Foto 5 Cara Melembapkan Kulit Berminyak yang Perlu Kamu Lakukan

5 Cara Melembapkan Kulit Berminyak yang Perlu Kamu Lakukan

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Moisturizer diperlukan untuk menjaga kelembaban dan kelembutan kulit, apapun jenis kulitmu. Kalau kulitmu berminyak, kamu harus memilih dan menggunakan moisturizer dengan tepat. Mau tahu caranya?

Jenis kulit setiap orang berbeda-beda. Ada jenis kulit kering, berminyak, maupun normal. Semua jenis kulit tersebut tetap memerlukan kelembapan lho, ladies! Termasuk kulit berminyak. Kulit berminyak seringkali disertai dengan pori-pori yang membesar dan karena produksi minyak berlebihan, pori-pori pun bisa tertutup oleh minyak dan memicu komedo serta jerawat. Memang, cara melembapkan kulit yang salah bagi pemilik kulit berminyak malah akan mentupi pori-pori.

Banyak yang mengira karena wajah mereka sudah berminyak, mereka tak perlu menggunakan moisturizer karena takut wajah akan semakin berminyak. Padahal, seperti halnya jenis kulit lainnya, moisturizer sangatlah vital bagi kesehatan kulit. Untuk kamu yang memiliki kulit berminyak, tak perlu khawatir karena kamu pun tetap bisa memakai moisturizer dengan aman. Ikuti saja tips berikut ini.

5 Cara Melembapkan Kulit Berminyak yang Perlu Kamu Lakukan

Selalu lakukan ini meskipun kulit kamu berminyak ya, ladies!

1. Pilih Moisturizer yang Mengandung Bahan untuk Eksfoliasi

Moisturizer

Kulit kita selalu melepas sel-selnya yang sudah tua dan menggantinya dengan yang baru. Sel-sel kulit yang sudah tua dan mati tersebut jika tidak dibuang akan menumpuk di kulit dan membuat kulit terlihat kusam. Dipadukan dengan kulitmu yang sangat berminyak, wajahmu akan sangat riskan berjerawat. Kamu bisa menemukan berbagai macam produk untuk eksfoliasi. Ada juga moisturizer yang mengandung bahan eksfoliator, seperti produk-produk yang mengandung glycoic acid, lactic acid, malic acid, atau salicylic acid. Semuanya adalah AHA atau alpha hydroxyl acids yang mampu membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan meregenerasi dengan lebih cepat. Selain itu, AHA juga dapat mengurangi minyak di wajahmu.   

2. Pilih Produk yang Ringan dan Oil-Free

Moisturizer

Hal ini adalah hal yang paling penting, jangan sampai cara melembapkan kulit kamu malah menutup pori-pori dan membuat jerawat. Moisturizer terbaik untuk kulit berminyak adalah moisturizer yang ringan, non-comedogenic (tidak menutup pori-pori), dan oil-free. Krim-krim yang kental dan berat tidak dibuat untuk kulit berminyak. Formula moisturizer yang ringan tidak akan memicu jerawat. Selain itu, banyak juga produk yang mengandung talc, yang cukup berguna untuk mengurangi efek mengkilap di wajah. Kamu juga bisa mencari produk yang mengandung anti-bacterial untuk mengatasi jerawatmu.

3. Bersihkan, Rawat, dan Lembapkan

Merawat wajah

Urutan pemakaian produk skincare ternyata juga tak kalah penting, terutama jika kamu menggunakan produk yang riskan menyebabkan dehidrasi kulit. Pertama-tama, cuci wajahmu dengan mild cleanser, kemudian keringkan dengan lembut. Gunakan produk-produk topikal atau krim dokter yang biasa kamu gunakan untuk mengobati jerawat. Setelah itu, pakailah moisturizer yang ringan. Menggunakan moisturizer juga akan membantu kerja krim jerawat tersebut.

4. Aplikasikan Moisturizer dengan Benar

Moisturizer

Sepertinya sepele, namun mengaplikasikan moisturizer pun ada tekniknya sendiri. Selalu pakai lotion pelembabmu secukupnya menggunakan tangan, dan dengan sentuhan yang lembut. Mulailah dari pipi, dengan gerakan ke arah luar (tidak melingkar atau naik turun), dan ketika mengaplikasikannya di area mata, pastikan gerakanmu sangat lembut dan mengarah keluar ke arah pelipis. Untuk area leher dan dahi, gunakan gerakan ke atas. Gunakan pelembab 3 menit usai membasuh wajahmu agar manfaatnya semakin maksimal.

5. Kombinasikan Moisturizer dan Sunscreen

Moisturizer

Sebenarnya apapun jenis kulitmu, penting sekali untuk selalu menggunakan sunscreen agar kulit terhindar dari efek negatif sinar matahari yang dapat memicu penuaan dini kulit. Kalau kamu memiliki kulit yang berminyak dan berjerawat, kamu mungkin menggunakan krim jerawat sehari-hari. Padahal krim-krim jerawat banyak yang mengandung retinoid, sehingga kulit akan lebih sensitif terhadap sinar UV. Untuk itulah kamu tidak boleh melewatkan sunscreen. Kamu pun bisa mencari produk yang sekaligus mengandung SPF, atau gunakan sunscreen spray agar tidak terlalu tebal.


Nah, itu dia ladies, tetap pakai moisturizer meski kulitmu berminyak.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Sebotol Nutrisi Untuk Wajahmu Dalam Satu Sheet Mask

Sebotol Nutrisi Untuk Wajahmu Dalam Satu Sheet Mask

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Cerah Seketika dengan Let it Glow Mask dari Everwhite!

Cerah Seketika dengan Let it Glow Mask dari Everwhite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Feel The New You With Wardah

Feel The New You With Wardah

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Peluncuran Produk Dr.Jart+ Cicapair dengan Tiger Grass

Peluncuran Produk Dr.Jart+ Cicapair dengan Tiger Grass

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani