Kawaii Beauty Japan

Makeup

5 Kesalahan Cara Memakai Makeup Ketika Kamu Terburu-buru

Akibat memakai makeup dalam kondisi terburu-buru, mungkin makeup-mu jadi mudah luntur, terlalu mengkilap, ataupun menampakkan kulit yang kering. Hal tersebut bisa terjadi karena 5 kesalahan ini.

Santi Berlinawati

Makeup adalah hal penting bagi semua wanita. Tentunya kita akan merasa tidak percaya diri jika kita tidak memakainya. Cara memakai makeup yang tepat dapat membuat wajah kita terasa lebih cantik dan kekurangan pada wajah dapat tertutupi. Namun, berdandan memang memakan waktu yang tidak sedikit setiap harinya sehingga kita harus menyiapkan waktu lebih terutama di pagi hari.

Sepertinya setiap pagi kita selalu saja terburu-buru dan tak banyak memiliki waktu untuk berdandan. Karena terburu-buru, biasanya kita akan melewatkan beberapa langkah ketika mengaplikasikan makeup. Padahal, ada langkah-langkah tertentu yang tidak boleh sampai dilewatkan karena bisa berakibat fatal pada hasil makeup dan ketahanannya. Berikut ini adalah 5 kesalahan yang sering dilakukan ketika memakai makeup pada saat terburu-buru.

5 Kesalahan Cara Memakai Makeup Ketika Kamu Terburu-buru 

Jangan melakukan kesalahan ini meskipun kamu terburu-buru ya, ladies!

Kesalahan 1: Tidak Menghilangkan Minyak dari Wajahmu Sebelum Memakai Makeup

Blotting paper

Minyak adalah musuh yang paling utama jika kamu ingin makeup-mu tahan lama. Bahkan meskipun kamu sudah memakai cleanser, minyak tetap bisa muncul di permukaan kulit dan merusak makeup-mu dari bawah. Oleh sebab itulah penting sekali untuk menyapukan kertas minyak di permukaan wajahmu terutama di area yang riskan ditutupi minyak, seperti area T-zone atau dagu.

Kelopak mata pun juga jangan sampai terlewatkan karena daerah ini juga seringkali terlihat berminyak. Lakukan blotting pada kelopak mata dengan menggunakan tisu atau kapas. Begitu juga dengan garis bulu mata atas dan bawah. Dengan begitu, foundation dan eyelinermu akan selalu tampak halus dan matte.

Kesalahan 2: Melewatkan Moisturizer

Mosturizer

Menggunakan moisturizer bukan hanya penting bagi kulitmu yang memerlukan kelembaban. Melewatkan langkah ini juga akan membuat makeup-mu terlihat tua. Selain itu, jika kulitmu sudah kering, kulitmu yang mengelupas atau berwarna keputihan juga akan tampak lebih jelas. Jadi, pijatkanlah moisturizer agar meresap ke dalam kulit, dan biarkan selama setidaknya 5 menit. Setelah itu, gunakan foundation.

Kesalahan 3: Membaurkan Foundation dengan Cara yang Salah

Foundation

Dengan kata lain, kamu menyebar foundationmu dengan rata dan arah lurus di seluruh permukaan kulit wajahmu. Hal itu akan menghasilkan garis yang kasar dan tidak menutupi titik yang paling memerlukannya. Apa yang seharusnya kamu lakukan adalah menepuk-nepuknya dengan arah memutar mulai dari bagian tengah wajah menuju keluar. Cara inilah yang paling tepat jika kamu ingin foundation-mu terlihat lebih alami dan menyatu dengan kulitmu. Kamu bisa melakukannya menggunakan face brush, beauty blender, ataupun ujung jarimu.

Kesalahan 4: Tidak Mengunci Makeup Kamu dengan Loose Powder

Mengunci makeup

Meskipun kamu sudah menghilangkan minyak dari wajahmu, namun itu bukan satu-satunya alasan makeup-mu mudah meleleh. Concealer dan foundation yang creamy semakin lama akan mulai pecah jika tidak dikunci. Untuk mencegahnya, kamu tidak boleh melewatkan menaburkan translucent loose powder. Semakin ringan formulanya semakin bagus. Namun, hati-hati untuk tidak melakukannya secara berlebihan. Terlalu tebal mengaplikasikan bedak akan membuat wajahmu tampak seperti topeng dan menghilangkan efek glowing-nya.

Kesalahan 5: Menggumpalkan Maskara

Maskara

Agar maskara yang kamu pakai tidak menggumpal, kamu harus membersihkan brush mascara dari sisa-sisa produk yang menempel dari pemakaian sebelumnya. Kamu bisa menggulirkan ujung maskaramu di atas tisu sehingga gumpalan mascara kering tidak akan menempel di bulu matamu. Untuk mengaplikasikannya, mulailah dari akar bulu mata. Goyangkan bulu mata ke depan dan belakang menuju atas sehingga hasilnya lebih rata dan tidak membentuk jaring laba-laba dan jangan lupa untuk menutup maskara rapat-rapat usai memakainya agar tidak kering.

Jadi, seburu-buru apapun kamu, jangan sampai lewatkan 5 hal di atas ya.       

Tagged in:
Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait