Kawaii Beauty Japan

Relationship

6 Cara Mengatasi Rasa Cemburu Berlebihan Terhadap Pasangan

Sering merasa cemburu kepada pacarmu? Sering bertengkar hanya karena kamu tidak tahu bagaimana mengendalikan rasa cemburu itu? Kamu bisa meredam cemburu itu dengan cara ini!

Meydiana Widyaningsih

Bagi kamu yang sedang menjalani suatu hubungan asmara dengan seorang pria, pasti ada saja permasalahan yang muncul di dalam hubungan tersebut dan seringkali membuatmu merasakan emosi cemburu. Jika rasa cemburu itu muncul, itu merupakan suatu hal yang cukup wajar dan tidak ada yang salah dengan perasaan cemburu yang kamu miliki tersebut. Tetapi, kamu juga harus mengetahui dan menyadari kapan kamu harus merasa cemburu dan bagaimana cara mengatasi rasa cemburu yang muncul secara berlebihan terhadap si dia. 

Hati-hati, rasa cemburu yang berlebihan malah bisa memicu pertengkaran antara kamu dan si dia lho, ladies! Kamu tidak mau rasa sayangmu tersebut malah menjadi masalah bagimu? Yuk, simak bagaimana mengatasinya.

6 Cara Mengatasi Rasa Cemburu Berlebihan Terhadap Pasangan

Biasakan untuk membiasakan hal-hal ini kepadanya, ladies!

1. Jangan Mengungkit Masa Lalu

Pasangan

Rasa cemburu yang muncul dari dirimu bisa saja disebabkan karena kamu pernah memiliki pengalaman yang tidak mengenakkan dalam hubungan asmara sebelumnya sehingga kamu tidak hal buruk tersebut terjadi lagi di dalam hubungan percintaanmu saat ini dengannya. Cobalah untuk selalu berprasangka baik dan memberikan rasa percaya kepada pasanganmu. Jangan pernah sekalipun kamu mengungkit masa lalu ketika sedang cemburu karena hanya akan memperkeruh suasana dan membuat si dia merasa bahwa dia bukanlah orang baik untukmu. 

2. Katakan dengan Jujur Tentang Perasaanmu

Berkata jujur

Ketika kamu sudah mulai merasa cemburu terhadap pasanganmu, cobalah untuk berusaha mengutarakan perasaanmu yang sejujurnya kepada si dia. Jangan secara tiba-tiba kamu meluapkan amarah atau mendiamkannya tanpa penjelasan apapun kepadanya karena itu hanya akan membuka masalah baru yang lebih besar lagi di dalam hubungan percintaanmu.

Kamu harus mengatakan perasaan cemburumu dan jelaskan juga apa yang menjadi penyebab dirimu merasa cemburu sehingga kalian berdua bisa mengerti satu sama lain serta mencari jalan keluarnya bersama. 

3. Hilangkan Ketakutanmu dan Perbaiki Sikap

Memperbaiki sikap

Biasanya rasa cemburu itu muncul hanya karena suatu hal yang sepele seperti ketika si dia sedang bermain bersama dengan teman-teman lamanya termasuk teman wanitanya atau karena hal serupa lainnya. Padahal, dia sebagai pacarmu juga punya dunia lain selain hubungan cinta yang dia jalin bersama denganmu karena itu, cobalah dari sekarang kamu mulai menumbuhkan sikap yang dewasa dan positif terhadapnya.

Jangan selalu menempel dan bergantung terus kepadanya seolah kamu hanya memilikinya di dalam kehidupan sehari-hari kamu. Mulailah untuk menghilangkan ketakutanmu dengan cara menyibukkan diri atau melakukan kegiatan positif yang bisa kamu lakukan dengan orang lain selain pasanganmu dengan begitu, kalian berdua akan jauh merasakan adanya kenyamanan dalam hubungan kalian dan cemburu tidak akan merusak hubungan mesra kalian. 

Meydiana Widyaningsih
Easy going
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy