Foto Benarkah Cara Merawat Kulit Wajah dengan Facial Steaming Bagus?

Benarkah Cara Merawat Kulit Wajah dengan Facial Steaming Bagus?

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Ladies, mungkin kamu sering mendengar jika menguapi wajah bisa mengatasi beberapa masalah kulit. Benarkah hal tersebut? Yuk simak informasi yang sebenarnya berikut ini.

Permasalahan kulit wajah memang tidak pernah ada habisnya. Mulai dari jerawat hingga masalah penuaan kulit. Untuk itu banyak sekali salon kecantikan dan produk-produk kecantikan yang menawarkan berbagai macam perawatan kulit untuk mengatasi masalah kulit wajah tersebut. Salah satu perawatan kulit wajah yang efektif untuk mengatasi permasalahan wajah adalah facial steaming.

Melakukan facial steaming dipercaya dapat membuat kulit semakin cantik dan sehat. Namun, banyak orang pula yang menganggap bahwa cara merawat kulit wajah dengan facial steaming malah bisa membuat kulit justru menjadi kemerahan dan semakin kering? Di sisi lain, banyak pula yang mengatakan bahwa cara ini efektif dalam menghilangkan jerawat. Mana sih yang benar? Yuk, simak ulasannya!

Pro Cara Merawat Kulit Wajah dengan Facial Steaming

Facial steaming atau menguapi wajah adalah langkah yang baik untuk mereka yang memiliki kulit berjerawat atau berkomedo membandel. Uap panas yang bisa kamu dapatkan dari air panas memang dapat membantu membersihkan wajah. Ketika kamu melakukan facial steaming, kamu akan mendapatkan manfaat ini:

1. Facial Steaming dapat Membantu Mengeluarkan Kotoran dari Pori-pori

Mengelurkan kotoran

Wajah yang diekspos dengan uap panas akan lebih bersih dengan seketika. Uap panas  tersebut akan mengeluarkan kotoran dan zat-zat lain yang menyumbat pori-pori, termasuk minyak, bakteri, dan tumpukan sel-sel kulit mati yang sering menjadi penyebab jerawat. Jerawat dan komedo terjadi karena pori-pori yang tersumbat, sehingga mengeluarkan kotoran dan zat-zat yang menyumbatnya adalah langkah awal yang harus dilakukan untuk mengatasi jerawat dan mencegahnya semakin parah

2. Facial Steaming Memicu Keluarnya Keringat

Cara merawat kulit wajah

Panas dari uap yang mengenai wajah juga akan memicu keluarnya keringat. Berkeringat selalu baik untuk kesehatan, termasuk kesehatan kulit. Dengan berkeringat, semua kotoran yang ada di dalam pori-pori pun akan terkuras keluar. Hasilnya, pori-pori kulit semakin bersih dan jerawat pun dapat dikurangi. Begitu juga dengan komedo.

3. Facial Steaming Memaksimalkan Kerja Krim Wajah

Memakai pelembap

Melakukan facial steaming sebelum memakai krim treatment juga sangat bagus karena langkah tersebut dapat memaksimalkan fungsi krim tersebut. Usai diuapi, pori-pori yang sudah bersih dari segala macam kotoran akan mampu menyerap krim treatmentmu dengan lebih mudah dan dalam, termasuk krim dokter ataupun retinol.

Kontra Cara Merawat Kulit Wajah dengan Facial Steaming

Menguapi wajah dengan uap panas memang cukup merilekskan dan membuat kulit lebih bersih. Akan tetapi, cara ini ternyata tidak selalu cocok untuk semua orang. Mengekspos wajah dengan uap panas akan menyebabkan pembuluh darah semakin lebar, sehingga akan menyebabkan kemerahan, meningkatkan inflamasi, dan memperparah masalah kulit, seperti rosacea. Sama seperti air panas, uap panas akan menghilangkan minyak atau pelembab alami kulit. Jadi, kalau kulitmu cenderung kering, sebaiknya kamu tidak terlalu sering melakukan facial steaming.

Kesimpulan

Facial steaming bagus untuk dilakukan kalau kulitmu cenderung berjerawat. Namun,jikakulitmu kering, sensitif, dan mengalami eksim, sebaiknya kamu tidak melakukannya karena kandungan pelembab alami yang sangat kamu perlukan untuk kulitmu akan terkikis. Begitu juga kalau kamu mengalami rosacea, suhu panas akan membuat kulitmu semakin merah.

Selanjut, jika kulitmu sensitif kamu juga bisa melakukan facial steaming. Uapi wajahmu, tapi jangan sampai melebihi 10-15 menit. Setelah itu, bersihkan wajah dengan cleanser yang sangat lembut untuk membuang kotoran-kotoran yang sudah terangkat. Wajahmu pun akan semakin bersih dan jerawat juga akan menyingkir.


Nah, itu dia ulasan lengkap tentang cara merawat wajah dengan facial steaming. Jadi, kamu perlu menyesuaikan dengan kulit wajah kamu ya sebelum melakukan perawatan kulit ini ya, ladies!

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini