Foto Perlukah Kita Memakai Toner Pembersih Wajah?

Perlukah Kita Memakai Toner Pembersih Wajah?

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Ladies, apakah kamu memakai toner untuk merawat kulitmu? Sebenarnya, apa sih toner itu dan benarkah jika produk skincare yang satu ini bermanfaat untuk wajah kita?

Beberapa tahun yang lalu mungkin kamu ingat produk toner yang sangat kental dengan kandungan astringent-nya sempat booming, namun kemudian menghilang dan beberapa tahun ini toner sepertinya mulai kembali lagi dalam versi yang lebih bervariasi. Kamu bisa menemukan berbagai macam toner dari brand-brand kosmetik ternama dengan mudah. Namun, apakah benar jika toner itu sangat diperlukan untuk membersihkan wajah kita? Sebaiknya kamu simak informasi lengkap mengenai toner yang berikut ini.

Apa Sebenarnya Toner Pembersih Wajah Itu?

Toner

Toner merupakan cairan water-based yang memiliki konsistensi seperti cuka dan memiliki kandungan aktif untuk mengatasi beberapa masalah kulit. Toner tak hanya efektif untuk mengangkat minyak dan sisa-sisa makeup. Toner juga berguna untuk merawat, memperbaiki, dan memperhalus permukaan kulit. Produk skincare yang satu ini dapat kamu gunakan untuk mengurangi jerawat dan meminimalisir tanda-tanda kemerahan dan inflamasi. Di samping itu, toner juga sangat baik untuk mempersiapkan kulitmu sebelum menerima krim atau serum anti-aging-mu.

Apakah Toner Cocok untuk Semua Jenis Kulit?

Toner

Karena produk ini ditujukan untuk menyerap dan mengontrol minyak dan kotoran yang dapat masuk ke dalam pori-pori kulit, apakah toner hanya cocok digunakan oleh mereka yang memiliki kulit berminyak dan riskan berjerawat? Tidak juga, karena sekarang ini banyak sekali toner yang memiliki kualitas sangat bagus dengan kandungan yang sama seperti yang terdapat pada produk skincare lainnya. Beberapa toner terbaik untuk kulit berjerawat mengandung bahan eksfoliasi, seperti asam amino buah atau glycolic acid. Sementara itu untuk kulit sensitif, banyak toner yang terbuat dari thermal spring water yang meredakan kulit sensitif dan melembutkannya.

Namun, apapun jenis kulitmu, sebaiknya kamu memilih toner dengan formula alcohol-free karena alkohol dapat membuat kulitmu kering yang membuat wajah menjadi lebih cepat tua.

Bagaimana Cara Memakainya?

Toner

Setelah membersihkan kulit wajahmu. Tuangkan toner sebanyak dua hingga tiga tetes ke atas kapas. Cara ini sangat direkomendasikan karena kapas tidak akan menyerap toner terlalu banyak, dan toner pun akan lebih mudah diaplikasikan pada wajah. Pastikan kamu menuang toner dalam jumlah yang cukup, sehingga kapas akan terasa lembab namun tidak terlalu basah sehingga kamu tidak akan membuang-buang tonermu. Oleskan pada wajah, leher, dan dadamu. Tekan-tekan sedikit agar toner bisa masuk sampai ke dalam pori-porimu, tapi jangan terlalu keras hingga menarik kulitmu.

Saat ini banyak juga toner yang tersedia dalam bentuk spray sehingga akan lebih mudah bagimu untuk menggunakannya. Jangan lupa ketika memilih toner dalam bentuk spray atau mist, pilih yang alcohol-free. Kamu juga bisa mencari yang mengandung vitamin C yang sangat bagus untuk menjaga keseimbangan kelembaban kulit, mencerahkan kulit, dan membantu meningkatkan produksi kolagen.

Seberapa Seringkah Boleh Memakai Toner?

Memakai toner

Meski manfaatnya bagus, kamu sebaiknya tidak berlebihan dalam memakai toner. Terlalu sering menggunakan toner akan membuat pori-pori memproduksi minyak secara berlebihan karena itulah sistem yang dimiliki oleh kulit tubuh kita. Ketika kulit kita merasa kekurangan kelembaban, maka kulit pun akan memproduksi minyak. Akan tetapi, kamu masih bisa memakainya setiap pagi dan malam, terutama jika kulitmu berminyak. Gunakan langsung setelah kamu membersihkan wajah dari kotoran dan minyak sebelum kamu memakai serum dan produk skincare lainnya. Jika kulitmu cenderung kering, gunakan toner hanya di malam hari. Dengan begitu, kotoran dan minyak akan keluar dari pori-porimu, dan kulitmu pun akan dapat beregenerasi dengan lebih maksimal ketika kamu tidur.


So ladies, ternyata kamu akan mendapatkan manfaat yang cukup besar dengan memakai toner. Jadi, jangan sampai lewatkan!   

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini