Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Hindari 6 Cara Merawat Kulit Sensitif yang Salah Berikut Ini

Seperti halnya jenis kulit kering dan berminyak, jenis kulit sensitif pun memerlukan perawatan yang berbeda. Berikut ini adalah beberapa cara yang salah dalam merawat kulit sensitif yang harus kamu hi

Santi Berlinawati

Cara merawat kulit sensitif memang membutuhkan kehati-hatian yang tinggi. Hal ini karena kulit sensitif sangat rentan dengan produk kosmetik atau skin care yang bersentuhan langsung dengan kulit. Kulit sensitif yang iritasi biasanya ditandai dengan ruam-ruam atau kemerahan, gatal-gatal, dan kering, terutama ketika kulit melakukan kontak dengan zat pemicunya, seperti pewangi ataupun bahan-bahan kimia keras yang terkandung di dalam makeup.

Kondisi kulit sensitif yang rentan dengan produk kosmetik dan skincare yang salah membuat kamu untuk selalu berhati-hati dalam memperlakukan kulitmu. Sayangnya, banyak pemilik kulit sensitif yang tidak menyadari kesalahan yang sudah mereka buat dalam merawat kulitnya, seperti 6 kesalahan ini.

 6 Cara Merawat Kulit Sensitif yang Salah dan Perlu Kamu Hindari

Jangan melakukan kesalahan ini jika kamu memiliki kulit sensitif ya, ladies!

1. Menggunakan Produk yang Mengandung Pewangi

Moisturizer

Kandungan pewangi adalah salah satu sumber alergi yang sering ditemui. Jadi, kalau kulitmu sensitif, lebih baik kamu menghindari produk dengan pewangi agar lebih aman. Jika tidak yakin akan produk baru, cobalah sedikit terlebih dahulu di salah satu titik selain wajahmu. Misalnya saja bagian depan telinga. Pakailah selama 3 hari berturut-turut dan perhatikan apakah ada ruam-ruam yang muncul. Kalau produk tersebut untuk badan, cobalah pada lengan bawah.

 2. Terlalu Keras Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi kulit

Jangan melakukan scrubbing terlalu kasar. Jika kulitmu sensitif. Kulitmu memerlukan lapisan pelindung di antara epidermis dan lingkungan luar. Menggosok kulit terlalu keras akan merusak lapisan tersebut sehingga kulit riskan mengalami ruam dan masalah kulit lainnya. Membersihkan wajah hingga menghilangkan minyak alaminya adalah hal yang kurang tepat. Tak perlu memakai toner, eksfoliator, dan produk berbasis asam atau acid setiap hari. Kamu bisa menggunakan salicylic acid dalam dosis rendah, namun coba dulu sedikit.

3. Salah Menggunakan Toner

Toner

Apa yang salah dengan toner? Toner sebenarnya tak jauh berbeda dengan eksfoliator. Jika tonermu mengandung alcohol, witch hazel, dan astringent, sebaiknya kamu waspada jika kulitmu adalah jenis yang sensitif. Pastikan bahan-bahan tersebut tidak berada di 3 urutan teratas kandungan bahan toner yang kamu pilih. ½% kandungan salicylic acid masih bisa ditoleransi. Perhatikan juga apakah toner tersebut terasa perih atau menyengat ketika dipakai atau tidak.

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait