Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Ini Dia 5 Manfaat Air Beras yang Sering Digunakan oleh Wanita Jepang

Air beras memang sering dimanfaatkan oleh wanita asia untuk mempercantik kulit seperti negara-negara di Asia terutama wanita Jepang. Apa saja sebenarnya manfaatnya?

Hikma Adriani

Jangan langsung membuang air beras yang telah kamu gunakan untuk mencuci beras. Air beras memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kamu dan sudah bertahun-tahun digunakan oleh geisha Jepang dalam merawat kecantikan kulit mereka. Bahkan tidak hanya kulit, namun juga bagus untuk bagian tubuh kamu lainnya lho.

Cara membuat air beras ini mudah, kamu hanya perlu menuangkan air beras bekas mencuci beras ke dalam wadah dan bisa langsung kamu gunakan. Apa sajakah sebenarnya manfaat air beras yang bisa kamu dapatkan? Yuk, simak!

Ini Dia 5 Manfaat Air Beras yang Sering Digunakan oleh Wanita Jepang

Selalu penasaran dengan kulit wanita asia yang cantik dan mulus, rupanya ini rahasianya lho!

1. Mencerahkan Wajah

Wajah yang cerah

Cara mencerahkan wajah dengan air beras yang benar itu sebetulnya simple-simpel ribet. Pertama-tama kamu harus cuci sekilas berasmu agar kotoran-kotoran seperti debu yang menempel terbawa air. Setelah itu baru rendam beras di dalam air seperti biasa, aduk-aduk dan diamkan sampai air menjadi berwarna putih kental seperti susu. Boleh juga diamkan 30 menit agar nutrisi dari beras masuk ke air.

Setelah itu, pisahkan air dengan berasnya dan diamkan air rendaman tersebut selama semalam hingga terdapat endapan. Endapan inilah yang bisa kamu gunakan untuk maskeran. Pakai masker ini dalam 30 menit selama seminggu, kulit wajahmu akan menjadi lebih cerah, noda hitam berkurang, dan juga lebih kenyal dan awet muda!

2. Mengatasi Rambut Rusak

Rambut rusak

Rambut kamu kusut? Air beras juga bisa jadi solusinya loh! Cukup dengan membilas rambutmu dengan air bekas perasan beras setelah keramas, rambutmu dapat menjadi sangat lembut dan lebih kuat. Kenapa? Asam amino dalam air beras ternyata membantu dalam regenerasi kulit dan rambut kita. protein yang terkandung di dalamnya juga bisa mengisi celah-celah rusak dalam rambutmu. Sudah tahu kan kalau rambut terbentuk dari protein?

3. Melembutkan Kulit

Kulit yang lembut

Memiliki manfaat seperti susu, air beras juga bisa melembutkan kulit dan mencerahkan kulit kusam. Simpan saja air bekas mencuci berasmu (dicuci dua kali ya, gunakan hasil cucian kedua) untuk mandi. Protein dan vitamin B, C, dan E di air beras bisa membersihkan kulitmu sekaligus menutrisi. Jangan malas lagi ya kalau disuruh mencuci beras dan buat nasi sama mama! :D

4. Mengecilkan Pori dan Menyejukkan Kulit

Mengecilkan pori

Yup! Air beras juga bisa kamu gunakan sebagai toner. Air perasan beras biasa kamu simpan campur dengan air mineral, simpan di botol toner biasa, dan pakai kapas untuk mengaplikasikannya ke wajahmu. Air beras sudah terbukti bisa meredakan kemerahan dan radang. Toner ini juga bisa membersihkan wajahmu dengan lembut.

5. Menyembuhkan Penyakit Kulit

Penyakit kulit

Rasa adem yang ditimbulkan oleh air beras dapat membantu menyembuhkan gatal-gatal karena iritasi dan masalah kulit. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Brussels University, pasien dengan penyakit atopic dermatitis (penyakit radang kulit) mengalami kesembuhan sebesar 20% setelah berendam selama 15 menit dengan menggunakan air berasa dua kali dalam sehari.

Untuk semua trik tadi, jangan lupa untuk memakai beras yang berkualitas bagus ya! Jangan sampai kamu mau bersihini rambut dengan air berkutu. Selamat mencobanya, ladies!

Tagged in:
Hikma Adriani
Mahasiswa jurusan Akuntansi yang merangkap sebagai barista. Sangat suka dengan budaya Jepang.
Share this article

Artikel Terkait