Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Mandi dengan Air Dingin Bisa Menurunkan Berat Badan? Apa Benar?

Ternyata mandi dengan air dingin memiliki banyak manfaat lho. Apa saja?

Santi Berlinawati

Ladies, kalau kamu selama ini lebih suka mandi air hangat atau panas, sepertinya kamu harus mulai mencoba mandi air dingin mulai sekarang. Kenapa? Karena banyak sekali efek positif yang bisa kamu dapatkan dengan mandi air dingin. Kamu bisa menurunkan berat badan, jarang sakit, lebih berenergi, dan masih banyak lagi. Yuk, simak info lengkapnya!

7 Manfaat Mandi dengan Air Dingin yang Bisa Kamu Dapatkan

Kamu pasti akan terkejut dengan manfaat yang bisa kamu dapatkan

1. Lemak Berkurang

Lemak

Ketika tubuh bertahan di suhu yang dingin, ternyata hal itu juga mengubah cara tubuh bermetabolisme. Dengan suhu dingin, tubuh akan mengubah lemak kuning yang tidak sehat menjadi lemak cokelat yang aktif. Hal inilah yang akan berperan penting dalam penurunan berat badan dan berkurangnya lemak di tubuh kita. Tak hanya itu, tubuh juga akan membakar lebih banyak kalori di suhu yang dingin karena tubuh menggunakan lebih banyak energi untuk menjaganya dari kedinginan.

2. Jarang Sakit

Jarang sakit

Kalau banyak yang mengira mandi air dingin bisa memicu flu, pada kenyataannya mandi air dingin justru bisa menjadikanmu lebih sehat dan jarang sakit. Berdasarkan studi, mandi air dingin dapat mengurangi frekuensi sakit seseorang hingga 30%. Mandi air dingin ternyata bisa meningkatkan daya tahanmu ketika kuman menyerang.  

3. Energi Bertambah

Kuat

Kalau kamu pernah mencoba Ice Bucket Challenge yang beberapa lama lalu ramai di sosmed, kamu pasti tahu bagaimana rasanya mengguyur badanmu mulai dari kepala bisa benar-benar menyegarkan tubuhmu. Hal tersebut karena efek shock yang kamu buat tersebut akan mengaktifkan endorphin, yaitu hormon yang akan membuatmu merasa senang. Salah satu efek endorphin adalah perubahan energi dan vitalitas yang cepat sekali dan energi yang dihasilkan tersebut pun dapat bertahan lebih lama. Selain itu, mandi air dingin juga mampu mengurangi rasa lelah yang berlebihan.

4. Meningkatkan Toleransi Terhadap Rasa Sakit

Sakit

Kalau kamu mengalami rasa sakit yang kronis, kamu pun bisa menguranginya dengan mandi air dingin di pagi hari. Hormon endorphin yang dihasilkan dengan mandi air dingin juga bisa mengurangi rasa sakit. Dan efek tersebut tidak hanya terjadi usai mandi air dingin, namun juga berpengaruh pada meningkatnya  toleransi terhadap rasa sakit secara keseluruhan.

5. Membantu Depresi

Mandi air dingin di pagi hari juga sangat bermanfaat bagi mereka yang sedang mengalami depresi berat dan stres. Air dingin akan mengirimkan impuls listrik dalam jumlah yang sangat banyak dari syaraf ke otak, yang nantinya akan menghasilkan efek anti depresi. Jadi kalau kamu sedang merasa tertekan, mandi saja air dingin di pagi hari, pasti mood-mu sebentar lagi akan membaik.

6. Meningkatkan Fokus

Fokus berpikir

Dengan mandi air dingin, kamu akan merasa lebih fokus seperti ketika usai minum kopi. Dan kabar baiknya, kamu tak perlu merasakan efek gelisah yang sering terjadi usai minum kopi akibat kafein yang terkandung di dalamnya. Air dingin akan mengaktifkan sistem emergency tubuhmu, sehingga perhatian dan fokusmu pun akan meningkat. Kamu akan lebih fokus dan mampu berkonsentrasi dengan lebih baik.

7. Lebih Cepat Memulihkan Rasa Lelah Usai Berolahraga

Olahraga

Banyak atlit profesional yang sudah membuktikan sendiri jika mandi air dingin usai melakukan latihan berat bisa mengurangi rasa nyeri otot, dan memulihkannya dalam waktu yang lebih cepat. Beberapa ahli menemukan bahwa mandi air dingin dapat meningkatkan aliran darah dan mengurangi inflamasi.

Tak disangka ya, ternyata banyak juga manfaat yang bisa kita dapat dari mandi air dingin?    

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy