Foto 5 Makanan Sehat yang Malah Menjadi Penyebab Timbul Jerawat

5 Makanan Sehat yang Malah Menjadi Penyebab Timbul Jerawat

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Tahukah kamu jika tak semua makanan sehat itu bagus untuk kulit kita? Misalnya saja 5 makanan sehat ini yang sebaiknya dihindari bagi mereka yang mudah jerawatan.

Kesehatan kulit kita tak lepas dari kesehatan di dalam tubuh kita. Salah satu hal yang sangat menentukan adalah jenis makanan yang kita konsumsi. Untuk itu sangat penting bagi kamu untuk makan makanan yang sehat. Meskipun begitu, terkadang ketika kita sudah memilih makanan sehat, masih bisa mengganggu kesehatan dan kecantikan, salah satunya adalah jerawat.

Seperti yang kamu ketahui, makanan yang berminyak seperti gorengan, kacang-kacangan terkadang memicu jerawat. Namun, bagaimana dengan makanan-makanan sehat yang telah kamu konsumsi? Rupanya makanan sehat tersebut masih bisa menjadi penyebab jerawat lho. Apa saja makanan-makanan tersebut? Yuk, simak!

5 Makanan Sehat yang Malah Menjadi Penyebab Timbul Jerawat

Perhatikan kembali makanan-makanan yang telah kamu konsumsi ya, ladies!

1. Makanan Low-fat

Frozen yoghurt

Makanan atau minuman low-fat saat ini banyak sekali tersedia. Akan tetapi, ternyata makanan ataupun minuman low-fat bisa memicu jerawat. Apa sebabnya? Dalam proses pembuatannya, makanan ataupun minuman low-fat biasanya memerlukan bahan tambahan untuk menggantikan rasa yang hilang karena kandungan lemaknya dikurangi dan bahan yang digunakan biasanya adalah gula. Artinya, makanan atau minuman tersebut mengandung tinggi gula. Padahal, studi sudah membuktikan jika salah satu kerusakan yang ditimbulkan akibat terlalu banyak mengkonsumsi gula adalah rusaknya serat kolagen. Kerusakan ini akan mengganggu kemampuan kulit untuk memperbaiki dirinya sendiri dan menyebabkan jerawat.

Sebaiknya, konsumsilah makanan yang mengandung lemak sehat yang juga baik sekali untuk kesehatan kulit, seperti alpukat, kacang dan biji-bijian, serta ikan segar.

2. Produk Susu

Produk susu

Buat kamu yang suka minum susu dan jerawatan, mungkin kamu harus segera mengurangi konsumsi susu jika ingin jerawatmu berkurang. Salah satu studi yang sangat terkenal, yaitu the Nurses’ Health Study yang melibatkan 77.761 orang perawat selama lebih dari 12 tahun menunjukkan jika mereka yang meminum susu lebih banyak ketika remaja memiliki kencenderungan yang lebih tinggi mengalami jerawat yang parah dibandingkan mereka yang minum lebih sedikit.

Hal ini karena susu sapi mengandung formula IGF-1 yang bagus untuk anak sapi agar tumbuh besar dan kuat. Namun, formula ini bagi manusia dapat memicu timbulnya hormon yang membuat wajah menjadi timbul jerawat. Selain itu, skim milk juga lebih beresiko daripada full-fat milk. Di samping karena laktosanya, hormon dan molekul bioaktif yang terkandung di dalamnya lah yang memicu jerawat. Sebaiknya, sebagai pengganti, konsumsilah santan atau susu almond tanpa pemanis.

3. Minyak Sayur

Minyak sayur

Ada beberapa jenis lemak yang sebaiknya kamu hindari, seperti lemak trans dan omega-6 yang banyak sekali terkandung di dalam minyak sayur, seperti minyak jagung ataupun kedelai. Salah satu resiko yang bisa ditimbulkan adalah inflamasi yang juga akan memicu jerawat. Sebaiknya sebagai pengganti, gunakanlah olive oil, extra virgin oil, dan coconul oil.

4. Roti Gandum

Roti gandum

Roti whole grain yang sehat ternyata juga menyimpan resiko buat kamu yang memiliki masalah jerawat. Gluten yang terkandung di dalam roti ini juga merupakan salah satu pemicu jerawat, dan masalah kulit lainnya, termasuk psoriasis yang terjadi karena alergi gluten. Roti gandum menjadi penyebab timbulnya jerrawat karena mengandung karbohidrat dan gula, yang akan membuat insulin dan memicu insulin untuk meningkat sehingga membuat IGF-1 seperti pada susu yang bisa membuat jerawat. Sebagai gantinya, pilihlah makanan gluten-free

5. Fruit Smoothies

Smoothies penyebab timbulnya jerawat

Smoothie buah-buahan memang kaya akan nutrisi. Namun, ternyata fruit smoothies juga bisa menyebabkan jerawat. Kandungan fruktosa, yang merupakan bentuk gula yang terdapat di dalam buah-buahan menjadi pemicunya. Studi menunjukkan jika mengkonsumsi lebih banyak fruktosa dapat menimbulkan beberapa masalah kulit, termasuk jerawat. Sebagai gantinya, perbanyak kandungan sayur di dalam smoothie-mu dan tambahkan rasa lemon agar menjadi segar.


Nah itu dia, ladies, sebaiknya kamu mengurangi konsumsi makanan dan minuman ini kalau kulitmu cenderung berjerawat meskipun menyehatkan ya.

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini