Kawaii Beauty Japan

Makeup

Cara Merawat Kuku yang Rusak dengan 5 Langkah Mudah

Tenang, tidak sesulit yang kamu bayangkan, ladies.

Marga Apsari

Untuk para pecinta manikur, memiliki kuku yang panjang dan cantik akan menjadi dambaan. Kuku menjadi bagaikan kanvas, kamu bisa dengan bebas berkreasi dengan kutek dan membuat nail art yang cantik. Namun, apalah artinya kuku yang panjang dan cantik jika kamu tidak bisa menjaga kesehatannya? Semakin panjang, kuku akan menjadi semakin rapuh dan mudah patah. Maka dari itu, sangat penting bagimu untuk bisa menjaga kesehatannya, ladies.

Saat kuku sedang dalam kondisi rusak, memang tak sebaiknya kamu tetap melapisinya dengan kuteks. Mungkin kamu pernah berada di posisi saat kukumu rusak, tapi kamu dituntut untuk memakai kuteks. Tidak perlu panik ladies, karena kamu masih bisa mengakali masalah ini tanpa menambah kerusakan pada kukumu.

5 Langkah Merawat Kuku yang Rusak

Tidak perlu susah-susah, sebenarnya ada cara yang sederhana untuk merawat kuku yang rusak. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidaklah sulit, hanya base coat kuteks bening, kantung teh celup yang belum digunakan, dan air panas. Simak selengkapnya di bawah ini ya!

Langkah 1

Clear nail polish

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengaplikasikan base coat kutek bening pada kukumu.

Langkah 2

Selanjutnya, gunting rapi kantung teh celup berbentuk kotak yang sudah disesuaikan ukurannya dengan kukumu, lalu tempelkan di atas base coat.

Langkah 3

Sesudah kamu menempelkannya, biarkan sebentar hingga mengering, lalu aplikasikan top coat bening di atas kantung teh celup tersebut.

Langkah 4

Biarkan kembali hingga mengering sempurna. Selanjutnya gunakan kikir kuku untuk membuang sisa-sisa kantung teh di bagian luar kuku.

Langkah 5

Voila! bagian ujung kuku yang rusak kini sudah terlapisi. Kamu bisa menggunakan kuteks yang kamu inginkan di atas kantung teh tersebut.

Nah, sangat mudah untuk dilakukan bukan, ladies? Selanjutnya, agar kesehatan kukumu bisa terjaga dengan baik, kamu bisa memberinya perawatan tradisional alami menggunakan bahan-bahan alami di rumah. Rendamlah kuku dengan minyak zaitun hangat selama 15-20 menit. Perawatan ini dapat membuat kukumu menjadi lebih halus.

Agar kukumu selalu kuat, konsumsilah makanan-makanan yang mengandung biotin atau vitamin B kompleks seperti susu, telur, dan kacang-kacangan. Penelitian menunjukan bahwa biotin dapat membuat kuku menjadi lebih kuat, tidak mudah patah, dan rusak. Yuk, rawat kukumu dengan baik dan jagalah kebersihannya untuk mencegah infeksi. Selamat mencoba!

Tagged in:
Marga Apsari
A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday
Share this article

Artikel Terkait