Foto 10 Manfaat Baking Soda untuk Perawatan Kulit yang Tidak Kamu Duga Sebelumnya

10 Manfaat Baking Soda untuk Perawatan Kulit yang Tidak Kamu Duga Sebelumnya

Foto Marga Apsari
Tidak hanya untuk membuat kue, baking soda juga dapat membuatmu semakin cantik, ladies!

Perawatan kulit bagi wanita sangat penting karena dapat membuat kulit tubuh menjadi lebih halus dan lembut. Jika perawatan yang kamu gunakan tepat, kamu bahkan bisa membuat kulit wajah menjadi tampak lebih muda. Tahukah kamu bahwa bahan alami untuk perawatan kulit salah satunya adalah baking soda Selain dimanfaatkan untuk memasak, tidak sedikit orang yang menggunakan baking soda untuk membantu pekerjaan rumah tangga, seperti membersihkan oven atau peralatan dapur lainnya. Namun, tahukah kamu bahwa baking soda ini memiliki banyak manfaat untuk kecantikan juga?

Seperti minyak kelapa ataupun zaitun, kamu bisa menggunakan baking soda dari ujung rambut sampai dengan ujung kaki. Kamu bahkan bisa berkumur dengan baking soda jika menginginkan napas yang segar atau gigi yang lebih sehat, lho.

10 Manfaat Baking Soda Untuk Kecantikan

Penasaran apa lagi manfaat baking soda untuk kecantikan? Simak selengkapnya di bawah ini ya!

1. Membersihkan Tangan

Membersihkan tangan

Terkadang, sabun antibakteri biasa tidak dapat membersihkan tangan yang terlalu berminyak. Jika kamu pernah mengalami seperti ini, kamu bisa gunakan baking soda untuk membersihkannya. Tuangkan sedikit baking powder ke telapak tangan dan campurkan dengan air hangat untuk membersihkan minyak.

2. Dry Shampoo

Dry shampoo

Saat rambut terasa sangat lepek, kamu bisa menggunakan baking soda sebagai pertolongan pertama. Bubuhkan sedikit di bagian kukit kepala dan pijat lembut untuk mengangkat minyak berlebih. Namun, ingatlah untuk tidak terlalu sering melakukan ini ya, ladies! Kamu tetap lebih dianjurkan untuk keramas menggunakan sampo biasa.

3. Deodoran Alami

Deodoran alami

Jika kamu ingin menggunakan deodoran yang bebas kandungan kimia, baking soda bisa menjadi pilihan untukmu. Campur dengan sedikit air dan aduk hingga berbentuk seperti pasta. Kamu bisa tambahkan minyak esensial yang dapat menjaga kesehatan kulit.

5. Membersihkan Tumit Kaki

Tumit kaki

Punya masalah tumit kaki yang kering dan pecah-pecah? Segera bersihkan sel kilit mati pada tumit dengan campuran baking soda dan air!

6. Pemutih Gigi

Pemutih gigi

Campur baking soda dengan air hingga berbentuk seperti pasta dan aplikasikan pada gigimu. Bahan eksfoliasi alami ini dapat membantu menghilangkan noda-noda akibat kopi, wine ataupun rokok. Namun, baking soda tidak dapat memutihkan secara permanen seperti perawatan bleaching gigi.

7. Membersihkan Saluran Air Shower yang Tersumbat

Shower

Saluran air shower yang tersumbat seringkali membuat kamar mandi jadi banjir. Nah, untuk membersihkan salurannya tanpa merusak pipa, kamu bisa mencampur baking soda dan cuka, lalu masukkan ke dalam saluran air. Tutup dengan kain basah, lalu tunggu 5 menit. Selanjutnya, bilas saluran tersebut menggunakan air panas.

8. Scrub Wajah

Scrub wajah

Kandungan partikel sodium bicarbonate pada baking soda membuatnya dapat dimanfaatkan sebagai bahan eksfoliasi kulit. Kamu bisa mencampurkan sedikit baking soda pada pembersih wajah kesukaanmu untuk memberinya efek scrub. Kamu juga bisa mencampurkan baking soda dengan air dengan perbandingan 3:1 untuk menjadikannya scrub wajah.

9. Pemutih Kuku

Memutihkan kuku

Seringnya menggunakan kutek dapat membuat kuku jadi lebih menguning. Untuk membuatnya putih seperti sedia kala, kamu bisa mencampurkan baking soda dengan hydrogen peroxide. Lalu aplikasikan campuran tersebut menggunakan sikat gigi pada kukumu. Diamkan 3-5 menit, lalu bilas hingga bersih.

10. Pembersih Kuas Makeup

Make up

Tidak cuma dengan sabun cuci tangan atau minyak, kamu bisa menggunakan baking soda juga, lho! Celupkan saja kuas makeupmu ke dalam air hangat yang telah dicampur beberapa sendok teh baking soda. Tidak cuma kuas makeup, ini juga bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan sisir, ladies!

Foto Marga Apsari

Marga Apsari

A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Sebotol Nutrisi Untuk Wajahmu Dalam Satu Sheet Mask

Sebotol Nutrisi Untuk Wajahmu Dalam Satu Sheet Mask

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Perawatan Beauty From Sunnah dengan Azalea

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Cerah Seketika dengan Let it Glow Mask dari Everwhite!

Cerah Seketika dengan Let it Glow Mask dari Everwhite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Feel The New You With Wardah

Feel The New You With Wardah

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Peluncuran Produk Dr.Jart+ Cicapair dengan Tiger Grass

Peluncuran Produk Dr.Jart+ Cicapair dengan Tiger Grass

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani