Foto 6 Rahasia Awet Muda yang Bisa Kamu Dapatkan dari Kolagen

6 Rahasia Awet Muda yang Bisa Kamu Dapatkan dari Kolagen

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Pernahkah kamu memperhatikan kulit bayi yang masih kenyal dan halus? Berbeda sekali dengan kulit kita yang sudah mulai mengendur dan kusam. Mau tahu nggak caranya agar kulit kembali muda seperti bayi?

Perbedaan mencolok antara kulit bayi dan kulit orang dewasa terjadi karena jumlah kolagen yang jauh lebih banyak pada bayi dibandingkan dengan orang dewasa. Kolagen memang merupakan komponen utama pada lapisan bawah kulit. Kolagen sangat menentukan kekencangan dan keelastisan kulitmu. Sayangnya, di usia 30an, produksi kolagen kita mulai menurun.

Selain usia, ada faktor-faktor lain yang juga bisa menyebabkan kerusakan collagen, termasuk sinar UVA dan kebiasaan merokok. Namun, tak perlu khawatir karena kamu masih bisa memperbaiki produksi collagen-mu dengan berbagai macam cara. Yuk, simak rahasia awet muda dengan kolagen berikut ini.

6 Rahasia Awet Muda yang Bisa Kamu Dapatkan dari Kolagen

Menjadi awet muda bukan sebuah impian lho, ladies!

1. Masker Kolagen

Masker

Masker kolagen  diperkaya dengan berbagai kandungan nutrisi untuk kulit, terutama collagen. Bahan-bahan aktif yang terkandung di dalam masker collagen akan dapat diserap dengan sangat baik ke dalam kulit dibandingkan produk topikal lainnya. Kalau digunakan secara teratur, kulitmu akan terlindungi dari radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan kulit sehingga wajah pun lebih awet muda.

2. Krim Kolagen

Kolagen

Banyak sekali krim anti-aging yang mampu meningkatkan produksi collagen dengan kandungan bahan tertentu, seperti algae dan Matrixyl. Pilihlah krim yang memang spesifik ditujukan untuk produksi collagen. Jangan pernah melewatkan pemakaiannya agar kulitmu yang kendur, berkeriput, dan kusam kembali kenyal dan halus

3. Collagen Powder

Collagen powder

Sumber: Empowersustenance

Salah satu cara untuk memperbaiki produksi collagen adalah dengan memasukkannya ke dalam menu sehari-hari kita. Kamu bisa menambahkan 1 sendok collagen powder ke dalam smoothie agar suplai collagen di tubuhmu kembali mencukupi, sehingga kulit pun kembali kenyal.

4. Minuman Kolagen

Minuman kolagen

Sumber: Japanichi

Ketika fragmen molekul yang terkandung di dalam minuman collagen diserap oleh tubuhmu ke dalam aliran darah dan disebarkan ke seluruh tubuh, termasuk kulit, fragmen tersebut akan bertahan selama 14 hari. Ketika fragmen tersebut rusak, tubuh pun akan mengira bahwa produksi kolagen alami kita menurun. Hal ini akan menstimulasi fibroblast untuk memproduksi lebih banyak lagi kolagen. Dengan semakin membaiknya produksi kolagen, kamu juga akan semakin terlihat muda.

5. Suplemen Kolagen

Suplement kolagen

Sumber: Mylovelysister

Seperti halnya collagen powder dan collagen drink, suplemen collagen yang biasanya tersedia dalam bentuk pil dan kapsul dapat membantu meningkatkan produksi collagen. Suplemen collagen biasanya merupakan kombinasi dari collagen dan beberapa kandungan berkhasiat lainnya, seperti Hyaluronic Acid dan Vitamin C dan E untuk melindungi collagen yang sudah ada serta meningkatkannya. Di samping itu, suplemen collagen juga bermanfaat bagi produksi collagen dengan cara melindungi kulit dari efek buruk lingkungan, termasuk radikal bebas. Hal ini akan merangsang tubuh memproduksi collagen secara alami, dan kulit pun kian kencang.

6. Makanan yang mengandung Kolagen

Makan kolagen

Banyak makanan segar yang juga mengandung collagen. Sayuran hijau tua, seperti bayam dan kale, sangat kaya akan antioksidan yang mampu melindungi kulitmu dari radikal bebas perusak collagen. Selain itu, sayuran atau buah berwarna orange pun memiliki khasiat yang sama, seperti wortel dan ubi. Bawang putih juga mengandung lipoic acid dan taurine yang bisa membangun kembali kolagen yang rusak. 


Ternyata banyak sekali pilihan untuk memperbaiki kolagen agar kulit kita selalu awet muda.

Tags:

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini