Foto Inilah 6 Hal yang Terjadi Padamu Ketika sedang Masa Menstruasi

Inilah 6 Hal yang Terjadi Padamu Ketika sedang Masa Menstruasi

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Ternyata ketika sedang dimasa menstruasi bisa menyebabkan perubahan pada kulit kita.

Masa-masa ketika sedang menstruasi memang rasanya tidak nyaman kan, ladies? Kamu pasti sering merasakan suasana mood yang berubah-ubah, perut yang terasa kram, serta jerawat yang mulai bermunculan. Namun, sebenanrya apakah hal tersebut wajar? Ataukah kamu sering merasakan perubahan-perubahan lainnya ketika sedang menstruasi namun tidak yakin apakah hal tersebut adalah pengaruh dari menstruasi atau bukan?

Nah, berikut adalah perubahan pada wajah yang memang sebenarnya terjadi pada kita ketika sedang menstruasi lho, ladies. Yuk, simak!

6 Hal yang Terjadi Padamu Ketika sedang Masa Menstruasi

Tenang saja, hal ini normal dialami oleh wanita ketika sedang menstruasi dan hal-hal yang sebaiknya kamu lakukan,ladies!

1. Kulit Kita Jadi Lebih Berminyak

Kulit berminyak

Hormon yang bernama androgens (seperti testosterone) serta hormon progesterone dan estrogen semuanya berpengaruh selama menstruasi. Semua hormon tersebut akan berfluktuasi sepanjang bulan, dan perubahan rasio setiap hormon akan berpengaruh pada kondisi kulitmu. Ketika terjadi lonjakan hormon tertentu seminggu atau dua minggu sebelum masa menstruasi, kelenjar minyak akan semakin aktif dan menyebabkan peningkatan produksi minyak.

2. Jerawat Bermunculan

Jerawat

Ketika produksi minyak melonjak, pergantian sel-sel kulit akan lebih cepat terjadi. Dan jika sel-sel kulit tersebut sulit untuk dibersihkan, komedo pun akan bermunculan di wajah. Ditambah dengan minyak berlebih yang menjadi makanan favorit bakteri penyebab jerawat, maka tak heran setiap kali menstruasi, jerawat pun nongol. Untuk mencegahnya, sesuaikan cleanser yang kamu pakai seminggu sebelum menstruasi. Pilih yang mengandung salicylic acid yang bisa membantu membersihkan minyak dari kulit dan mencegah jerawat.

3. Rambut Lebih Berminyak

Rambut lepek

Menurut Dr. Julia Tzu, M.D., Kepala Medis di Wall Street Dermatology bahwa ketika sedang menstruasi produksi minyak pada wajah dapat meningkat sebelum menstruasi. Inilah yang menyebabkan rambut menjadi berminyak dan membuat jerawat bertambah di masa ini (sesudah ovulasi dan sebelum menstruasi). Inilah yang menyebabkan rambut lebih berminyak, dan kamu pun mungkin akan mengalami ketombe dan gatal-gatal pada kulit kepala.

4. Pil KB Sebagai Solusi Masalah Kulit karena Menstruasi

Menstruasi

Salah satu solusi yang bisa membantu masalah kulitmu ketika menstruasi adalah pil KB. Bagaimana bisa? Pil KB akan memngurangi produksi hormon testosterone secara signifikan dari ovarium kita, sehingga level hormon kita pun akan lebih stabil, termasuk progesterone dan estrogen. Dengan begitu, kulitmu akan tetap normal meskipun kamu sedang menstruasi. Akan tetapi, konsultasikan dulu dengan doktermu karena dari berbagai jenis pil KB yang tersedia, mungkin tak semuanya cocok untukmu.

5. Kulit Jadi Lebih Sensitif

Kulit sensitif

Apakah body lotion-mu tiba-tiba terasa aneh? Apakah kulit kakimu rasanya kaku dan kering? Atau justru sangat berminyak? Tak perlu kaget karena di masa-masa menstruasi, kulitmu jauh lebih sensitif dan mudah iritasi. Agar tidak semakin parah, hindari produk-produk skincare yang mengandung parfum karena bahan tersebut bisa dengan mudah menyebabkan iritasi pada kulit wajahmu. Jangan lupakan juga SPF karena level estrogen yang lebih tinggi membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Selain itu, hindari produk-produk yang mengandung eksfolian serta retinoid selama masa-masa tersebut.

6. Kurangi Asupan Karbohidrat agar Kulitmu Tetap Cantik Selama Menstruasi

Mengurangi asupan karbohidrat ternyata dapat mengurangi fluktuasi hormon, apalagi kalau kamu menderita diabetes atau PCOS (polycyctic ovary syndrome). Menjaga kadar gula darah lebih sehat dan stabil akan sangat membantu testosterone, yang juga sangat baik bagi kulit. Kamu pun bisa sekaligus diet.


Nah, itu dia yang terjadi pada dirimu ketika menstruasi dan menjelang menstruasi, ladies! Jadi, tidak perlu bingung lagi ya.

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini