Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Inilah 6 Hal yang Terjadi Padamu Ketika sedang Masa Menstruasi

Ternyata ketika sedang dimasa menstruasi bisa menyebabkan perubahan pada kulit kita.

Santi Berlinawati

Masa-masa ketika sedang menstruasi memang rasanya tidak nyaman kan, ladies? Kamu pasti sering merasakan suasana mood yang berubah-ubah, perut yang terasa kram, serta jerawat yang mulai bermunculan. Namun, sebenanrya apakah hal tersebut wajar? Ataukah kamu sering merasakan perubahan-perubahan lainnya ketika sedang menstruasi namun tidak yakin apakah hal tersebut adalah pengaruh dari menstruasi atau bukan?

Nah, berikut adalah perubahan pada wajah yang memang sebenarnya terjadi pada kita ketika sedang menstruasi lho, ladies. Yuk, simak!

6 Hal yang Terjadi Padamu Ketika sedang Masa Menstruasi

Tenang saja, hal ini normal dialami oleh wanita ketika sedang menstruasi dan hal-hal yang sebaiknya kamu lakukan,ladies!

1. Kulit Kita Jadi Lebih Berminyak

Kulit berminyak

Hormon yang bernama androgens (seperti testosterone) serta hormon progesterone dan estrogen semuanya berpengaruh selama menstruasi. Semua hormon tersebut akan berfluktuasi sepanjang bulan, dan perubahan rasio setiap hormon akan berpengaruh pada kondisi kulitmu. Ketika terjadi lonjakan hormon tertentu seminggu atau dua minggu sebelum masa menstruasi, kelenjar minyak akan semakin aktif dan menyebabkan peningkatan produksi minyak.

2. Jerawat Bermunculan

Jerawat

Ketika produksi minyak melonjak, pergantian sel-sel kulit akan lebih cepat terjadi. Dan jika sel-sel kulit tersebut sulit untuk dibersihkan, komedo pun akan bermunculan di wajah. Ditambah dengan minyak berlebih yang menjadi makanan favorit bakteri penyebab jerawat, maka tak heran setiap kali menstruasi, jerawat pun nongol. Untuk mencegahnya, sesuaikan cleanser yang kamu pakai seminggu sebelum menstruasi. Pilih yang mengandung salicylic acid yang bisa membantu membersihkan minyak dari kulit dan mencegah jerawat.

3. Rambut Lebih Berminyak

Rambut lepek

Menurut Dr. Julia Tzu, M.D., Kepala Medis di Wall Street Dermatology bahwa ketika sedang menstruasi produksi minyak pada wajah dapat meningkat sebelum menstruasi. Inilah yang menyebabkan rambut menjadi berminyak dan membuat jerawat bertambah di masa ini (sesudah ovulasi dan sebelum menstruasi). Inilah yang menyebabkan rambut lebih berminyak, dan kamu pun mungkin akan mengalami ketombe dan gatal-gatal pada kulit kepala.

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait