Foto 7 Kebiasaan Sederhana yang Jadi Penyebab Bibir Kering Pecah-pecah

7 Kebiasaan Sederhana yang Jadi Penyebab Bibir Kering Pecah-pecah

Foto Marga Apsari
Ups, mungkin secara tidak sadar kamu juga sering melakukan 7 hal ini, ladies!

Memulas bibir dengan lipstik memang cocok untuk menyempurnakan penampilan. Bahkan, banyak wanita yang merasa bahwa lipstiklah yang paling berperan dalam merubah penampilan. Jangan hanya mengoleskan dan meriasnya saja, bibir juga butuh perawatan lho, ladies. Jika kondisinya sudah pecah-pecah, bibir akan menjadi perih dan bahkan sulit untuk memakai lipstik lagi.

Bibir yang kering dan pecah-pecah jika dibiarkan bisa berdarah karena terlalu kering lho. Jadi, jangan biarkan bibir kamu kering ya, ladies! Berikut adalah penyebab bibir kering dan pecah-pecah yang perlu kamu ketahui.

7 Kebiasaan Sederhana yang Jadi Penyebab Bibir Kering Pecah-pecah

Kamu tidak akan terlihat seksi dengan bibir kering lho, ladies!

1. Kurang Minum Air

Minum air

Bibir adalah bagian yang pertama kali terlihat saat tubuh mengalami dehidrasi. Sebab, bibir tidak memiliki kelenjar minyak untuk menjaga kelembapannya. Maka dari itu, sangat penting untuk rutin meminum 8 gelas air putih setiap harinya. Dengan demikian, tubuh akan tetap terhidrasi dan bibir terhindar dari kondisi pecah-pecah.

2. Menggunakan Lip Plump

Lip plump

Sumber: Bestproducts

Untuk mendapatkan tampilan bibir penuh yang sedang menjadi tren, lip plump bisa menjadi pilihan yang baik. Dengan sekali ulas, bibir akan tampak penuh secara instan. Namun, perlu diketahui bahwa di balik itu semua, lip plump memiliki kandungan yang berisiko membuat bibir menjadi kering dan iritasi. 

3. Menggunakan Pasta Gigi dengan Kandungan Deterjen

Pasta gigi

Memang, kebanyakan pasta gigi yang beredar di pasaran memiliki kandungan deterjen. Sebab, deterjen ini dapat bermanfaat sebagai anti-bakteri dan membantu menghilangkan sisa-sisa makanan, dan plak pada gigi. Namun, deterjen juga dapat membuat bibir kehilangan kelembapannya. Akhirnya, bibir menjadi pecah-pecah. Jadi, seimbangkanlah dengan perawatan bibir secara rutin seperti lip balm atau masker bibir.

4. Menjilati Bibir

Bibir

Saat kering, mungkin kamu secara reflek menjilatinya agar basah. Padahal, air liur memiliki kandungan enzim, elektrolit, dan juga anti-bakteri. Menjilati bibir tidak akan membuatnya menjadi lembap, ladies. Malah, bibir akan jadi semakin kering. Semakin sering kamu menjilatinya, bibir akan semakin pecah-pecah dan perih. Daripada menjilatinya, lebih baik kamu gunakan lip balm saja.

5. Berlebihan Mengonsumsi Vitamin A

Vitamin A

Vitamin A memang memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Namun, terlalu banyak mengonsumsinya juga dapat membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Mungkin kamu heran mengapa vitamin dapat merusak kondisi bibir. Sebenarnya, dalam kondisi normal, tubuh hanya memerlukan kandungan vitamin A sebesar 5000 International Unit (IU) dalam sehari. Jika terlalu banyak, tubuh akan terasa kering, termasuk dengan bibir.

6. Terlalu Sering Menggunakan Lipstik

Lipstik

Lipstik memang merupakan salah satu kosmetik yang sangat penting. Namun, lipstik, terutama yang memiliki hasil akhir matte, dapat membuat bibir lebih cepat kering. Ada kalanya kamu harus membiarkan bibir beristirahat sejenak. Jika kamu ingin tetap menggunakan lipstik, jangan lupa untuk menggunakan lip balm, terlebih dahulu ya, ladies. Jangan lupa juga untuk membersihkannya secara menyeluruh sebelum tidur.

7. Kebiasaan Mendengkur

Mendengkur

Saat kamu mendengkur, proses pernapasan terjadi melalui mulut. Ini dapat mengakibatkan bibir lebih cepat kering, karena proses penguapan yang cepat. Jika kebiasaan ini sulit diobati, kamu bisa gunakan lip balm sebelum tidur. Konsultasikan juga masalah mendengkur ini pada dokter ahli.

Foto Marga Apsari

Marga Apsari

A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini