Kawaii Beauty Japan

Health

Siapa Sangka Ternyata Manfaat Ciuman Itu untuk Seluruh Tubuh!

Berciuman dengan pasangan dapat memberikan manfaat tidak hanya bagi pikiran tapi juga kesehatan fisik. Yuk ketahui apa saja manfaat ciuman bagi kesehatan!

Istiarina Putri

Untuk kamu yang sudah punya pasangan, apa sih arti ciuman buatmu? Ciuman selain sebagai bukti cinta dan kasih sayang, ternyata menyimpan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Apa saja sih manfaat ciuman bagi kesehatan?

Mungkin selama ini kamu tidak menyadari bahwa aktivitas ciuman tidak hanya memberikan dampak bagi bibir tapi juga seluruh tubuh. Dilansir dari womenshealthmag.com, ini dia bagian tubuh yang ikut terpengaruh di saat kamu berciuman,ladies.

Apa yang Terjadi pada Tubuhmu di Saat Kamu Berciuman?

Wajah dan Mulut

Faktanya, 80% orang-orang memiringkan kepalanya ke kanan ketika akan berciuman! Setelah itu, terjadilah kontak dan DHUAR! Ledakan sensorik pun terjadi. Hal ini terjadi karena bibir ternyata 200 kali jauh lebih sensitif dari jari-jari manusia.

Sementara itu, hidung pun juga mengalami sensasi dimana aroma tubuh si dia tercium olehmu. Aroma ini dapat menyebabkan timbulnya zat kimia yang membuat kita merasa gembira dan bergairah.

Kemudian, kelenjar liur pada mulutmu juga akan mulai berproduksi secara aktif, mengakibatkan lebih banyak air liur dalam mulut.

Nah aktivitas berciuman ini sendiri mampu melibatkan 24 otot wajah dan juga 100 otot lainnya dalam tubuh sehingga mampu membakar kalori hingga 100 kalori. Wow!

Aliran Darah

Berciuman dengan orang yang kita cintai ternyata mampu mengirimkan gelombang kejut ke seluruh tubuhmu. Hal ini membuat aliran darah meningkat ke beberapa area termasuk payudara, perut, dan area intim.

BACA JUGA: Ini Dia Waktu Terbaik untuk Berhubungan Seks

Otak

Keseruan yang kamu rasakan di saat berciuman dapat memicu otak untuk mendorong produksi dopamin; neurotransmiter yang berhubungan dengan kesenangan. Di waktu yang sama, bagian otak lainnya akan mematikan emosi negatif.

Selain itu, berciuman juga memicu kelenjar hipofisis kamu dan pasangan untuk melepaskan hormon ‘pengikat’; oksitosin. Hormon ini banyak ditemukan pada ibu yang baru saja melahirkan untuk mempererat ikatan batin dengan sang anak.

Mood

Berciuman pun sangat baik untuk mood dan kesehatan kejiwaanmu, ladies. Pasangan yang berciuman secara teratur ternyata terbukti memiliki ikatan batin yang lebih kuat dan hubungan pun jauh lebih langgeng.

BACA JUGA: 6 Makanan yang Harus Kamu Hindari Sebelum Bercinta dengan Pasanganmu

Bagaimana? Sudahkah kamu berciuman dengan pasanganmu hari ini?

Istiarina Putri
Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.
Share this article

Artikel Terkait