Kawaii Beauty Japan

Makeup

5 Tips Merawat Wajah dengan Instan agar Pori-Pori Tidak Terlihat

Pori-pori besar sering membuat kita tak percaya diri dengan penampilan kita. Selain terlihat berlubang, pori-pori yang besar juga biasanya lebih berminyak. Adakah cara instan untuk mengatasinya?

Santi Berlinawati

Masalah wajah memang tidak pernah ada habisnya. Selain jerawat, masalah pori-pori wajah yang besar juga membuat kita menjadi tidak percaya diri. Cara terbaik untuk mengurangi penampakan pori-pori yang semakin besar adalah dengan perawatan kulit yang tepat. Beberapa di antaranya adalah dengan melakukan cleansing, eksfoliasi, dan moisturizing secara rutin.

Menyamarkan pori-pori wajah memang membutuhkan waktu untuk bisa terlihat hasilnya. Untuk kamu yang ingin hasil yang instan agar pori-pori wajah kamu tidak terlihat, kamu bisa menyiasatinya dengan menggunakan make up lho. Seperti apa caranya? Yuk, simak!

5 Tips Merawat Wajah dengan Instan agar Pori-Pori Tidak Terlihat

Lakukan tips ini dan pori-pori kamu akan tertutupi dengan instan.

1. Pilih Makeup Non Comedogenic

Makeup non comedogenic

Sumber: Pinterest

Memilih jenis make up yang tepat adalah salah satu kunci untuk memperkecil penampakan pori-porimu. Kalau kamu ingin pori-porimu terlihat sekecil mungkin, sangatlah penting untuk menjaga pori-pori agar tetap bersih dari kotoran dan sisa-sisa makeup. Makeup dengan formula non-comedogenic akan memastikan pori-porimu tidak tersumbat, sehingga tidak memperparah kondisi pori-porimu yang sudah melebar.

2. Gunakan Pore-filling primer

Porefessional

Sumber: Makeup-sessions

Salah satu cara instan untuk menutupi pori-pori yang lebar dalam sekejap adalah dengan menggunakan pore-filling primer. Produk ini sangat efektif untuk membantumu meminimalisir ukuran pori-porimu. Jika memungkinkan, pilihlah pore-filling primer dengan formula silicone-based yang sangat bagus untuk memperhalus kulitmu. Dengan primer ini, wajahmu akan menjadi kanvas yang sempurna untuk mengaplikasikan makeup-mu. Ambil sedikit pore-filling primer, dan aplikasikan pada area yang ingin kamu tutupi. Tekan-tekan dengan lembut sampai meresap dan terlihat rata.

3. Tekan Foundation ke Dalam kulitmu

Foundation

Pori-pori yang besar akan terlihat semakin besar jika kamu mengaplikasikan foundation di bagian atas kulitmu saja. Salah satu penyebab yang paling sering ditemui adalah dari caramu mengaplikasikannya. Ketika kamu hanya memulaskan foundation menggunakan brush di atas pori-pori yang besar, foundation akan menempel di bagian permukaannya dan justru membuat pori-pori tampak semakin besar. Untuk menghindari hal ini, aplikasikan foundation lebih dalam ke kulit.

Gunakan gerakan melingkar dan tekan foundation ke dalam kulit. Cara ini akan membantu pori-pori tertutup lebih sempurna oleh foundation karena foundation tak hanya menempel di permukaan saja, namun juga masuk ke dalam pori-pori.

4. Pakai Bedak dengan Benar-Benar

Pakai bedak

Bedak tak hanya penting untuk mengunci foundation yang sudah kamu pakai, namun juga sangat bermanfaat untuk mengurangi minyak berlebih yang diproduksi pori-pori. Pori-pori yang lebih besar memang lebih banyak memproduksi minyak. Dengan memakai bedak secara benar, hal itu juga bisa membantu mengisi pori-porimu yang besar, dan membuatnya terlihat lebih kecil.

Untuk mengaplikasikan bedak, lebih baik kamu menggunakan puff daripada brush. Seperti halnya foundation, menggunakan bedak dengan brush hanya akan menutupi permukaannya saja. Gunakan puff bedak dan tekan-tekan agar bedak masuk ke dalam pori-pori kulit. Dengan mengaplikasikan foundation dan bedak secara tepat, pori-porimu pun akan tampak semakin kecil.

5. Hindari Dewy atau Shimmery Look

Dewy look

Sumber: Youtube

Dewy atau shimmery look memang sedang ngetrend, namun kalau kulitmu memiliki pori-pori yang besar, sebaiknya kamu menghindari style makeup yang satu ini. Efek dewy atau shimmery akan semakin menonjolkan masalah pada kulitmu, termasuk masalah pori-pori yang besar. Agar lebih aman, pakailah foundation dan produk blush dengan formula matte agar fokus makeup-mu menjauh dari area kulit yang bermasalah dan kini, pori-porimu yang besar pun tak lagi terlihat. 

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait