Kawaii Beauty Japan

Makeup

Pilih Mana untuk Base Make up Wajah Kamu? BB Cream, CC Cream, atau Foundation?

Bukankah semuanya sama saja?

Hikma Adriani

Sebagai seorang wanita, tentunya kita merasa kurang percaya diri tanpa menggunakan make up. Tidak main-main, make up yang sering digunakan wanita pun banyak sekali meskipun untuk penggunaan sehari-hari. Dibanjiri dengan begitu banyak produk make up sekarang ini, kita sebagai konsumen tentu bingung memilih mana yang sekiranya pas untuk kita.

Semua sama-sama mengaku paling bagus dan paling cocok untuk kulit. Namun, benarkah begitu? Sebagai contoh, BB Cream, CC Cream, dan foundation sama-sama berfungsi sebagai base makeup. Ketiganya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Nah ladies, berikut ini kita akan memberikan penjelasan dan perbedaan dari BB Cream, CC Cream, dan foundation. Kamu bisa memilih mana yang paling pas untukmu.

BB Cream

BB Cream

BB adalah singkatan dari blemish balm, sebuah inovasi kecantikan yang dibuat untuk menutupi kekurangan pada kulit, sekaligus tetap menampilkan tekstur kulit yang asli. BB cream mengandung bahan-bahan perawatan kulit juga, jadi selain menutupi kekurangan, produk ini juga menutrisi kulit. Ada juga produk BB cream yang mengandung SPF, sehingga ideal untuk dipakai sehari-hari sebelum keluar rumah. Untuk soal coverage, BB cream menyediakan coverage dari yang sheer (ringan) sampai medium dan tidak akan membuatmu terlihat seperti memakai topeng. BB cream bisa dibilang sebagai tinted moisturizer yang dikemas dengan formula skincare.

Kekurangan: BB cream cuma punya shade yang terbatas, jadi hati-hati dalam memilih shade. Salah-salah mukamu jadi terlihat abu-abu.

Kelebihan: BB cream cocok untuk semua jenis kulit. Sempurna untuk kamu yang kerjanya tiap hari di depan monitor dan tidak terbiasa pakai foundation. Sudah memiliki SPF di dalamnya sehingga kamu tidak perlu lagi repot mengaplikasikan sunblock sebelumnya.

CC Cream

CC Cream

CC merupakan singkatan dari color correcting, sehingga cream ini efektif untuk kamu yang memiliki masalah kemerahan pada kulit atau kulit yang warnanya kusam. Sama seperti BB cream, CC cream juga mengandung komposisi yang bisa menutrisi kulit. Kamu bisa menggunakan CC cream sebagai foundation primer untuk meratakan warna kulit wajah. CC cream lebih ringan dari BB cream, sehingga cocok untuk kulit berjerawat. bisa digunakan setiap hari.

Kelebihan: CC cream adalah, produk ini sempurna untuk kamu yang memiliki kulit kering dan tidak terbiasa pakai foundation.

Kekurangannya: karena ringan, CC cream coverage-nya juga sheer, sehingga tidak mampu menutupi jerawat.

3. Foundation

Foundation

Foundation dibuat untuk coverage. Produk ini mampu meratakan warna kulit, menutupi jerawat dan bekasnya, dan kekurangan lain pada wajah dengan sempurna (tergantung formula pigmentasi tiap produk). Foundation bisa berupa liquid, cream, powder, cushion, dan serum karena fungsi utama foundation adalah untuk menutupi, maka hasilnya cenderung seperti topeng di wajah. Meskipun begitu, banyak foundation yang sekarang ini memakai formula baru yang mengandung skincare dan SPF, sehingga kulitmu bisa jadi sempurna sekaligus dirawat dan dilindungi, hasil akhir foundation bermacam-macam, dari mulai matte sampai dewy, tergantung tampilan make up apa yang ingin kamu pakai.

Foundation yang cocok untuk sehari-hari adalah yang berbentuk cushion dan serum, karena mereka ringan di kulit. Plus, foundation cushion atau serum rata-rata memiliki bahan aktif perawatan kulit, sama seperti BB cream dan CC cream.

Kelebihan: Banyak pilihan shade yang sesuai dengan jenis kulit.

Kekurangan: Salah menggunakan formula untuk kulit malah bisa membuat wajah menjadi semakin berminyak dan make up menjadi tampak luntur.

Jadi, sudah tahu mana yang lebih cocok untukmu kan, ladies?

Tagged in:
Hikma Adriani
Mahasiswa jurusan Akuntansi yang merangkap sebagai barista. Sangat suka dengan budaya Jepang.
Share this article

Artikel Terkait