Foto Wajahmu Terus-terusan Breakout? 7 Hal Inilah Penyebab Timbulnya Jerawat

Wajahmu Terus-terusan Breakout? 7 Hal Inilah Penyebab Timbulnya Jerawat

Foto Marga Apsari
Padahal sudah pakai obat dan krim-krim anti jerawat, tapi semua tidak akan ampuh kalau kamu melakukan 7 kesalahan ini.

Siapa sih yang tidak sebal dengan jerawat? Selain mengganggu penampilan, jerawat juga menimbulkan rasa sakit pada bagian tumbuhnya. Jerawat memang musuh wanita nomor satu yang harus segera dibasmi. Jika kam memiliki wajah berminyak, biasanya jerawat semakin mudah untuk timbul karena menyumbat pori-pori wajah sehingga menjadi tempat timbul bakteri.

Untuk menghilangkan breakout yang mengganggu, tentu kamu menggunakan obat atau krim anti jerawat yang direkomendasikan teman atau beauty blogger. Meskipun obat atau krim ini diklaim sangat ampuh untuk melawan breakout atau jerawat, semua akan sia-sia saja jika kamu tidak mengetahui penyebab timbulnya jerawat lho.

7 Hal Inilah Penyebab Timbulnya Jerawat

Ternyata bukan dari produk make up atau skin care yang tidak cocok saja yang bisa menyebabkan jerawat lho, ladies.

1. Pola Makan Tidak Sehat

Junk food

You are what you eat. Apapun yang kamu konsumsi, semua akan memberi dampak pada tubuh. Jika kamu masih saja rutin mengonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi, produk susu, ataupun lemak tidak sehat, tidak heran jika jerawat terus bermunculan di wajahmu. Cobalah untuk konsumsi lebih banyak buah-buahan dan sayur-mayur. Jangan lupa untuk minum air putih setidaknya 8 gelas dalam sehari.

2. Kebiasaan Merokok

Merokok

Tidak hanya membahayakan kesehatan paru-paru, merokok juga tidak baik untuk kulitmu. Sebab, saat kamu merokok, kadar oksigen pada kulit akan menurun. Akibatnya, kolagen pada kulit akan turun, sehingga pori-pori membesar dan mempermudah munculnya jerawat.

3. Kurang Tidur

Kurang tidur

Selain membuat hormon tubuh menjadi tidak seimbang, kurang tidur juga akan membuat kelembapan kulit berkurang. Hasilnya, saat kamu bangun nanti, kulit wajah akan memproduksi minyak berlebih dan saat kamu bangun, pori-pori akan tertutup dan banyak sel kulit mati akan menumpuk. So, pastikan kamu tidur sekitar 7-9 jam sehari ya, ladies!

4. Tidak Memerhatikan Kandungan Kosmetik

Kosmetik

Saat kulit mengalami breakout, ada beberapa kandungan kosmetik yang sebaiknya kamu hindari, seperti silicone, petrochemicals, pewarna, parfum, paraben, alkohol, dan acrylics. Beberapa kandungan ini dapat menyumbat pori-pori, membuat kulit dehidrasi, serta memperparah kondisi kulitmu. Coba teliti kembali kosmetikmu agar tidak menjadi penyebab timbulnya jerawat.

5. Stres Berlebih

Stres

Stres membuat hormon tubuh menjadi tidak seimbang. Inflamasi akan terjadi pada kulit, dan kulit di sekitar pori-pori akan menjadi merah. Akhirnya, jerawat menjadi mudah tumbuh di kulit wajah. Coba lakukan aktivitas yang kamu sukai di sela-sela kesibukanmu. Jangan lupa juga untuk relaksasi seperti pergi berlibur atau merawat diri.

6. Lupa Memakai Sunscreen

Sunscreen

Untuk kamu yang memiliki kulit berwarna terang, batas waktu untuk terpapar sinar matahari adalah 15 menit, sementara kulit berwarna gelap adalah 30 menit. Lebih dari waktu tersebut, kulit akan mengering dan dehidrasi, sehingga lebih mudah berjerawat. Apalagi jika kulitmu tidak dilindungi sunscreen. Jadi, jangan lupa untuk pakai sunscreen sebelum beraktivitas jika tidak ingin kulit wajah menjadi jerawatan.

7. Tidak Membersihkan Wajah dengan Benar

Membersihkan wajah

Sisa make up, kotoran, dan debu yang tertinggal di wajah dapat menyumbat pori-porimu, ladies. Jika dibiarkan dalam waktu yang cukup lama, akan menjadi penyebab munculnya jerawat. Pastikan kamu selalu membersihkan kulit wajahmu secara menyeluruh. Jangan lupa untuk scrubbing kulit wajah sekitar seminggu sekali untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang tersisa.


Nah, itu dia penyebab timbulnya jerawat yang seringkali tidak diketahui oleh banyak orang, ladies! Segera tinggalkan kebiasaan tersebut agar wajahmu bisa kembali halus dan lembut ya.

Foto Marga Apsari

Marga Apsari

A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Sebotol Nutrisi Untuk Wajahmu Dalam Satu Sheet Mask

Sebotol Nutrisi Untuk Wajahmu Dalam Satu Sheet Mask

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Cerah Seketika dengan Let it Glow Mask dari Everwhite!

Cerah Seketika dengan Let it Glow Mask dari Everwhite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Feel The New You With Wardah

Feel The New You With Wardah

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Peluncuran Produk Dr.Jart+ Cicapair dengan Tiger Grass

Peluncuran Produk Dr.Jart+ Cicapair dengan Tiger Grass

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani