Foto 4 Manfaat Perawatan Kulit yang Bisa Kamu Dapatkan dari Kunyit

4 Manfaat Perawatan Kulit yang Bisa Kamu Dapatkan dari Kunyit

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Merawat kulit dengan bahan-bahan tradisional, ternyata tak kalah efektifnya dengan produk-produk skincare modern. Misalnya saja kunyit, yang memiliki berbagai macam manfaat bagi kecantikan kulit.

Kunyit merupakan bahan herbal yang sudah lama digunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan, baik dari dalam maupun dari luar oleh orang-orang di Asia, seperti Indonesia dan India. Namun, belakangan ini kunyit juga semakin popular di barat karena kandungan antioksidanya. Kunyit merupakan bahan antiseptik dan anti inflamasi alami. Khasiat ini sangat bermanfaat untuk mengatasi jerawat dan rosacea. Kunyit juga memiliki manfaat antiaging dengan berbagai macam kandungan vitaminnya, sehingga sel-sel kulit dapat diperbarui, dan produksi kolagen pun dapat ditingkatkan.

Ekstrak kunyit sangat efektif untuk menyingkirkan radikal bebas dari permukaan kulit dengan khasiat antioksidannya. Dengan begitu, kulit pun akan lebih terlindungi dari radiasi sinar matahari dan zat-zat penyebab iritasi dari lingkungan luar. Untuk memanfaatkannya, kamu bisa membuat masker seperti yang berikut ini.

4 Manfaat Perawatan Kulit yang Bisa Kamu Dapatkan dari Kunyit

Tidak perlu ribet untuk membuat kulitmu halus dan lembut, ladies! Yuk, manfaatkan kunyit.

1. Untuk Mengatasi Jerawat

Mengatasi jerawat

Dengan kandungan anti inflamasinya, kunyit mampu meredakan peradangan yang diakibatkan oleh jerawat. Kunyit adalah eksfoliator yang lembut, sehingga selain menghambat tanda-tanda penuaan, bahan ini dapat menjaga kebersihan pori-pori dengan menyeimbangkan produksi minyaknya.

Gunakan sejumput bubuk kunyit yang dicampurkan bersama dengan 1 sdm pisang matang yang sudah dihaluskan. Pakai sebagai masker wajah selama 5-10 menit, dan bilas dengan air hangat. Kandungan potassium, zinc, dan rutin dari pisang juga mampu mengurangi iritasi. Masker jerawat ini adalah solusi paling mudah untuk jerawatmu yang membandel.

2. Untuk Meminimalisir Noda-noda Gelap, Pigmentasi, dan Melasma

Kulit wajah bersih

Flek-flek dan warna kulit tidak rata juga bisa kamu atasi dengan kunyit. Bahan ini memiliki kandungan color-balancing sehingga akan membuat warna kulitmu lebih merata, serta lebih halus. Di samping itu, hiperpigmentasi akibat paparan sinar matahari yang berlebihan pun dapat kamu atasi dengan kandungan antioksidan kunyit yang dapat melindungi kulit dari sinar UV matahari. Kulit pun akan semakin bercahaya dan sehat.

Gunakan 1 sdt dark brown sugar, 1 sdt air tomat, 1 /2 sdt air lemon, 1/8 sdt bubuk kunyit, dan teh hijau hangat. Campurkan semua bahan, dan gunakan pada wajah selama 12-15 menit. Semua bahan ini sangat berkhasiat untuk mengurangi penampakan noda-noda gelap di wajah dan meratakan warna kulit.

3. Untuk Mengurangi Garis-garis Halus, Keriput, dan Tanda-tanda Penuaan Lainnya

Garis-garis halus

Sebagai antioksidan alami, kunyit akan segera memperbaiki kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. Efek radikal bebas dari paparan sinar matahari langsung pada kulit seringkali muncul dalam bentuk garis-garis halus, keriput, dehidrasi, dan flek. Dikombinasikan dengan anggur dan black tea yang juga tinggi kandungan antioksidannya, masker yang berikut ini akan sangat membantumu mengurangi tanda-tanda penuaan yang mulai muncul di wajahmu. Untuk membuatnya, campurkan 2 sdt anggur halus (beserta kulitnya), 1 sdt black tea dingin, ¼ sdt kunyit bubuk, 1 sdt brown sugar bubuk, dan rose water secukupnya. Gunakan pada wajah selama 15 menit, namun hindari area mata. Bilas sampai bersih.

4. Untuk Mengatasi Wajah Sembap

Wajah sembap

Karena khasiat anti inflamasinya, kunyit sangat efektif untuk mengatasi wajah sembab. Dengan mengaplikasikannya pada kulit, kulitmu pun akan terlihat lebih cerah dan tidak sembab lagi. Buatlah makser dengan 1 sdm Greek yogurt, ½ sdt kunyit, dan 1 sdt seledri diiris lembut. Campurkan semua bahan hingga rata, kemudian oleskan pada wajah. Tunggu 10 menit sebelum membersihkannya dengan waslap hangat. Masker ini juga sangat cocok untuk mereka yang memiliki kulit sensitif, mudah iritasi, dan berjerawat.


Bagaimana? Tidak sulit kan, ladies? Selamat mencobanya di rumah ya!

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2017 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini