Foto Sering Terpapar Polusi? Hati-hati, 6 Masalah Kulit Ini Bisa Mendatangimu

Sering Terpapar Polusi? Hati-hati, 6 Masalah Kulit Ini Bisa Mendatangimu

Foto Marga Apsari
Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Bagi kamu yang bekerja di pusat kota, terpapar polusi mungkin sudah menjadi asupan sehari-hari yang sangat sulit dihindari. Apalagi, jika kamu selalu menggunakan kendaraan umum seperti bus kota atau ojek. Panasnya sinar matahari, debu, dan asap kendaraan akan bercampur dan membuat kulit terasa tidak nyaman.

Tidak hanya membuatnya tak nyaman, terpapar polusi ini dapat memberikan efek buruk ini pada kulitmu, ladies. Coba simak masalah kulit yang bisa ditimbulkan karena polusi lho, ladies!

6 Masalah Kulit yang Bisa Mendatangimu Jika Kamu Terpapar Polusi

Coba simak masalah-masalah ini, ladies!

1. Komedo

Komedo

Polusi dan debu yang mencemari udara akan membuat pori-pori tersumbat. Sementara itu, kelenjar minyak akan memproduksi sebum lebih banyak, dan menyumbat pori-pori. Hal ini menyebabkan komedo bermunculan di wajah. Pastikan kamu membersihkan wajah di malam hari setelah selesai beraktivitas. Gunakan teknik double cleansing untuk memastikan seluruh sisa makeup, debu, dan juga polusi bisa bersih maksimal.

2. Muncul Garis Halus

Garis halus

Tingkat polusi yang tinggi akan membuat lapisan ozon semakin tipis. Akibatnya, sinar UV akan semakin kuat dan membuat produksi kolagen menurun semakin menurun. Saat tingkat kolagen dalam tubuh rendah, garis-garis halus pada wajah akan menjadi tampak. 

3.  Muncul Kerutan

Kerutan

Sama seperti garis halus, kerutan juga merupakan dampak yang akan didapat saat kolagen dalam tubuh rendah. Elastisitas wajah semakin menurun, dan kerutan akan mulai bermunculan. Untuk menghindari garis halus dan kerutanya, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya pada seluruh tubuh dan wajah agar mendapat perlindungan ekstra dari sinar UV.

4. Wajah Menjadi Kusam

Wajah kusam

Debu dan polusi berlebih dapat membuat kulit wajah menjadi kusam. Sebab, debu dan polusi tersebut akan menyumbat pori-pori dan membuat sel kulit mati menumpuk. Inilah yang membuat kulit wajah jadi tampak kusam. Kamu bisa atasi hal ini dengan rutin menggunakan scrub wajah setiap 3-4 hari sekali untuk mengangkat sel kulit mati tersebut.

5. Jerawat Mulai Bermunculan

Jerawat

Masalah yang satu ini memang paling dibenci wanita. Jerawat juga bisa dipicu oleh polusi udara lho, ladies. Kondisi pori-pori tersumbat akibat polusi, dan kelenjar minyak yang terus bekerja akan membuat kulit mengalami peradangan. Kemudian, jerawat akan mulai muncul di wajahmu. Hal yang terpenting untuk menghindari jerawat adalah memastikan wajah bersih secara menyeluruh sebelum kamu tidur di malam hari. Jangan sampai kamu tidur semalaman dengan sisa makeup dan polusi di wajamu ya, ladies!

6. Kulit Menjadi Kering

Kulit kering

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, polusi dapat menghambat produksi kolagen pada kulit. Ini juga mengakibatkan kelembapan kulit akan berkurang drastis, sehingga akan menjadi sangat kering. Agar hal ini tidak terjadi padamu, gunakanlah moisturizer atau pelembap secara rutin. Pastikan moisturizer tersebut dapat membantu melindungi kulit wajahmu dari sinar UV juga ya, ladies!

Artikel Selanjutnya

Foto Marga Apsari

Marga Apsari

A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini