dapat memberi dampak buruk pada kecantikanmu lho, ladies. Gigi akan menguning dan meninggalkan plak. Tidak hanya itu saja, kandungan nikotin pada rokok juga akan membuat bibir tampak kusam dan menghitam. Kondisinya pun akan jadi lebih mudah pecah-pecah. Jadi, untuk kamu yang inign memiliki bibir indah alami, inilah saat yang tepat untuk mengurangi kebiasaan merokok.

4. Kurang Minum Air

Minum air putih

Kurang minum air akan membuat tubuh, termasuk bibir, menjadi dehidrasi dan kering. Saat bibir tidak lagi lembap, teksturnya akan jadi kasar dan pecah-pecah. Selain itu, warnanya pun akan menjadi kusam dan gelap. Minumlah air putih setidaknya delapan gelas per hari agar cairan dalam tubuh selalu terjaga.

5. Terlalu Banyak Kafein

Penyebab bibir hitam

Minum kopi memang memiliki dampak positif untuk tubuh dan pikiran. Akan tetapi, bukan berarti kamu harus terus-terusan minum kopi. Mengonsumsi kopi lebih dari dua gelas setiap harinya dapat memberi dampak negatif pada gigi dan bibir. Gigi akan mulai menguning, dan bibir menjadi gelap warnanya. Minumlah kopi sesuai porsinya saja. Ingatlah bahwa sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

6. Sinar Matahari

Sinar matahari

Tidak hanya kulit tangan dan kaki saja yang bisa hitam, tapi juga dengan kulit bibir. Sinar matahari dapat menyerap kelembapan alami pada bibir, sehingga bibir jadi pecah-pecah dan menghitam. Gunakanlah lip balm dengan kandungan SPF saat mau pergi ke luar rumah agar bibir tetap terjaga dari dampak buruk sinar matahari.

7. Kebiasaan Menggigiti Bibir

Mengiggit bibir

Sebagian orang mungkin melakukan hal ini secara tak sadar, tetapi sebuah studi membuktikan bahwa kebiasaan ini memengaruhi pigmentasi pada bibir dna membuatnya jadi gelap. Selain itu, menggigit bibir juga menyebabkan air liur menempel pada bibir. Ini akan membuat bibirmu mudah pecah-pecah dan jadi kusam.


Nah, itu dia penyebab bibir kamu menghitam, ladies. Hentikan kebiasaan tersebut agar bibirmu bisa tetap menjadi merah muda. Jika bibirmu sudah terlanjur menghitam, kamu tetap bisa memerahkan bibirmu lagi kok.

Tags:

Foto Marga Apsari

Marga Apsari

A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini