Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

6 Cara Menyimpan Parfum dengan Tepat, agar Isi Parfum Tahan Lama

Ladies, kamu mungkin tak menyadari kalau parfum ternyata juga bisa rusak jika tidak disimpan dengan benar. Sayang sekali kan parfum yang harganya mahal tak bisa lagi dipakai? Yuk simak cara tepat meny

Santi Berlinawati

Memakai parfum adalah suatu hal yang wajib dilakukan oleh wanita. Parfum dapat memberikan aroma segar dan menjadi daya tarik tersendiri bagi lawan jenis. Terkadang, dari wangi parfum kamu bisa langsung teringat dengan seseorang. Saking pentingnya parfum, sangat penting bagimu untuk menyimpan pafum kamu dengan tepat agar wangi parfum tidak menjadi rusak.

Ada beberapa hal yang menandakan bahwa parfummu sudah rusak, yaitu warna yang berubah dan aroma yang berkurang atau tidak enak. Dua hal ini juga bisa menjadi tanda bahwa kamu tidak menyimpan parfummu dengan cara yang tepat. Bahan-bahan yang terkandung di dalam parfum sangat mudah terpengaruh oleh faktor-faktor dari luar, seperti udara dan cahaya. Berikut ini adalah beberapa cara yang paling penting untuk menjaga parfummu agar tetap tahan lama.

6 Cara Menyimpan Parfum dengan Tepat, agar Isi Parfum Tahan Lama

Yuk, simpan parfum kamu dengan cara yang tepat!

1. Selalu Simpan Parfum di Tempat yang Sejuk dan Gelap

Parfum

Jika parfum terekspos panas dan kelembaban, hal itu akan mengubah aroma parfum. Bahan-bahan yang terkandung di dalamnya pun dapat terpengaruh, termasuk minyak esensial yang menjadi bahan utama parfum. Oleh sebab itulah, kamar mandi bukanlah tempat yang cocok untuk menyimpan parfum. Salah satu tempat yang tepat untuk menyimpan parfum adalah kulkas, yang cukup sejuk serta gelap atau kamu juga menyimpannya di dalam cabinet yang tidak terlalu panas ataupun gelap.

2. Simpan di Dalam Boks Aslinya

Parfum

Sumber: Pravera

Untuk hasil yang maksimal, simpanlah parfummu di dalam box aslinya. Hal itu akan menghindarkannya dari paparan cahaya yang dapat merusak. Cahaya dalam bentuk apapun dapat merusak parfum, terutama sinar matahari langsung.

3. Hindarkan dari Suhu yang Berubah-ubah

Parfum

Suhu udara yang berubah-ubah terlalu ekstrim dapat merusak aroma parfum. Itulah alasannya kenapa kamu tidak boleh menyimpan parfum di dalam kamar mandi. Kamar mandi merupakan tempat yang riskan sekali mengalami perubahan suhu yang ekstrim. Bayangkan saja kelembapan yang ditimbulkan ketika ada yang mandi dengan air panas. Begitu juga dengan mobil. Sebaiknya jangan meninggalkan parfum di dalam mobil karena suhu panas di dalam mobil sudah pasti akan mempengaruhi aroma parfum.

4. Jangan Membiarkan Tutup Parfum Terbuka Terlalu Lama

Parfum

Terlalu sering lupa menutup kembali botol parfum juga akan berdampak negatif pada parfum. Botol parfum yang terbuka, parfum akan terekspos udara. Hal tersebut akan menyebabkan proses oksidasi, yang kemudian akan mengubah atau mengurangi aroma parfum.

5. Biarkan Parfum Tetap di Dalam Botol Aslinya

Parfum

Mungkin kamu ingin memindah parfum ke dalam botol lain yang lebih cantik, atau botol yang lebih kecil untuk bepergian? Sebaiknya jangan lakukan itu, karena hal itu juga bisa merusak parfummu. Parfum akan terekspos udara ketika dituangkan dan seperti yang sudah disebutkan, efeknya tidak bagus untuk parfummu.

6. Perhatikan Ketika Ada Perubahan Aroma ataupun Warna pada Parfum

Parfum

Sumber: Luhathoughts

Pada umumnya parfum berubah menjadi semakin gelap, dan aromanya pun akan semakin memudar. Namun kalau kamu menyimpannya dengan benar, parfum bisa bertahan selama dua hingga tiga tahun. Aroma citrus biasanya lebih cepat rusak karena kandungan minyak citrus yang tinggi dan lebih sensitif. Aroma oriental mampu bertahan lebih lama, namun akan berubah warnanya karena efek manis yang terkandung di dalamnya, seperti vanilla. Sementara itu, aroma floral, chypre, dan woody paling bisa bertahan lebih lama.

Bagaimana, ladies? Yuk, segera ambil parfummu dari kamar mandi dan simpan di tempat yang lebih aman dari cahaya dan suhu ekstrim.

Tagged in:
Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy