Foto 5 Bagian yang Sering Dilewatkan ketika Melakukan Perawatan Tubuh Eksfoliasi

5 Bagian yang Sering Dilewatkan ketika Melakukan Perawatan Tubuh Eksfoliasi

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Kotoran dan sel-sel kulit yang mati yang menumpuk seringkali menyebabkan kulit tampak kusam, kering, dan mengelupas. Untuk mengatasinya, lakukan eksfoliasi, termasuk di 5 bagian tubuh yang sering dilu

Perawatan tubuh sangat penting untuk kulit agar bisa tetap halus dan lembut. Penggunaan produk seperti lotion sangat penting untuk bisa melembapkan tubuhmu. Salah satu cara yang bisa menjaga kulitmu adalah dengan melakukan eksfoliasi kulit. Eksfoliasi merupakan rutinitas skincare yang harus dilakukan secara rutin kalau kamu ingin kulitmu tampak lebih halus dan cerah.

Eksfoliasi juga bukan hanya untuk kulit wajah saja, namun juga untuk kulit di bagian tubuh lainnya. Sayangnya banyak yang sering melewatkan bagian-bagian yang sebenarnya tak kalah pentingnya dengan wajah, seperti bagian tubuh yang berikut ini.

5 Bagian yang Sering Dilewatkan ketika Melakukan Perawatan Tubuh Eksfoliasi

Meskipun kesannnya mudah, tapi perawatan tubuh jenis ini jika tidak dilakukan dengan tepat tidak bisa mendapatkan hasil yang maksimal lho, ladies!

1. Bibir

Scrub bibir

Mungkin kamu sudah rutin mengeksfoliasi kulit wajahmu, namun bagaimana dengan bibirmu? Bibir seringkali terlewatkan. Padahal bibir yang tak pernah dieksfoliasi akan tampak kasar karena kulitnya yang kering dan mengelupas. Walhasil, lipstik yang kamu pakai pun tidak akan maksimal.

Caranya: Untuk melakukan eksfoliasi bibir, gunakanlah sikat gigi yang lembut. Gunakan untuk menggosok bibir dengan gerakan melingkar. Namun jangan terlalu kasar karena kulit di bibir sangatlah tipis dan mudah iritasi. Kamu juga bisa menggunakan gula pasir untuk mengeksfoliasi bibir. Apapun alat dan bahan yang kamu pakai, jangan lupa untuk melembabkan bibir sesudahnya menggunakan lip balm agar bibir semakin halus.

2. Bokong

Scrub bokong

Benjolan-benjolan yang membuat bokong terlihat tidak rata seringkali terjadi karena rambut-rambut halus tidak pernah dieksfoliasi dan terhimpit ketika kita duduk, memakai celana yang ketat, atau berada di kendaraan dalam waktu yang lama. Melakukan scrubbing pada bokong juga akan mencegah jerawat yang sering muncul di area tersebut.

Caranya: Untuk mengeksfoliasi pantat, kamu bisa menggunakan cleanser yang lembut dan sarung tangan yang biasa digunakan untuk eksfoliasi kulit tubuh. Cara ini sangat efektif untuk menghilangkan bulu-bulu dan memperhalus tekstur kulit. Lakukan beberapa kali dalam seminggu.

3. Lengan

Lengan

Apakah kulit di lengan atau paha bagian atasmu ada benjolan-benjolan halus? Hal itu bisa terjadi karena faktor genetis, dan 40% dari kita memang mengalaminya. Jadi tak perlu khawatir karena kamu bisa menguranginya dengan cukup mengeksfoliasinya secara rutin.

Caranya: Jangan berlebihan ketika mengeksfoliasi lengan kalau kulit di area tersebut memiliki banyak benjolan. Hal itu bisa menyebabkan kemerahan dan membuat kulitmu tampak semakin kasar. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari mengeksfoliasi secara mekanis. Pilihlah lotion yang juga berfungsi sebagai eksfoliator, misalnya saja yang mengandung alpha hydroxyl acids yang akan membuat kulitmu kian halus.

4. Kaki

Kaki

Kalau kamu suka mencukur bulu-bulu di kakimu, mungkin kamu sering merasakan perih akibat iritasi yang ditimbulkan oleh alat cukurmu. Untuk mencegahnya, kamu bisa menggunakan gel cukur eksfoliasi yang juga akan sekaligus mengeksfoliasi kulitmu.

Caranya: Gunakanlah alat cukur dengan 1 atau 2 pisau, dan cukur searah dengan arah tumbuhnya rambut. Kamu juga bisa mengganti krim cukurmu dengan glycolic wash agar hasilnya lebih lembut.

5. Tumit

Tumit

Tumit juga merupakan bagian tubuh yang seringkali luput dari perhatian. Padahal tumpukan kulit yang kering di tumit jika tidak dieksfoliasi akan semakin pecah-pecah.

Caranya: Sebelum tidur, olesi tumit dengan krim yang mengandung urea untuk mempertipis kulit tumit yang tebal. Pakai kaos kaki agar efeknya lebih maksimal. Cara ini juga cukup efektif untuk diaplikasikan pada siku atau kalau kamu sedang liburan di pantai, ambil sedikit pasir pantai dan tambahkan sedikit air laut. Gunakan pasir tersebut sebagai scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati.


Jangan sampai terlewatkan lagi ya, ladies!

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2021 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini