Foto Suka Minum Es Teh Manis? Hati-Hati! Bisa Bahaya buat Ginjal Lho!

Suka Minum Es Teh Manis? Hati-Hati! Bisa Bahaya buat Ginjal Lho!

Seandainya ada pemilihan minuman nasional, pasti es teh manis keluar sebagai juaranya. Bagaimana tidak, setiap makan pasti teman makannya adalah es teh manis.

Ditambah lagi dengan iklim tropis Indonesia, pastinya orang-orang selalu ingin mendinginkan diri dengan minum yang dingin-dingin. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa ternyata ada bahaya di balik segarnya es teh manis? Mari simak bersama apa saja sih bahaya es teh manis.

Bahaya Es Teh Manis

Menurut dr. Lee Hammontree dari the Urology Centers of Alabama, mengonsumsi terlalu banyak teh dapat meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal. Faktanya sepuluh persen pasien penyakit batu ginjal memiliki riwayat secara rutin mengonsumsi teh.

Lalu, mengapa bisa bahaya? Ternyata bahaya tersebut berasal dari zat kimia alami yang terkandung di dalam teh yaitu Oksalat. Oksalah sendiri ditemukan pada daun teh dan bekerja dengan menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh. Hal ini lah yang mampu menyebabkan terjadinya pembentukan batu dalam ginjal atau saluran kencing.

Apabila batu terjebak dalam saluran kemih, maka hal tersebut akan menyebabkan tersendatnya air seni sehingga akan terasa sakit yang luar biasa.

Tapi tenang saja, bahaya di balik teh ini bukan berarti kamu harus berhenti mengonsumsi teh sama sekali, ladies. Kamu hanya perlu membatasi konsumsinya agar tidak berlebihan, dan kontrol gulanya.

Selain itu, ada fakta menarik lainnya tentang bagaimana es teh manis ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatanmu. Menurut dr. John Milner dari departemen Urologi Loyola University Chicago Stitch School of Medicine, penyebab utama batu ginjal adalah dehidrasi.

Di musim panas, atau negara beriklim tropis seperti Indonesia, manusia akan berkeringat lebih banyak, sehingga memilih untuk mengonsumsi es teh manis karena segar dan manis. Tanpa kita sadari, kita malah membuat hal lebih buruk.

Jadi apa sih alternatif minuman yang harus kamu minum di saat merasa haus? Ternyata tidak ada pilihan yang lebih baik dari air putih. Jika memang kamu merasa bosan, kamu bisa menambahkan rasa dengan menambah jeruk nipis. Selain memberikan efek segar, jeruk nipis pun ternyata mampu meringankan batu ginjal.

Jadi, ladies, kurangi konsumsi es teh manismu ya!

BACA JUGA:

Tags:

Foto Istiarina Putri

Istiarina Putri

Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini