Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Yuk Buat Baju Lama Jadi Modis Kembali dengan Cara Ini

Punya sweater atau jeans lama yang hanya menumpuk di sudut alamarimu? Yuk kreasikan dengan tutorial yang berikut ini.

Santi Berlinawati

Di tahun yang baru ini, pastinya kamu selalu ingin terlihat trendy dengan gaya terbaru kamu. Jika kamu tidak memiliki banyak budget untuk tampil stylish, jangan khawatir kamu tidak bisa tampil trendy. Caranya adalah jangan asal buang baju-baju lamamu, karena dengan sedikit kreativitas dan ketrampilan, kamu bisa mengubahnya menjadi baju yang lebih stylish.

Membeli baju baru memang menyenangkan. Namun, daripada membeli yang baru lebih baik manfaatkan saja baju-baju lama. Melalui cara itu, kamu bisa lebih berhemat. Mau tahu caranya? Ikuti saja tutorial yang satu ini.

Mengubah Sweater Lama Jadi Shoulder Cut-Out yang Edgy

Shoulder sweater

Sumber: Lovemaegan

Sweater longgar atau sweater nenek-nenek pun ternyata bisa disulap jadi baju stylish yang bikin gayamu makin keren. Kamu hanya perlu memodifikasinya sedikit. Tak perlu khawatir, karena tutorial ini tak memerlukan mesin jahit. Hanya dengan sedikit jahitan tangan, sweater lama pun kini bisa kamu pakai dengan lebih gaya lagi.

Perlengkapan: Sweater lama, gunting, jarum, benang sesuai warna sweater, dan jarum pentul.

Langkah-langkah:

1. Guntinglah bagian atas pada pundak, yaitu pada bagian jahitannya. Gunting hanya bagian pundaknya saja, jangan melebihi leher dan lengan. Atau kamu juga bisa membuka jahitan di dalamnya.

2. Kalau sweater-mu tidak memiliki jahitan di bagian pundak, kamu bisa mengira-ngira sendiri. Kenakan sweater tersebut dan tandai, kemudian gunting.

3. Gulung bagian pinggir kain yang terpotong tadi ke arah dalam sebanyak 2 kali lipatan. Kamu bisa menggunakan jarum pentul untuk menahan lipatannya sembari menjahit. Pastikan pinggiran kain tersembunyi di dalam.

4. Mulai dari bagian leher, jahitlah lipatan tadi serapi mungkin. Usahakan agar benangnya tidak begitu kentara.

5. Pastikan bagian leher dan lengannya tersambung dengan halus, sehingga sweater-mu akan terlihat seperti baju baru yang mahal.

6. Ketika menjahit, hati-hati agar benang pada sweater tidak tertarik. Tak perlu menjahitnya terlalu kencang. Biarkan sedikit longgar namun aman.

7. Pasangkan dengan skinny jeans, dan penampilanmu pun pasti lebih fashionable.

Upgrade Jeans Menjadi Splatter Paint Jeans

Jeans

Sumber: damask-love

Punya jeans usang yang jarang dipakai karena modelnya sudah ketinggalan jaman? Upgrade saja sendiri menjadi jeans funky dengan detail coretan kuas berwarna-warni. Tak hanya jeans usang, jeans baru pun bisa kamu modifikasi seperti ini kalau kamu ingin tampil beda. Terlebih lagi, modifikasi ini tak perlu menggunakan jarum atau benang. Cukup beberapa warna cat dan kuas, serta coretan-coretan artistikmu sembari bersenang-senang.

Perlengkapan:

Celana jeans, cat acrylic untuk craft (kuning, pink, merah, hijau muda, biru muda, dan putih), kuas, mangkuk, sendok plastik, kain, dan terpal atau alas lainnya agar lantai tidak terkena cat.

Langkah-langkah:

1. Tempatkan setiap warna cat acrylic di mangkuk yang berbeda.

2. Gunakan sendok dan kuas yang berbeda untuk masing-masing warna agar warnanya tidak tercampur.

3. Sapukan kuasmu satu per satu pada celana.

4. Bermain-mainlah dengan teknik sapuan kuasmu, meneteskan cat, dan memercikkan cat. Teknik yang bermacam-macam akan semakin memperkaya desain jeans-mu.

5. Jika sudah selesai, biarkan semalaman sampai cat kering.

6. Masukkan ke dalam dryer keesokan harinya agar warnanya semakin menempel kuat.

7. Cucilah dan keringkan lagi seperti biasa. Jeans-mu pun kian stylish dengan warna-warni cerah yang sangat atraktif.

Bagaimana, ladies? Kalau begini, baju lama kamu bisa jadi modis kembali dengan cara ini bukan? Selamat mencobanya!

Tagged in:
Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy