Foto 6 Tips Mencegah Jerawat yang Perlu Kamu Lakukan di Tahun 2017 Ini

6 Tips Mencegah Jerawat yang Perlu Kamu Lakukan di Tahun 2017 Ini

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Jengkel dengan jerawat yang tak kunjung hilang? Mungkin kamu sudah memakai brush makeup yang kotor terus menerus. Ladies, kalau ingin wajah bebas dari jerawat, jangan remehkan 6 kebiasaan ini.

Ada bermacam-macam faktor yang bisa menyebabkan wajah berjerawat, di antaranya adalah beberapa kebiasaan yang tanpa kamu sadari sudah memicu timbulnya jerawat. Kebiasaan-kebiasaan tersebut biasanya masih berkaitan dengan kebersihan, karena kebersihan yang tidak dijaga memang merupakan salah satu pemicu jerawat. Di tahun 2017 ini, kamu perlu melakukan kebiasaan-kebiasaan baru seperti yang berikut ini agar wajahmu bersih dari jerawat.

6 Tips Mencegah Jerawat yang Perlu Kamu Lakukan di Tahun 2017 Ini

Kamu perlu mulai memerhatikan kebersihan wajahm agar terhindar dari jerawat, ladies!

1. Cuci Brush Makeup-mu Seminggu Sekali

Mencuci brush

Memang sepertinya merepotkan sekali, tapi kebiasaan baru ini setimpal dengan efek yang akan kamu rasakan. Membersihkan kuas-kuas makeup-mu seminggu sekali akan menjauhkan wajahmu dari bakteri yang dapat menimbulkan jerawat. Untuk membersihkan brush, rendamlah di dalam semangkuk air hangat, kemudian gosokkan sedikit di atas sabun muka yang lembut. Kemudian gunakan jari-jarimu untuk membersihkan brush-mu, dan jangan lewatkan juga bagian tengahnya. Setelah itu bilas dengan air hangat, dan beri kondisioner. Bilas lagi dengan air dingin, tiruskan airnya, kemudian keringkan dalam posisi datar.

BACA JUGA: Cara Membersihkan Kuas Make up dengan Mudah Menggunakan Clipboard

2. Lebih Sering Cuci Brush Yang Biasa Kamu Gunakan untuk Produk Berbentuk Cream Daripada yang Digunakan untuk Powder

Beauty blender

Brush yang lebih sering terpapar produk-produk cream, seperti foundation cair, cream blush, concealer, lipstik, dan lain sebagainya, lebih riskan ditempeli kotoran dan bakteri dibandingkan brush yang digunakan untuk mengaplikasikan produk powder. Oleh sebab itulah kamu pun harus mencucinya lebih sering.

3. Jangan Lupa untuk Membersikan Spons Makeup-mu Dan Simpan Di Dalam Wadah

Meletakkan di wadah

Hanya karena kelihatannya lembut dan halus, bukan berarti beauty blendermu tidak terkontaminasi bakteri. Coba saja iris spon makeup yang sudah lama tidak kamu pakai, kamu pasti akan terkejut betapa kotornya isi spon makeup-mu. Jadi, cuci juga spon makeup-mu agar wajahmu tidak riskan ditumbuhi jerawat. Selain itu, simpan spon di dalam wadah tertutup sehingga akan tetap terjaga kebersihannya.

4. Selalu Sediakan Hand Sanitizer untuk Membersihkan Layar HP

Hand sanitizer

Kalau kamu sering mengalami jerawat di bagian pipi, mungkin sekali karena HP-mu. Ketika kamu sering telepon menggunakan HP, kamu akan menempelkan dan menekan HP ke atas pipimu. Suhu panas dari HP, dikombinasikan dengan panas tubuhmu akan menjadi tempat favorit bagi bakteri untuk tumbuh. Ditambah dengan minyak dan kotoran, sudah wajarlah kalau pipimu sering berjerawat. Untuk mencegahnya, bersihkan layar HP-mu menggunakan hand sanitizer alcohol-based, kemudian keringkan dengan tisu.

5. Gunakan Earphone Kalau Kamu Sering Telepon

Headphone

Kalau kamu adalah tipe yang lebih suka telepon daripada mengirimkan text message, lebih baik kamu menggunakan headphone agar pipimu tidak terkontaminasi kotoran dan bakteri dari HP. Kotoran dan bakteri dari HP bisa masuk ke dalam pori-pori ketika HP ditempelkan ke pipi, dan tak lama lagi pasti berubah menjadi jerawat.

6, Tata Rambut Sebelum menggunakan Make up

Ponytail

Menata rambut setelah menggunakan makeup dapat berakibat pada 2 hal. Pertama, kamu akan berkeringat dan membuat makeup-mu luntur, dan yang kedua, produk hairstyling-mu bisa mengkontaminasi wajahmu, dan memicu timbulnya jerawat. Jadi, tatalah rambutmu terlebih dahulu, kemudian bersihkan wajah untuk menghilangkan sisa-sisa produk hairstyling yang menempel di wajah. Setelah itu, baru pakai makeup seperti biasanya.


Yuk, segera buat wajahmu terbebas dari jerawat, ladies!

Artikel Selanjutnya

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini